Tata Cara Sholat Lailatul Qadar Beserta Bacaan Niat dan Doanya

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 12 Januari 2022 06:01
Tata Cara Sholat Lailatul Qadar Beserta Bacaan Niat dan Doanya
Nilai kebaikan malam Lailatul Qadar melebihi seribu bulan.

Dream - Bulan ramadhan merupakan bulan yang pernuh berkah bagi umat Islam. Pada 10 hari terakhir di bulan ramadhan, ada satu momen yang sangat dinantikan oleh semua umat Islam yakni turunnya Lailatul Qadar atau malam Qadar.

Malam Lailatul Qadar mengandung banyak sekali kebaikan dan keutamannya di dalamnya. Allah SWT dengan jelas menyebut malam qadar memiliki Nilai kebaikannya melebihi seribu bulan. Sangat disayangkan jika umat muslim yang selama Ramadan melewatkan momen lailatul qadar dengan melakukan berbagai aktivitas ibadah. Mengingat malam tersebut bisa menghapuskan dosa-dosa yang telah maupun akan dilakukan.

Dengan berbagai keutamaan yang diberikan Allah, tidak ada satupun manusia yang mengetahui kapan tepatnya malam lailatul qadar akan turun. Allah SWT membuat lailatul qadar sebagai sebuah rahasia agar manusia tetap rajin beribadah. Kepastian adanya malam lailatul qadar terjamin dalam al Quran Surat Al Qadar.

“ Malam kemuliaan (lailatul qadar) itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS Al Qadar ayat 3).

Salah satu amalan sunnah yang dianjurkan dilakukan pada saat itu adalah sholat lailatul qadar. Tata cara sholat lailatul qadar perlu diketahui oleh umat muslim agar mendapatkan keistimewaannya. Berikut tata cara sholat lailatul qadar beserta bacaan niat dan doanya.

1 dari 4 halaman

Lafal Niat Sholat Lailatul Qadar

Tata Cara Sholat Tahajud, Apakah Sah Jika Dilakukan Sebelum Tidur?© MEN

Sebelum mengetahui tata cara sholat lailatul qadar, kamu juga perlu mengetahui lafal niatnya. Niat ini bisa dibaca secara sirri atau dibaca dalam hati dengan mengharap ridlo Allah SWT. Adapun bacaan niat sholat Lailatul Qadar yang bisa diamalkan pada 10 malam terakhir bulan Ramadan adalah sebagai berikut:

" Ushalli Sunnata lailatil Qadri Arba'arakaatin Lillahi Ta'aalaa."

Artinya:

" Saya niat sholat sunnah Laialtul Qadar dua rakaat karena Allah Ta'ala."

2 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Lailatul Qadar

Pada dasarnya tata cara sholat Lailatul Qadar sama seperti sholat wajib ataupun sunnah pada umumnya. Sholat Lailatul Qadar terdiri dua rakaat, empat rakaat, dan maksimal dikerjakan sebanyak dua belas rakaat.

Agar lebih jelasnya, berikut tata cara sholat lailatul qadar yang perlu kamu ketahui.

  • Membaca niat.
  • Takbiratul ihram dengan mengucapkan kalimat takbir yaitu " Allahu Akbar" .
  • Membaca surat Al-Fatihah.
  • Membaca surat pendek. Surat Al-Ikhlas 7 kali atau At-Takatsur 1 kali, kemudian Al-Ikhlas 3 kali atau Al-Qadr sebanyak 3 kali. Jika kesulitan membaca surat pendek tersebut, boleh membaca surat lain yang lebih dihafal.
  • Tidak menggunakan tahiyat awal jika mengerjakan sholat 4 rakaat. Pada rakaat kedua, tata cara sholat lailatul qadar tidak perlu duduk tahiyat, tetapi langsung bangun dan melanjutkan rakaat yang ketiga.
  • Tahiyat akhir.
  • Mengucap salam.
3 dari 4 halaman

Doa Menyambut Malam Lailatul Qadar

Ilustrasi© Shutterstock.com

Setelah mengetahui tata cara sholat lailatul qadar, kemudian kamu juga pelru mengetahui doa untuk menyambut malam Lailatul Qadar berikut ini.

Allahumma inni as aluka minal khoiri kullihi 'ajilihi ma 'alimtu minhu wa ma lam a'lam. Wa a'udzubika minasy syarrih kullihi 'ajilihi wa ajilihi ma 'alimtu minhu wa ma lam a'lam. Allahumma inni as aluka min khoiri ma saalaka minhu 'abduka wanabiyyuka. Wa a'udzubika min syarri ma 'adza bihi 'abduka wa nabiyyuka. Allahumma inni as alukal jannata wa ma qorraba ilaiha min qoulin au 'amalin wa a'udzubika minan nari wa ma qorraba ilaiha min qoulin au 'amalin wa as aluka an taj'ala kulla qadlain qadlaitahu li khoiran.

Artinya,

" Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kebaikan seluruhnya yang disegerakan di alam dunia maupun yang ditangguhkan kelak di akhirat, terkait apa yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui sama sekali. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang disegerakan di alam dunia, maupun yang ditangguhkan kelak di akhirat, segala apa kuketahui atau tidak kuketahui. Ya Allah, aku meminta kepada kebaikan yang diminta oleh hamba & Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang hamba dan Nabi-Mu berlindung kepada-Mu darinya. Ya Allah, Ya Tuhanku, aku meminta kepada Mu, masukkan aku ke surga dan segala hal yang mendekatkanku ke surga-Mu baik berupa ucapan maupun perbuatan. Dan aku berlindung kepada Mu, jauhkan aku dari neraka, dan pelbagai hal yang mendekatkan kepadanya; baik berupa ucapan maupun perbuatan. Dan aku memohon kepada-Mu agar menjadikan setiap ketetapan (takdir) yang Engkau tetapkan untukku sebagai (takdir) kebaikan."

4 dari 4 halaman

Doa Malam Lailatul Qadar Meminta Keteguhan Iman

Kemudian ada pula doa malam lailatul qadar untuk meminta keteguhan iman:

Wa qur rabbi adkhilnii mudkhala sidqiwwa akhrijni mukhraja sidqiwwaj'al li mil ladunka sulthanan nasiiraa.

Artinya:

“ Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar, dan keluarkanlah pula aku secara keluar yang benar. Dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan (pemimpin) yang menolong.” (QS : Al Isra : 80)

Doa Malam Lailatul Qadar Meminta Perlindungan

Selain itu, ada pula doa malam lailatul qadar untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT:

Qaala rabbi inni a'udzu bika an as`alaka maa laisa li bihi 'ilm, wa illaa taghfir lii wa tar-hamnii akum minal-khasiriin.

Artinya:

“ Ya Tuhanku, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari memohon sesuatu yang aku tidak mengetahui hakikatnya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampunan serta tidak menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk golongan orang-orang yang merugi.” (QS. Hud: 47)

Beri Komentar