Stephanie Frappart, Wasit Wanita Pertama di Piala Dunia

Reporter : Okti Nur Alifia
Senin, 5 Desember 2022 07:33
Stephanie Frappart, Wasit Wanita Pertama di Piala Dunia
Dia adalah Stephanie Frappart yang wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan sepak bola di Piala Dunia 2022.

Dream - Stephanie Frappart mencetak sejarah. Dia menjadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan sepak bola di Piala Dunia 2022.

Wanita asal Prancis itu bertugas dalam laga antara Kosta Rika menghadapi Jerman di Al Bayt Stadium, Qatar, pada Jumat 1 Desember 2022 dini hari WIB. Duel ini berakhir dengan kemenangan 2-4 untuk Jerman.

Frappart dibantu dua perempuan yang menjadi asisten wasit, yaitu Neuza Back dari Brasil dan Karen Diaz dari Meksiko. Penunjukan itu tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi wanita 28 tahun tersebut.

Selain Frappart, wasit perempuan lainnya adalah Yamashita Yoshimi dari Jepang dan Salima Mukansanga dari Rwanda.

1 dari 2 halaman

Diangkatnya Frappart sebagai wasit Piala Dunia 2022 tentunya tak lepas dari sepak terjang pengalamannya yang tak main-main.

Sebelumnya Frappart menjadi wasit perempuan pertama dalam pertandingan utama pria di Ligue 1 dan 2 Eropa, di tahun 2019. 

Stephanie Frappart© Shutterstock/Oleksandr Osipov

Dia juga pernah menjadi perempuan pertama yang memimpin pertandingan Liga Champions pada 2020. Kemudian pada 2021, Frappart menjadi perempuan pertama yang memimpin pertandingan Kualifikasi Piala Dunia pria.

2 dari 2 halaman

Rupanya karier wanita kelahiran Le Plessis-Bouchard, Prancis, 14 Desember 1983 itu sebagai wasit sudah dimulai sejak remaja.

Tercatat, pada usia 13 tahun dia sudah menjadi wasit pertandingan remaja. Ketika berusia 18 tahun, Frappart menjadi wasit pertandingan nasional U19.

Wanita yang dibesarkan di Herblay-sur-Seine mulai menjadi wasit pertandingan di Championnat National pada 2011. Tiga tahun setelahnya pada 2014, Frappart menjadi wasit perempuan pertama di Ligue 2, kasta kedua sepak bola pria profesional di Prancis.

Hingga akhirnya dia menembus ajang FIFA dengan menjadi wasit di Piala Dunia perempuan 2015 di Kanada. Dan segudang pengalaman lain dari Freppart membuat FIFA menjadi wasit pertama wanita di Piala Dunia.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More