Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Setahun Perang Ukraina, Sebuah Garis Waktu

Setahun Perang Ukraina, Sebuah Garis Waktu Invasi Rusia Ke Ukraina Dimulai 24 Februari 2022, Setahun Lalu (Al Jazeera)

Dream – Rusia tak bisa meniru kesuksesan Amerika Serikat saat menginvasi Irak 20 tahun lalu.

Invasi ke Irak pada tahun 2003 adalah invasi pimpinan Amerika Serikat ke Republik Irak dan merupakan tahap pertama Perang Irak. Fase invasi dimulai pada 19 Maret 2003 (lewat serangan udara) dan 20 Maret 2003 (lewat serangan darat) dan berlangsung lebih dari satu bulan, termasuk 26 hari operasi tempur besar, ketika pasukan gabungan dari Amerika Serikat,  Kerajaan Inggrisa, Australia dan Polandia menginvasi Irak.

Dua puluh dua hari setelah hari pertama invasi, ibu kota Baghdad berhasil direbut oleh pasukan Koalisi pada 9 April 2003 setelah Pertempuran Bagdad selama enam hari. Tahap awal perang ini secara resmi berakhir pada 1 Mei 2003 ketika Presiden AS George W. Bush mendeklarasikan "akhir operasi tempur besar" dalam pidatonya dan menyebut Misi Telah Tercapai. Pasukan militer AS kemudian tetap berada di Irak sampai penarikan pada tahun 2011.

Invasi AS ke Irak tahun 2003 berhasil menduduki Irak dalam tempo kurang dari dua bulan

(Invasi AS ke Irak tahun 2003 berhasil menduduki Irak dalam tempo kurang dari dua bulan?AA)

Koalisi pimpinan AS mengirim 160.000 tentara ke Irak selama fase invasi awal, yang berlangsung dari 19 Maret hingga 1 Mei 2003. Sekitar 73% atau 130.000 tentara adalah tentara Amerika, dengan sekitar 45.000 tentara Inggris (25%), 2.000 tentara Australia (1 %), dan 194 tentara Polandia (0,1%). Sebanyak 100.000 tentara AS telah berkumpul di Kuwait pada 18 Februari 2003.

Tapi kesuksesan AS ini berbeda dengan kisah Rusia di Ukraina. Alih-alih mengambil alih ibukota Kyev dalam tempo sebulan, perang sudah berlarut-larut sampai setahun lebih.

Pasukan Rusia memulai invasi skala penuh mereka ke Ukraina pada 24 Februari 2022. Sejak itu, pejabat Barat memperkirakan bahwa ratusan ribu orang telah terbunuh, jutaan orang Ukraina telah melarikan diri, dan negara tersebut telah mengalami kerusakan dengan nilai puluhan miliar dolar atau ribuan triliun rupiah.

Berikut adalah ikhtisar perang yang menyoroti perkembangan utama untuk setiap bulan.

Februari 2022
Pasukan Rusia menyerang ibu kota Ukraina, Kyiv, dan kota terbesar kedua di negara itu, Kharkiv, dalam upaya untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Volodymyr Zelensky.

Banyak ahli memperkirakan ibukota Kyiv akan jatuh dengan cepat. Tapi setelah pertempuran berminggu-minggu, Rusia mundur, terhalang oleh perlawanan sengit Ukraina. Rusia gagal mengambil alih Kyiv.

Pada 24 Februari, Presiden Rusia Vladimir Putin memang mulai melancarkan invasi ke Ukraina dari utara, timur dan selatan. Dia mengatakan "operasi militer khusus" itu ditujukan untuk "demiliterisasi" dan "denazifikasi" negara untuk melindungi etnis Rusia, mencegah keanggotaan NATO Kyiv dan untuk mempertahankan "lingkup pengaruh" Rusia.

Ukraina dan Barat mengatakan itu adalah tindakan agresi ilegal terhadap negara dengan pemerintahan yang dipilih secara demokratis dan presiden Yahudi yang kerabatnya terbunuh dalam Holocaust.

Tentara Ukraina melakukan perlawanan sengit yang membuat Rusia mundur dari Kyiv

(Tentara Ukraina melakukan perlawanan sengit yang membuat Rusia mundur dari Kyiv/WEF)

Pasukan Rusia dengan cepat mencapai pinggiran Kyiv, tetapi upaya mereka untuk merebut ibu kota dan kota-kota lain di timur laut menemui perlawanan keras. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy merekam video di luar markas besarnya untuk menunjukkan bahwa dia tetap tinggal dan tetap bertanggung jawab.

Pada 24 Februari, Putin memang meluncurkan apa yang dia gambarkan sebagai "operasi militer khusus", memerintahkan puluhan ribu tentara Rusia ke negara tetangga Ukraina dari utara, timur, dan selatan. Berharap untuk kemenangan cepat, pasukan Rusia bergerak di ibu kota Kyiv tetapi akhirnya terpaksa mundur.

Negara tetangga dan Uni Eropa segera bersiap untuk membuka perbatasan mereka bagi ratusan ribu orang yang melarikan diri dari konflik. Antrean di perlintasan perbatasan membentang beberapa kilometer, meskipun pria usia wajib militer dicegah meninggalkan negara itu.

Negara-negara Barat memberlakukan paket sanksi yang meluas di Moskow, sebagai tanggapan atas invasi tersebut. Ini termasuk menghentikan transaksi dengan bank sentral Rusia, melarang investasi baru dan membekukan aset para pemimpin politik dan bisnis Rusia.

Maret 2022
Menyerang dari selatan, pasukan Rusia merebut wilayah Kherson, termasuk ibu kota regional, yang bertujuan untuk mengamankan pantai Ukraina. Moskow juga berusaha membentuk "jembatan darat" antara  Semenanjung Krimea, yang direbut secara ilegal dari Ukraina pada tahun 2014, dan republik-republik yang memisahkan diri yang didukung Rusia yang muncul tahun itu di wilayah Donetsk dan Luhansk timur Ukraina, bersama-sama dikenal sebagai Donbas.

Jauh lebih banyak warga sipil yang tewas di Ukraina pada bulan Maret dibandingkan bulan-bulan lain dalam perang, menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Setidaknya 441 warga sipil Ukraina tewas pada hari-hari awal invasi. Penyelidik PBB kemudian mengatakan beberapa pembunuhan, yang paling terkenal di pinggiran Kyiv Bucha, mungkin merupakan kejahatan perang.

Rusia terpaksa mengurangi tujuan perangnya menyusul perlawanan keras dari pasukan Ukraina. Ini mengalihkan fokus ke wilayah Donbas di mana kelompok separatis yang didukung Moskow melancarkan pemberontakan pada tahun 2014.

Konflik meningkatkan krisis pangan global dan pemerintah Ukraina mengumumkan larangan berbagai ekspor pertanian. Harga pangan dunia mencapai rekor tertinggi di bulan Maret.

Grafik yang menunjukkan indeks harga pangan FAO dan perubahan harga dari 2019 hingga 2022. Harga pangan global mencapai rekor tertinggi pada Maret 2022.

April 2022
Serangan rudal Rusia di sebuah stasiun kereta api di timur kota Kramatorsk menewaskan sedikitnya 50 warga sipil. Serangan itu terjadi pada awal serangan Rusia, yang diperintahkan oleh Presiden Vladimir V. Putin, untuk merebut seluruh Donbas.

Rudal Rusia melesat di langit Ukraina

(Rudal Rusia melesat di langit Ukraina/UJE)

Lusinan orang tewas dalam serangan rudal di stasiun kereta api di Kramatorsk. Stasiun itu penuh dengan wanita, anak-anak dan orang tua yang mencoba melarikan diri dari pertempuran.

Kemudian di bulan itu, Rusia mengalami pukulan simbolis ketika kapal utama armada Laut Hitamnya, Moskva, tenggelam oleh apa yang diklaim Ukraina sebagai misilnya.

Jumlah orang yang melarikan diri dari Ukraina melewati angka lima juta menurut PBB. Badan pengungsi mengatakan konflik tersebut telah menyebabkan krisis pengungsi terbesar di Eropa abad ini.

Mei 2022
Pejuang Ukraina terakhir menyerah kepada pasukan Rusia di Mariupol, kota pelabuhan dan pusat industri di Laut Azov, setelah berminggu-minggu pengeboman yang menewaskan ribuan warga sipil. Pertempuran berakhir dengan pengepungan pabrik baja Azovstal, yang menjadi simbol perlawanan Ukraina.

Finlandia dan Swedia secara resmi mendaftar untuk bergabung dengan NATO, sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.

"Ini adalah momen bersejarah yang harus kita raih," kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada sebuah upacara di markas besar NATO dengan duta besar Finlandia dan Swedia.

Rusia merebut kota pelabuhan Laut Hitam Mariupol yang strategis, setelah pengepungan tiga bulan yang oleh Palang Merah digambarkan sebagai "neraka".

Presiden Zelenskyy menyampaikan pidato khusus pada pagi pembukaan pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia di Davos. Dia meminta negara-negara untuk membantu menyiapkan dana untuk membangun kembali negaranya: “Kami meminta semua orang untuk bergabung dengan platform ini,” katanya.

Juni 2022
Pasukan Rusia mundur dari Pulau Ular di Laut Hitam, karena Ukraina merebut kembali sebidang tanah di Odesa yang telah direbut pasukan Rusia pada bulan Februari. Dua bulan setelah menenggelamkan kapal utama armada Laut Hitam Rusia, Moskva, Ukraina semakin menggerogoti aura kekuatan angkatan laut Moskow.

Rudal Rusia menyerang pusat perbelanjaan yang ramai di kota Kremenchuk, menewaskan sedikitnya 16 orang. Seorang juru bicara PBB mengutuk serangan itu sebagai "menyedihkan".

Pengungsi Ukraina melarikan diri ke perbatasan negara tetangga di awal perang

(Pengungsi Ukraina melarikan diri ke perbatasan negara tetangga di awal perang/WEF)

Bank Dunia menyetujui U$ 1,49 miliar dalam pembiayaan tambahan untuk membantu membayar gaji pekerja sektor publik. Ini meningkatkan total dukungan yang dijanjikan bank, dibantu oleh negara-negara donor, menjadi lebih dari U$ 4 miliar.

Rusia mengatakan bahwa keputusan Uni Eropa untuk menghentikan sebagian minyak Rusia kemungkinan akan mengguncang pasar energi global, menyebutnya sebagai langkah 'merusak diri sendiri'. Para pemimpin Uni Eropa pada prinsipnya sepakat untuk memangkas 90% impor minyak dari Rusia pada akhir tahun.

Juli 2022
Kota terakhir di bawah kendali Ukraina di Luhansk, Lysychansk, jatuh ke tangan Rusia setelah berminggu-minggu pertempuran berdarah.


Pasukan Rusia merebut kota Lysychansk untuk menyelesaikan penaklukan provinsi Luhansk di Ukraina Timur.

Raksasa energi Rusia Gazprom mengatakan akan membagi dua pasokan gas ke Eropa melalui pipa Nord Stream 1. Sebelum perang, Eropa mengimpor lebih dari 40% gasnya dari Rusia.

Moskow dan Kyiv menyetujui kesepakatan untuk membuka kembali pelabuhan Laut Hitam Ukraina yang telah diblokade oleh angkatan laut Rusia. Ada harapan bahwa terobosan ini akan meredakan krisis pangan global.

Agustus 2022
Ukraina melancarkan serangan balasan di wilayah Kherson. Pasukan Kyiv menggunakan sistem senjata yang dipasok Barat, seperti HIMARS, untuk menargetkan infrastruktur militer Rusia dan juga menyerang pangkalan udara Rusia di Krimea.

Pasukan Ukraina memang meluncurkan serangan balasan selatan di sekitar Kherson, satu-satunya gerbang darat ke Krimea. Jalur pasokan Rusia, gudang amunisi, dan pangkalan udara di Krimea menjadi sasaran.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan risiko konfrontasi nuklir telah kembali setelah beberapa dekade. Dia menyebut penembakan Rusia terhadap fasilitas Zaporizhzhia di Ukraina sebagai "bunuh diri".

September 2022
Dalam serangan cepat, Ukraina merebut kembali sebagian besar wilayah Kharkiv timur laut dan mengambil inisiatif dalam perang. Ukraina akan merebut kembali kota timur Lyman bulan depan.

Harga gas Eropa melonjak sebanyak 30 % setelah Rusia mengatakan salah satu pipa pasokan gas utamanya ke Eropa akan tetap ditutup tanpa batas waktu. Gazprom awalnya mengatakan pipa Nord Stream 1 telah ditutup untuk pekerjaan pemeliharaan sementara.

Ukraina melancarkan serangan balasan di wilayah Kharkiv di timur laut. Pusat rel utama yang memasok garis depan Rusia direbut kembali.

Vladimir Putin memerintahkan mobilisasi sebagian dari ratusan ribu cadangan. Dekritnya memicu eksodus pria usia militer yang mencoba melintasi perbatasan ke negara tetangga.

Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan Rusia

(Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan Rusia/ABC News)

Putin mengatakan wilayah Ukraina timur akan menjadi bagian dari Rusia setelah 'referendum' lokal.

“Setiap keputusan untuk melanjutkan pencaplokan wilayah Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia di Ukraina tidak akan memiliki nilai hukum dan pantas untuk dikutuk,” kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres kepada wartawan.

Oktober 2022
Sebuah ledakan merusak satu-satunya jembatan yang menghubungkan Rusia ke semenanjung Krimea, yang direbut Moskow pada tahun 2014. Beberapa hari kemudian, Rusia membalas dengan serangan rudal pertama di Kyiv dalam beberapa bulan.

Di hari-hari berikutnya, infrastruktur energi Ukraina menjadi sasaran lebih banyak gelombang serangan rudal. Menteri energi negara itu mengatakan setidaknya setengah dari kapasitas energi panas negara itu telah terpukul.

Tambahan empat juta anak telah jatuh ke dalam kemiskinan karena perang, menurut laporan UNICEF - 2,8 juta dari mereka adalah orang Rusia, kata badan PBB itu.

November 2022
Rusia memerintahkan pasukannya untuk meninggalkan Kherson, satu-satunya ibu kota regional yang telah direbutnya sejauh ini. Wilayah Kherson adalah salah satu dari empat wilayah yang dikatakan Putin akan menjadi bagian dari Rusia "selamanya".

Uni Eropa mencari cara untuk meningkatkan bantuan bagi sektor energi Ukraina menyusul serangan "kejam dan tidak manusiawi" yang telah menyebabkan pemadaman listrik yang meluas.

"Pengeboman infrastruktur (Ukraina) oleh Rusia jelas merupakan taktik untuk meningkatkan penderitaan manusia," kata Komisaris Energi Uni Eropa Kadri Simson.

Daya eksternal dipulihkan ke pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia dua hari setelah terputus dari jaringan listrik menyusul penembakan Rusia yang merusak saluran tegangan tinggi. Badan Energi Atom Internasional mengatakan zona perlindungan harus ditempatkan di sekitar pabrik "sebelum terlambat".

Desember 2022
Dengan sedikit wilayah berpindah tangan di medan perang, Ukraina melakukan serangan pesawat tak berawak di pangkalan militer ratusan mil di dalam Rusia.

Presiden Zelenskyy berpidato di Kongres AS selama kunjungan luar negeri pertamanya sejak perang pecah. Dia mengatakan bantuan ke Ukraina adalah investasi dalam demokrasi.

Pada Hari Natal, Vladimir Putin mengatakan Rusia siap untuk bernegosiasi atas Ukraina. Namun, Kyiv mengatakan Moskow tidak serius dalam pembicaraan dan mengatakan tidak akan berhenti sampai setiap tentara Rusia dipindahkan dari wilayahnya.

Bank Sentral Eropa memperkirakan inflasi akan tetap di atas target 2% untuk tiga tahun ke depan. Beberapa faktor, termasuk perang di Ukraina, menyebabkan inflasi melonjak sebesar 10,6% pada bulan Oktober di 19 negara yang menggunakan euro.

Januari 2023
Pasukan Ukraina menyerang sebuah bangunan di Donetsk yang menampung pasukan Rusia. Moskow mengakui kematian 89 tentara dalam serangan itu; Ukraina mengatakan ratusan telah tewas atau terluka.

Diperkuat oleh rekrutan, pasukan Rusia membuat keuntungan medan perang pertama mereka dalam beberapa bulan, merebut kota tambang garam Soledar di provinsi Donetsk timur. Mereka juga memusatkan perhatian pada kota strategis Bakhmut, kunci wilayah Donbas yang berharga.

Organisasi Pangan dan Pertanian mengatakan indeks harga pangannya mencapai rekor tertinggi pada 2022, naik 14,3% dari 2021. Harga pangan melonjak setelah Rusia menginvasi Ukraina pada Februari. Bank Dunia juga memperingatkan bahwa ekonomi global dapat tergelincir ke dalam resesi pada tahun 2023.

Organisasi Pangan dan Pertanian mengatakan indeks harga pangannya mencapai rekor tertinggi pada 2022

(Organisasi Pangan dan Pertanian mengatakan indeks harga pangannya mencapai rekor tertinggi pada 2022/WEF)

Februari 2023
Pasukan Rusia, mencoba serangan baru di Ukraina timur, semakin dekat untuk merebut kota Bakhmut tetapi mengalami kerugian besar di tempat lain. Pejabat AS dan Eropa memperkirakan bahwa korban Rusia dalam perang itu mendekati 200.000 tewas atau terluka. Ukraina memiliki 100.000 tewas atau terluka dalam aksi, bersama dengan setidaknya 30.000 kematian warga sipil, menurut perkiraan.

Presiden Zelenskyy mengatakan serangan Rusia di timur dan selatan adalah bagian dari strategi untuk memperoleh keuntungan sebelum Kyiv menerima tank dan persenjataan berat lainnya dari seluruh wilayahnya. ies. NATO juga mulai membahas permintaan jet tempur dan rudal jarak jauh.

Presiden Zelenskyy sedang melihat kondisi pasukan Ukraina

(
Presiden Zelenskyy sedang melihat kondisi pasukan Ukraina/WEF)

Negara-negara Barat sedang mempertimbangkan untuk memberlakukan sanksi baru terhadap Rusia terkait dengan peringatan pertama perang. Pejabat AS mengatakan mereka sedang mempertimbangkan untuk memberi sanksi lebih banyak bank yang terkait dengan Moskow dan meningkatkan penegakan aturan yang ada.

Para ahli memperkirakan kehilangan penjualan Eropa dapat mengurangi separuh pendapatan ekspor raksasa energi Rusia Gazprom pada 2023. Pendapatannya dari penjualan luar negeri mungkin menurun pada Januari menjadi U$ 3,4 miliar dari U$ 6,3 miliar pada periode tahun sebelumnya.

Maret 2023
Pasukan Ukraina dengan keras menentang upaya Rusia untuk merebut kota kecil Bakhmut dan mengerahkan cadangan ekstra besar-besaran ke dalam pertempuran berdarah, kata Yevgeny Prigozhin, pendiri pasukan tentara bayaran Wagner Rusia.

Rusia mengatakan merebut Bakhmut akan membuka jalan untuk sepenuhnya mengontrol sisa kawasan industri strategis Donbas yang berbatasan dengan Rusia.

Mayat tentara Rusia di Ukraina

(Mayat tentara Rusia di Ukraina/New York Times)

Ukraina mengatakan Bakhmut memiliki nilai strategis yang terbatas tetapi melakukan perlawanan sengit untuk menimbulkan kerugian Rusia sebanyak mungkin dan membuat Rusia menggunakan amunisi dan sumber dayanya. Ribuan warga sipil tetap berada di dalam Bakhmut dari sekitar 70.000 populasi sebelum perang.

Orang Ukraina dan Rusia secara tradisional menandai 1 Maret sebagai awal musim semi. Tanah beku telah mencair di depan, mengantarkan musim penghisapan lumpur hitam –“bezdorizhzhia” dalam bahasa Ukraina, “rasputitsa” dalam bahasa Rusia– yang terkenal dalam sejarah militer karena menghancurkan pasukan penyerang. (eha)

Sumber: NYT. World Economic Forum. PBS, Al Jazeera

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Rusia Sebut 10 WNI Jadi Tentara Bayaran Ukraina, Empat Tewas

Rusia Sebut 10 WNI Jadi Tentara Bayaran Ukraina, Empat Tewas

Ada 10 WNI yang terlibat tetapi tidak ada dari anggota TNI

Baca Selengkapnya
Menang Pemilu 2024, Vladimir Putin Berkuasa Lagi hingga 2030, Terlama Sepanjang Sejarah

Menang Pemilu 2024, Vladimir Putin Berkuasa Lagi hingga 2030, Terlama Sepanjang Sejarah

Lewat kemenangan ini, Putin akan berkuasa lagi untuk enam tahun ke depan hingga 2030.

Baca Selengkapnya
Detik-detik Cak Imin Ditarik-tarik Pendukung sampai Sarungnya Hampir Melorot

Detik-detik Cak Imin Ditarik-tarik Pendukung sampai Sarungnya Hampir Melorot

Bahkan, sejumlah warga yang berkerumun terlihat terkejut sambil berteriak saat Cak Imin hampir terjatuh.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Ketika Bos Lihat kita Kerja

NOTED KAK! Ketika Bos Lihat kita Kerja

Sahabat Dream, kamu atau temanmu pernah gak kaya gini? Pura-pura sibuk kerja ketika dilihat bos, padahal aslinya.... ya udah lah

Baca Selengkapnya