Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tusukan Teroris Tembus ke Usus Wiranto

Tusukan Teroris Tembus ke Usus Wiranto Menkopolhukam Wiranto (Foto: Instimewa)

Dream - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD menjenguk Menko Polhukam, Wiranto di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Usai menjenguk, Mahfud menjelaskan kondisi Wiranto sudah dalam tahap pemulihan. Dia mengatakan, usus Wiranto sempat dipotong saat menjalani operasi.

"Iya memang itu (tusukan) terkena (usus), lalu dipotong terus disambung, terus selesai," ujar Mahfud, Jumat, 11 Oktober 2019.

Informasi itu didapat setelah Mahfud bertanya langsung ke Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Mayjen TNI Terawan Agus Putranto.

"Saya ketemu dengan kepala rumah sakitnya, Mayjen Terawan ya. Saya berbicara banyak," kata dia.

Lebih lanjut, kata Mahfud, Wiranto saat ini sudah keluar dari masa kritisnya meski masih berada di ruang intensive care unit (ICU).

Kata Wiranto Saat Dijenguk Jokowi: Saya Ingin Pulang

Dream - Jokowi kembali menjenguk Wiranto di RSPAD. Presiden bernama langkap Joko Widodo ini sempat berkomunikasi dengan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, yang dirawat setelah mengalami penusukan tersebut.

"Semakin baik, tadi bisa berkomunikasi sudah berbicara dengan saya tadi, 'Pak saya ingin segera pulang ikut ratas (rapat terbatas) lagi'. Artinya kondisinya sudah semakin baik," ujar Jokowi usai menjenguk Wiranto, Jumat 11 Oktober 2019.

Jokowi berharap, Wiranto segera pulih dan kembali menjalankan aktivitas seperti sediakala. "Kita berdoa bersama agar beliau segera diberikan pemulihan, kesembuhan secepat-cepatnya," kata dia.

Setelah insiden penusukan di Menes, Pandeglang, Banten, Jokowi memerintahkan Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian, untuk meningkatkan pengamanan kepada para pejabat. Jokowi tak ingin peristiwa yang dialami Wiranto menimpa pejabat lainnya.

"Kemarin langsung saya sudah perintahkan juga kepada Kapolri, untuk pejabat-pejabat agar diberikan penambahan pengamanan," ucap mantan Walikota Solo itu.

Wiranto Sudah Bisa Diajak Bicara

Dream - Dewan Pertimbangan Presiden, Agum Gumelar, mengatakan bahwa kondisi Wiranto berangsur membaik. Agum membesuk Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan itu di RSPAD Gatot Soebroto, Jumat 11 Oktober 2019.

"Membaik, saya komunikasi dengan beliau pelan, bicaranya jelas kok, ya minta doa restu lah, pasti itu begitu ya, dan saya lihat kondisi akan membaik," ujar Agum.

Dia merasa prihatin dengan peristiwa yang menimpa mantan Panglima ABRI tersebut. Agum juga menyerahkan sepenuhnya kasus penusukan ini kepada polisi untuk mengungkap jaringan pelaku. "Ini bagian dari teror, tidak mungkin ini berdiri sendiri," kata dia.

Dengan peristiwa ini, kata dia, Badan Intelijen Negera (BIN) harus bekerja lebih ekstra lagi dalam mengantisipasi ancaman teror. "Ini kuncinya intelijen, intelijen bisa menjadi dasar bagi kita untuk mencegah teror itu terjadi," ucap Agum.

Doa Semua Pihak

Sebelumnya, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengabarkan kondisi Wiranto yang sudah membaik pascaoperasi.

"Saya baru menjenguk Pak Wiranto di RSPAD. Alhamdulillah proses operasi berjalan lancar, dan kini beliau berada dalam penanganan tim dokter yang terus menanganinya secara intensif," kata Lukman, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 10 Oktober 2019.

"Kita doakan agar beliau tetap sabar, tegar, dan kuat menghadapi cobaan ini, dan bisa segera pulih kembali kesehatannya," kata dia.

Lukman mengajak pimpinan dan tokoh agama, serta umat beragama untuk ikut mendoakan agar para penyelenggara negara. Termasuk para ASN dan setiap orang yang berjuang dan berbakti mengabdi kepada negara dan tanah airnya terus dilindungi dan dijaga keselamatan dan kesehatannya oleh Tuhan Yang Maha Esa.

"Mudah-mudahan bangsa ini mampu lolos dari berbagai cobaan dan ujian yg saat ini sedang dihadapi. Saya telah minta para jajaran Kemenag untuk menyebarluaskan ajakan permohonan doa ini," ucap dia.

Jejak Penusuk Wiranto: Kediri - Bogor - Pandeglang

Dream - Kepala Badan Intelijen Negera (BIN), Budi Gunawan memastikan, pelaku penyerangan Menko Polhukam, Wiranto merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bekasi.

"Ini sudah pasti dari kelompok jaringan JAD, khususnya jaringan JAD Bekasi," ujar Budi di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Oktober 2019.

Mantan Wakapolri itu menyebut, pelaku bernama Abu Rara ini perilakunya sudah dipantau BIN selama tiga bulan terakhir.

"Kami sudah pantau khusus pelaku ini tiga bulan yang lalu. Pindah dari Kediri ke Bogor, kemudian dari Bogor pindah ke Menes, karena cerai dengan istri pertama," ucap dia.

Di Menes, Pandeglang, kata Budi, pelaku kemudian menikah lagi. Di daerah ini pelaku menyerang Wiranto menggunakan pisau.

"Kita sudah deteksi menjelang pelantikam memang sda rencana-rencana seperti itu dari JAD, sehingga harus kita dengar dan waspada," kata dia. (ism)

Jokowi Ungkap Kondisi Wiranto di Ruang Operasi

Dream - Presiden Joko Widodo menuju RSPAD untuk menjenguk Menkopolhukam, Wiranto, yang ditusuk saat berkunjung ke Pandeglang, Banten. Jokowi mendapatkan laporan peristiwa ini beberapa menit setelah penusukan.

"Tadi hanya beberapa menit setelah kejadian penusukan dengan pisau oleh teroris pada Menkopolhukam, Bapak Wiranto, saya langsung mendapatkan laporannya," ujar Jokowi di RSPAD, Kamis 10 Oktober 2019.

Jokowi langsung memerintahkan kepada tim di lapangan agar Wiranto langsung dirujuk ke RSPAD. "Saat ini Bapak Wiranto masih penanganan oleh tim dokter RSPAD, dalam proses operasi," ujar Jokowi.

Mantan wali kota Solo ini memohon doa kepada rakyat Indonesia agar Wiranto segera diberi kesembuhan. "Cepat pulih," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi telah memerintahkan Kapolri bersama Kepala BIN serta TNI untuk mengusut kasus ini hingga tuntas.

"Sekali lagi mengusut tuntas dan menindak tegas pada pelaku dan jaringan yang terkait dengan peristiwa tadi siang," kata Jokowi.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Malam Tahun Baru Sumedang Gempa 3 Kali, RSUD dan Terowongan Tol Alami Kerusakan

Malam Tahun Baru Sumedang Gempa 3 Kali, RSUD dan Terowongan Tol Alami Kerusakan

Ratusan pasien di RSUD Sumedang sampai harus dievakuasi karena terjadi kerusakan di dinding dan langit-langit karena gempa.

Baca Selengkapnya
Mahfud Tanggapi Putusan MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4%: Seharusnya Syarat Usia Capres dan Cawapres Berlakunya Juga Pemilu 2029

Mahfud Tanggapi Putusan MK Hapus Ambang Batas Parlemen 4%: Seharusnya Syarat Usia Capres dan Cawapres Berlakunya Juga Pemilu 2029

Menurut Mahfud, penerapan baru bisa dilakukan 2029 sebab harus ada Undang-Undang yang diubah terlebih dahulu.

Baca Selengkapnya
Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe Meninggal Dunia

Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe Meninggal Dunia

Lukas Enembe meninggal dunia di RSPAD pada selasa siang

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.