Strategi Anies Baswedan Turunkan Harga Sembako

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 17 Januari 2017 18:52
Strategi Anies Baswedan Turunkan Harga Sembako
"Pemerintah akan membeli bahan-bahan pokok ke sentra-sentra produksi," kata Anies.

Dream - Harga bahan pokok saat ini terus naik. Kondisi ini membuat kehidupan masyarakat semakin tercekik karena biaya hidup terus membengkak.

Tingginya harga bahan pokok menjadi perhatian Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 Anies Baswedan. Dia telah menyiapkan dua strategi utama untuk menurunkan harga bahan pokok.

" Pemerintah akan membeli bahan-bahan pokok ke sentra-sentra produksinya agar harganya murah di Jakarta," kata Anies di Jakarta, Selasa, 17 Januari 2017.

Anies mengatakan kerja sama yang dibangun antara pemerintah dengan produsen bahan pokok sangat mungkin dilakukan mengingat tingginya kebutuhan di Ibukota.

Strategi membeli langsung ke sentra produksi juga akan memutus keterlibatan tengkulak dalam lingkaran jalur distribusi bahan pokok. Selama ini, kondisi harga ditengarai terpengaruh peran para tengkulak.

Sementara strategi kedua, ucap Anies, yaitu menyediakan lemari pendingin untuk para pedagang di setiap pasar di Jakarta.

" Kalau kita melihat bahan-bahan pokok di supermarket, semuanya ditaruh di tempat dingin agar tahan lama," ucap Anies.

Selanjutnya, Anies menganalisis pedagang pasar selama ini hanya membeli bahan pokok sesuai kebutuhan. Tentu jumlahnya begitu kecil.

Bahan pokok tersebut akhirnya mudah rusak dan layu akibat tidak disimpan dengan baik. Dengan strategi ini Anies berikhtiar harga bahan pokok menjadi lebih terjangkau bagi warga Jakarta.(Sah)

Beri Komentar