Doa Akhir Tahun 1441H Agar Diampuni Segala Dosa

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 19 Agustus 2020 06:01
Doa Akhir Tahun 1441H Agar Diampuni Segala Dosa
Tahun 1441H bertepatan dengan 2020M bisa disebut sebagai tahun keprihatinan.

Dream - Hari ini merupakan pengujung Zulhijah 1441H. Bisa dikatakan, hari ini adalah penutup tahun 1441H. Insya Allah, kita akan memasuki Tahun Baru Hijriah sebentar lagi. Ketika maghrib nanti tiba, maka kita sudah berada di 1 Muharram 1442H.

Tahun 1441H menjadi tahun penuh cobaan. Tidak hanya umat Islam namun seluruh umat manusia.

Di tahun yang bertepatan dengan 2020 ini, pandemi Covid-19 melanda. Kemunculan pandemi mengubah cara hidup kita, termasuk dalam hal beribadah.

Untuk sementara, kita tidak bisa beribadah bersama di masjid. Kemeriahan dua hari raya terpaksa kita lewatkan demi terhindar dari bahaya Covid-19.

Yang lebih memprihatinkan, ibadah haji yang begitu didambakan umat Islam sedunia tak bisa dilaksanakan bersama. Hanya mereka yang berada di Saudi, termasuk warga asing, bisa melaksanakannya.

Untuk sementara waktu kita perlu prihatin dan terus berdoa agar bencana ini segera berlalu. Selain itu, kita juga patut memohon ampunan atas kesalahan yang terjadi selama satu tahun belakang agar menjadi pribadi lebih baik di tahun mendatang.

1 dari 5 halaman

Doa Akhir Tahun

Doa Akhir Tahun© Dream.co.id

Allahumma ma 'amiltu min 'amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha 'alayya bi fadllika ba'da qudratika 'ala 'uqubati, wa da'autani ilat taubati min ba'di jara'ati 'ala ma'shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma 'amiltu fîha mimma tardla, wa wa'attani 'alaihits tsawaba, fa as'aluka an tataqabbala minni wa la taqtha' raja’i minka ya karim.

Artinya,

" Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku, Ya Tuhan Yang Maha Pemurah."

2 dari 5 halaman

Doa Agar Segala Urusan Diperbaiki

Dream - Mungkin kita sering merasakan kesulitan dalam menjalani kehidupan. Mencari rezeki terasa begitu sulit sementara menuntaskan banyak urusan terasa susah.

Sudah berusaha dengan penuh susah payah, hasilnya biasa-biasa saja. Bahkan masih jauh dari harapan.

Jika mengalami hal ini, ada baiknya kita merenung dan instropeksi diri. Memeriksa kembali amalan-amalan harian yang kita lakukan.

Bisa jadi kesulitan demi kesulitan terjadi akibat urusan agama yang ternyata tidak berjalan baik. Misalkan kamu kurang berzikir, sedekah, atau tak ikhlas saat menjalan aktivitas.

Nah, agar kehidupan kita berjalan normal kembali dan terasa nyaman, ada baiknya membaca doa ini. Doa ini dapat membantu memperbaiki urusan kita.

Doa ini sendiri terdapat dalam hadis riwayat Imam Muslim.

 

3 dari 5 halaman

Doa Memperbaiki Urusan

Doa diperbaiki segala urusan© Dream.co.id

Allahumma ashlih li dinil ladzi huwa 'ishmatu amri wa ashlihlid dunyayal lati fiha ma'asyi wa ashlihli akhiratil lati fiha ma'adi waj'alil hayata ziyadatal li fi kullu khoir waj'alil mauta rahatalli min kulli syarrin.

Artinya,

" Ya Allah, mohon kebaikan pada urusan agamaku karena itu adalah penjaga semua urusanku. Aku mohon kebaikan pada urusan duniaku karena itu tempat hidupku. Aku mohon kebaikan pada urusan akhiratku karena itu tempat kembaliku. Jadikanlah hidup ini tambahan kebaikan bagiku, dan jadikanlah kematianku waktu istirahat bagiku dari segala keburukan."

4 dari 5 halaman

Doa Keselamatan dan Kemakmuran Bangsa dan Negeri

Dream - Tidak ada tempat yang lebih indah dibandingkan kampung sendiri. Negeri manapun akan kalah nyaman dengan negeri sendiri.

Meski negeri tempat lahir kita dilanda musibah, tetap dia akan menjadi tempat terbaik bagi kita. Sebagian dari jiwa kita terukir sana.

Besok, 17 Agustus 2020, Indonesia akan merayakan usia kemerdekaannya ke-75. Perjalanan bangsa ini masih panjang.

Kita patut bersyukur lahir di Indonesia. Bentang alam nan kaya menjadikan negeri indah dipandang dunia.

Doa ini dianjurkan agar bangsa dan negeri ini selamat makmur. Doa ini terdapat dalam Alquran Surat Ibrahim ayat 35.

5 dari 5 halaman

Doa Kemakmuran Negeri

Doa Kemakmuran Negeri© Dream.co.id

Allahummaj'al hadzal balada aminaw wajnubni wa baniyya an na'budal ashnam.

Artinya,

" Ya Tuhanku, jadikan negeri ini negeri yang aman, jauhkanku beserta anak cucuku dari menyembah berhala-berhala."

Beri Komentar