Piala Presiden eSport 2021 Berakhir, MPL Nobatkan PNS Palu Jadi Master Speed Chess

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 19 Desember 2021 08:34
Piala Presiden eSport 2021 Berakhir, MPL Nobatkan PNS Palu Jadi Master Speed Chess
Gelaran tahun ini menunjukkan kompetisi berjalan dengan semakin demokratis.

Dream - Kompetisi Piala Presiden eSports (PPE) 2021 yang digelar di Bali resmi ditutup dengan kemenangan Leo Lucki Prasetyo. PNS 25 tahun asal Palu itu dinobatkan sebagai penyandang gelar Master Speed Chess Mobile Premier League (MPL) usai mengalahkan runner up, Kosasih, dalam tiga game.

Country Head MPL Indonesia, Ridzki Syahputera, mengaku bangga dapat kembali terlibat penyelenggaraan Piala Presiden eSports untuk kedua kalinya. Kemenangan Leo, kata dia, menunjukkan talenta baru dunia eSports bisa muncul dari beragam usia dan profesi serta wilayah.

" Hasil turnamen ini juga membuktikan keberhasilan upaya kami dalam mendemokratisasi mobile eSport, yang kami terus lakukan dengan membuka kesempatan yang sama bagi siapa saja untuk berlatih dan berkompetisi secara sehat dan aman di platform MPL, sehingga mereka dapat mengembangkan potensi sebagai pemain eSport profesional," ujar Ridzki.

Final yang berlangsung pada Sabtu, 18 Desember 2021 itu berjalan penuh ketegangan. Leo begitu fokus dan punya bekal persiapan mental yang cukup sehingga mampu menekuk perlawanan Kosasih.

Atas kemenangan tersebut, Leo berhak atas hadiah Rp100 juta dari total Rp200 juta yang disediakan. Nilai total hadiah tersebut merupakan yang terbesar untuk turnamen mobile game catur di Indonesia.

 

Leo mengaku lega bisa memenangkan game ketiga. Sebabnya, permainan Kosasih tergolong sulit ditaklukan oleh dia.

" Saya lega sekali ketika akhirnya berhasil memenangkan game ketiga karena memang saya benar-benar mempelajari strategi permainan Beliau di babak-babak sebelumnya," kata dia.

 

1 dari 1 halaman

Leo menyampaikan terima kasih telah lantaran MPL telah membuka kesempatan para pemain dari berbagai latar belakang profesi dan wilayah untuk bermain di turnamen catur mobile tingkat nasional. Dia mengakui pengalaman yang didapat sangat berharga dan terdorong untuk meningkatkan kemampuan sebagai pecatur profesional.

" Saya juga ingin mengajak pecinta olahraga dan game di Indonesia untuk bermain di MPL karena banyak sekali game dan turnamen seru yang bisa diikuti untuk meningkatkan keahlian dalam bermain game," ungkap Leo.

Sejak turnamen Speed Chess di PPE 2021, kepopuleran permainan klasik tersebut serta permainan berbasis ketangkasan lainnya di platform MPL terus meningkat. Jumlah pengguna MPL juga terus tumbuh secara signifikan.

Partisipasi MPL di PPE 2021 mengulangi prestasi di tahun sebelumnya. Tahun lalu, MPL sukses menyelenggarakan turnamen Fruit Dart dan menjadi game kasual pertama yang pernah dipertandingkan di ajang Piala Presiden.

Meski perdana, turnamen tersebut berhasil mendapatkan antusiasme yang sangat besar dari masyarakat. Kompetisi ini diikuti lebih dari 50 ribu peserta dari seluruh Indonesia.

" Berbagai pencapaian MPL di ajang Piala Presiden eSports dan sepanjang 2021 tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, khususnya Pemerintah, para pemangku kepentingan di industri, serta para pemain dan penggemar eSport yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia," ucap Ridzki.

Beri Komentar