Pria Pengangguran dan Sudah Berkeluarga Ini Lihai Banget, Tipu 39 Wanita Muda dan Keruk Uang Rp1,2 Miliar dari Mereka

Reporter : Sugiono
Jumat, 30 September 2022 15:35
Pria Pengangguran dan Sudah Berkeluarga Ini Lihai Banget, Tipu 39 Wanita Muda dan Keruk Uang Rp1,2 Miliar dari Mereka
Modus yang digunakan pria 38 tahun ini benar-benar bikin para gadis muda yang rata-rata berusia 20'an kepincut hingga terlena dan rela pinjamkan uang kepadanya.

Dream - Seorang pria sudah berkeluarga di China dijatuhi hukuman lebih dari 11 tahun penjara karena menipu 39 wanita yang suka dengan Oppa-oppa Korea.

Dengan menggunakan foto dua pria tampan Korea dan banyak identitas, pria bernama He Gansheng itu meraup lebih dari 560.000 yuan atau setara Rp1,2 miliar dari para wanita yang ditipunya.

Gansheng menipu para wanita yang sebagian besar rata-rata berusia 20-an. Untuk menarik para korbannya yang berusia muda, Gansheng mengaku sebagai dokter dan pengacara.

1 dari 4 halaman

Pengadilan di Provinsi Hubei mengungkapkan dalam pernyataannya Gansheng melakukan penipuan kepada 39 wanita tersebut sejak tahun 2016 hingga 2020.

Petualangan Gansheng baru terungkap ketika korban terakhirnya yang berusia 22 tahun, menelepon polisi pada Mei 2020 setelah kehilangan semua tabungannya.

Menariknya, tak satu pun dari para wanita yang menjadi korban Gansheng ini pernah bertemu langsung dengan pria berusia 38 tahun itu.

Padahal, menurut ciri fisik yang diungkap pengadilan, Gansheng digambarkan sebagai pria 'pengangguran berpenampilan biasa, pendek dengan tinggi 160cm, sudah menikah dan memiliki tiga anak'.

2 dari 4 halaman

Gansheng yang tinggal di Provinsi Hubei bersama istri dan anak-anaknya, akhirnya dijatuhi hukuman 11 tahun enam bulan penjara.

Tidak itu saja, putusan pengadilan pada April 2021 itu juga memerintahkan Gansheng membayar denda sebesar 30.000 yuan atau sekitar Rp64 juta.

Dengan modus jadi dokter atau pengacara, Gansheng mendekati para korbannya. Setelah itu dia meminjam uang dari pacar online-nya.

3 dari 4 halaman

Alasan yang dikemukakan Gansheng ketika meminjam uang dari para korbannya adalah untuk membayar cicilan rumah, kartu kredit, dan pengeluaran lainnya.

Para korban kehilangan uang masing-masing mulai dari beberapa ribu hingga lebih dari 110.000 yuan atau setara Rp234 juta.

Namun Gansheng membuat berbagai alasan untuk menunda pengembaliannya. Ketika para wanita ini meminta uang mereka kembali, dia memblokir nomor ponsel atau akun media sosial mereka.

4 dari 4 halaman

Sebelum korban terakhirnya, tidak ada wanita yang melaporkan penipuan itu ke polisi. Korban terakhir meminta bantuan kerabatnya setelah meminjamkan semua tabungannya.

Dari sinilah terungkap kalau Gansheng menggunakan banyak identitas palsu untuk menipu para wanita muda yang jadi incarannya.

Polisi mengatakan Gansheng memiliki banyak identitas, di antaranya mengaku sebagai dokter di Shanghai, seorang pengacara di Shenzhen, dan seorang mahasiswa PhD di Beijing.

Untuk mengelabui korbannya dan meyakinkan dia adalah sosok profesional muda, Gansheng mengirim foto selfie palsu menggunakan foto dua pria tampan dari Korea Selatan yang dia unduh dari internet.

Sumber: SCMP

Beri Komentar