Sama-Sama Berdarah Dingin dan Predator Puncak, Piton Burma Segede Paha Orang Dewasa Tewas Mengenaskan di Mulut Aligator Raksasa

Reporter : Sugiono
Rabu, 3 Agustus 2022 10:45
Sama-Sama Berdarah Dingin dan Predator Puncak, Piton Burma Segede Paha Orang Dewasa Tewas Mengenaskan di Mulut Aligator Raksasa
Aligator Amerika bisa membunuh ular piton Burma merupakan kejadian yang langka. Masalahnya, ular piton Burma bukan binatang asli di benua tersebut.

Dream - Meski sesama hewan reptil, buaya dan ular tidak pernah akur satu sama lain. Itu karena dalam siklus rantai makanan di alam, mereka adalah predator puncak.

Karena itulah ular dan buaya yang sama-sama hewan berdarah dingin itu, justru akan bersaing untuk mendapatkan mangsa di alam liar.

Namun yang terekam dalam video yang diunggah di Facebook oleh Carl Nicholson pada 24 Juli 2022 ini memperlihatkan pemandangan yang sangat berbeda.

1 dari 6 halaman

Baru-baru ini warga Kota Everglades, Florida, Amerika Serikat, itu mengunggah video penampakan tidak biasa. Seekor aligator berusaha menyimpan bangkai ular piton Burma raksasa.

Penampakan aligator mendorong bangkai piton Burma raksasa.© Cuplikan Video Facebook

Aligator tersebut terlihat mendorong ular piton Burma yang sudah mati, melintasi perairan sebelum membawanya ke tepian.

Tidak jelas apakah aligator itu membunuh ular piton tersebut atau menemukannya saat sudah mati. Yang pasti ini sebuah pemandangan yang langka di Amerika.

Penampakan aligator mendorong bangkai piton Burma raksasa.© Cuplikan Video Facebook

" Ada seekor gator (aligator) membawa ular piton yang sangat besar di Terusan 29.

" Gatornya tidak kalah besarnya, tapi tetap saja kesulitan mendorongnya. Tapi ia tetap berusaha," ujar Nicholson dalam video tersebut.

2 dari 6 halaman

Aligator bisa membunuh ular piton Burma merupakan kejadian yang langka. Masalahnya, ular piton Burma bukan binatang asli di benua tersebut.

Seperti namanya, ular piton Burma hanya ada di Asia, khususnya Asia Tenggara. Namun ternyata ular piton Burma juga ditemukan di Amerika.

Piton Burma adalah salah satu ular terbesar di dunia, mampu tumbuh memanjang hingga sekitar enam meter. Sementara yang pernah tercatat di Florida panjangnya 5,7 meter.

3 dari 6 halaman

Nampaknya ular piton Bruma telah berkembang sebagai spesies invasif di Florida Selatan, terutama di ekosistem Everglades. Ular piton Burma mampu beradaptasi dengan baik dengan lingkungan setempat.

Penampakan aligator mendorong bangkai piton Burma raksasa.© Cuplikan Video Facebook

Ular piton Burma di Florida ini diduga berasal dari masa tahun 1970an hingga 1980an ketika orang-orang Asia datang ke Amerika untuk menjualnya sebagai hewan peliharaan eksotik.

" Ular piton Burma diperkenalkan ke Florida melalui pelepasan yang tidak disengaja dan disengaja melalui perdagangan hewan peliharaan," kata Lisa Thompson, juru bicara Komisi Konservasi Ikan dan Margasatwa Florida.

4 dari 6 halaman

Besarnya populasi ular piton Burma di Florida ini hampir tidak mungkin untuk diperkirakan karena ular tersebut sangat sulit dideteksi di wilayah tersebut.

Namun para ahli memperkirakan jumlahnya mungkin mencapai puluhan ribu, bahkan mungkin lebih tinggi. Kehadiran spesies invasif ini diangap merusak keseimbangan hewan asli negara bagian tersebut.

Meski otoritas negara bagian telah menerapkan beberapa langkah untuk mengendalikan populasi ular piton, namun hingga sekarang pemberantasan secara total sangat tidak mungkin.

5 dari 6 halaman

Aligator Amerika ditemukan di lahan basah di seluruh pesisir bagian tenggara AS, mulai dari Florida hingga jauh di utara Carolina. Selain itu, aligator asli Amerika juga ditemukan hingga Texas timur.

Penampakan aligator mendorong bangkai piton Burma raksasa.© Cuplikan Video Facebook

Aligator jantan dapat tumbuh hingga lebih dari 3,6 meter dan beratnya mencapai 453 kilogram. Sedangkan aligator betina rata-rata cenderung sedikit lebih kecil.

Salah satu alasan piton Burma berkembang pesat di Florida adalah kurangnya predator alami.  Meski aligator Amerika memang memangsa ular.

Tetapi pertarungan antara dua pemangsa puncak ini tidak selalu menunjukkan hasil yang diharapkan. Karena ular piton Burma juga pernah tercatat memakan aligator Amerika di Florida.

Sumber: Newsweek

6 dari 6 halaman

Beri Komentar