Polemik Isu Ijazah Palsu Jokowi, Respon Gibran dan Kaesang Makjleb Banget!

Reporter : Okti Nur Alifia
Kamis, 13 Oktober 2022 19:01
Polemik Isu Ijazah Palsu Jokowi, Respon Gibran dan Kaesang Makjleb Banget!
"Bantah ping satus yo percuma nek ngomong karo wong ra waras. (dibantah 100 kali ya percuma kalau Ngomong sama orang nggak waras)," kata Gibran.

Dream - Polemik tudingan ijazah palsu yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditanggapi santai oleh anak-anaknya. Mereka tak merasa resah, meskipun status pendidikan sang ayah diragukan hingga ada yang menggugatnya sampai ke Pengadilan Negeri.

Anak pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka mengatakan isu tersebut hampir setiap tahun selalu dipermasalahkan. Isu ijazah palsu hingga isu komunis selalu menyasar ayahnya.

" Itu isunya muncul terus. Isu komunis, isu lainnya. Takono sing gawe isu, nganti bosen nanggepi (tanya yang buat isi, sampai bosan yang jawab)," ujar Gibran dikutip dari Merdeka.com, Kamis 13 Oktober 2022.

Setelah kemarin isu ijazah palsu Jokowi yang menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM) telah dibantah oleh rektor UGM, Ova Emilia. Dia menyebut Jokowi adalah benar-benar alumni dari Fakultas Kehutanan UGM pada tahun 1980 dan lulus di tahun 1985.

1 dari 3 halaman

Kini muncul kembali isu ijazah SMA Jokowi yang berasal dari SMA Negeri 6 Solo diragukan. Gibran sendiri enggan menanggapinya, menurutnya berapa kali dibantah pun, tidak akan ada gunanya.

" Bantah ping satus yo percuma nek ngomong karo wong ra waras. (dibantah 100 kali ya percuma kalau Ngomong sama orang nggak waras)," kesalnya.

Gibran menegaskan jika tidak ada pemalsuan ijazah yang dilakukan ayahnya. Semua ijazah yang dimiliki Jokowi diperoleh secara legal.

" Ya sesuai itu. Sekarang daftar wali kota, gubernur nggak pakai ijazah terus pakai apa ? Nganggo godong pisang piye (pakai daun pisang apa)," katanya.

2 dari 3 halaman

Belum lama ini Gibran juga meretweet cuitan netizen yang menudingnya membeli ijazah di luar negeri. Dia membalasnya dengan kalimat bercanda dan menuliskan bahwa ia membeli di platform e-commerce.

“ Beli di shopee dapat cashback dan free ongkir,” cuitnya. 

3 dari 3 halaman

Sementara itu, adik dari Gibran, anaka ketiga Jokowi, Kaesang Pangarep juga tak kalah kocak menjawab isu ijazah palsu ayahnya. Begini tanggapannya dalam sebuah cuitan di twitter.

“ BANTAH. POKOKNYA PALSU,” tulis Kaesang yang mengunggah postingan klarifikasi rektor UGM.

 

Beri Komentar