Rekaman Mengerikan Percakapan Terakhir Pilot Sebelum Pesawat Jatuh ke Laut dengan Kecepatan 3.352 M/ Menit dan Tewaskan 228 Orang

Reporter : Okti Nur Alifia
Minggu, 12 Juni 2022 12:00
Rekaman Mengerikan Percakapan Terakhir Pilot Sebelum Pesawat Jatuh ke Laut dengan Kecepatan 3.352 M/ Menit dan Tewaskan 228 Orang
Pilot dibuat bingung oleh kesalahan pembacaan kecepatan, kemudian mereka membuat kesalahan penting.

Dream - Pesawat Air France penerbangan 447 dari Rio de Janeiro, Brasil, ke Paris, Prancis, jatuh ke laut empat jam setelah lepas landas pada 1 Juni 2009. Sebanyak 228 orang di dalam pesawat yang terjun ke Samudera Atlantik itu tewas, tak ada yang selamat.

Butuh dua tahun untuk menemukan puing-puing dan kotak hitam pesawat. Seluruhnya ditemukan di dasar laut, sekitar 620 mil di lepas pantai timur laut Brasil.

Biro Penyelidikan dan Analisis Prancis untuk Keselamatan Penerbangan Sipil (BEA) menyimpulkan bahwa kristal es menyebabkan terputusnya sistem autopilot.

Sudah begitu, reaksi awak terhadap kesalahan tersebut menyebabkan pesawat dalam kondisi stall aerodinamis.

1 dari 4 halaman

Tragedi itu merupakan kombinasi kegagalan teknis dan ketidakmampuan pilot untuk bereaksi terhadap pesawat yang stall yang membuatnya jatuh ke Samudra Atlantik dengan kecepatan mengerikan 11.000 kaki (3.352m) per menit.

Pilot dibuat bingung oleh kesalahan pembacaan kecepatan, kemudian mereka membuat kesalahan penting dengan mengarahkan hidung pesawat ke atas ketika terjadi stall, bukannya turun.

Penyelidik menemukan rekaman dari kokpit di mana perwira pertama, kopilot Pierre-Cédric Bonin, 32, terdengar berteriak, " tidak punya kendali atas pesawat lagi sekarang" . (DailyStar)

2 dari 4 halaman

Dua detik kemudian dia berseru, " Saya tidak bisa mengendalikan pesawat sama sekali!"

David Robert, 37, petugas pertolongan pertama penerbangan, menjawab, " kontrol ke kiri" sebelum mengambil alih kendali pesawat dan mendorong tongkat sampingnya ke depan untuk menurunkan hidung dan lepas dari kondisi stall.

Namun Bonin masih menarik tongkat sampingnya ke belakang yang berarti perintah membatalkan satu sama lain dan memicu terdengarnya peringatan " input ganda" .

3 dari 4 halaman

Kapten pesawat, Marc Dubois, 58, kembali masuk ke kokpit setelah dipanggil Robert. Dengan berbagai alarm yang berbunyi, dia bertanya kepada kedua kopilot, " Eh, apa yang kamu (lakukan)?"

Robert memberi tahu Kapten Dubois, " Kami telah kehilangan semua kendali pesawat, kami tidak mengerti apa-apa, kami telah mencoba segalanya."

Robert terdengar berkata pada dirinya sendiri: " naik, naik, naik, naik."

Bonin menjawab, " Tapi saya sudah maksimal untuk sementara waktu!"

4 dari 4 halaman

Dubois menyadari Bonin yang menyebabkan kondisi stall itu, dan berteriak, " Tidak, tidak, jangan naik! Tidak, tidak, tidak!"

Bonin kemudian memberikan kendali kepada Robert tetapi pesawat itu terlalu rendah untuk pulih dari keadaan stall, dan sistem peringatan jarak darat membunyikan alarm menjelang tabrakan dengan air laut.

Bonin bereaksi dengan menarik tongkat sampingnya ke belakang lagi, dan bersumpah sebelum berteriak, " Kita akan jatuh! Ini tidak benar. Tapi apa yang terjadi?"

Rekaman terakhir di Cockpit Voice Recorder (CVR) terdengar suara Dubois mengatakan, " (ten) degrees pitch attitude." (DailyStar)

Beri Komentar