Viral Video Jenazah Korban Covid-19 Bisa Ngomong dan Begerak, Begini Faktanya

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Rabu, 14 Juli 2021 13:55
Viral Video Jenazah Korban Covid-19 Bisa Ngomong dan Begerak, Begini Faktanya
Begini penjelasannya.

Dream - Kabar aneh dan tak masuk akal di tengah pandemi Covid-19 semakin bertebaran di media sosial. Salah satunya informasi tentang dokumentasi benda yang menyerupai jenazah korban Covid-19 yang tertutup kain putih disebut bisa begerak.

Unggahan Facebook© Covid19.go.id

Video tersebut diketahui pertama kali dibagikan oleh akun Facebook James Bowie pada Rabu, 30 Juni 2021.

" WASPADA TERHADAP SERANGAN AKTING PLANDEMI – part 5

Mayat korban kopitnya kok bisa gerak-gerak?," tulis keterangan narasi.

1 dari 3 halaman

Cek Fakta

Dilansir situs covid19.go.id, Rabu 14 Juli 2021, melansir dari artikel cek fakta medcom.id, video tersebut sebenernya merupakan aksi teatrikal dalam demonstrasi yang dilakukan mahasiswa Universitas Al Azhar Kairo Mesir untuk menekan kebijakan rektorat.

Video serupa juga ditemukan pada channel YouTube Koran Al Badeel pada 28 Oktober 2013, terlihat beberapa orang terbungkus kain putih sebagi bagian dari aksi mahasiswa. Pada bagian video tersebut terdapat kutipan dalam bahasa Arab dengan terjemahan:

" Sejumlah mahasiswa yang tidak mampu bertempat tinggal di kota-kota dekat universitas dan memperoleh nilai bagus, mulai menyiapkan pengeras suara dan menepatkannya di depan gedung Kepresidenan Universitas Al Azhar untuk melakukan protes guna menekan rektor universitas untuk menampung aspirasi mereka.

Mahasiswa Ikhwanul Muslimin juga memotong jalan di kamp permanen di Universitas Al Azhar di tengah kerumunan pengendara dan menyebabkan kemacetan lalu lintas di kedua sisi jalan.

Para mahasiswa meneriakkan slogan-slogan menentang tentara dan polisi. Sejumlah Ikhwanul Muslimin yang memprotes pihak Universitas Al-Azhar mencoba gedung administrasi universitas dengan mencoba menyerbu klinik universitas sementara mahasiswa lain menyelakan lilin dan kembang api di udara."

 

2 dari 3 halaman

Kesimpulan

Melihat dari penjelasan tersebut, video puluhan orang dibungkus kain putih itu merupakan aksi simbolis mahasiswa di Universitas Al-Azhar Mesir.

Mereka menolak pembungkaman dan menuntut kebebasan berpendapat kepada pemerintah.

3 dari 3 halaman

Videonya

Beri Komentar