Viral Video Mobil RI-1 Jokowi Terjebak Macet, Santai Tak Pakai Sirine

Reporter : Nabila Hanum
Selasa, 9 Agustus 2022 08:00
Viral Video Mobil RI-1 Jokowi Terjebak Macet, Santai Tak Pakai Sirine
"Nggak pake sirine, cuma pake strobo aja," ujar wanita tersebut.

Dream - Media sosial dibuat ramai dengan kemunculan video yang merekam mobil berpelat nomor RI 1 yang tengah melintas di kemacetan Jakarta. Diduga membawa orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kejadian di balik kemunculan mobil tersebut cukup ramai komentar netizen. 

Video tersebut diunggah pemilik akun TikTok @inne0911. Dalam video yang diunggah 3 Agustus 2022 itu terlihat pemilik akun tengah ikut mengantre dalam kemacetan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Kawasan ini memang terkenal sering mengalami kemacetan terutama di hari kerja.

Rekaman dalam video kemudian memperlihatkan barisan kendaraan paling pinggir. Terlihat sebuah mobil yang dikawal beberapa petugas bermotor yang mengenakan pakaian serba hitam.

1 dari 5 halaman

Dari pelat nomor yang tertulis RI-1, perekam video menyebut jika kendaraan tersebut milik Presiden Jokowi.

" Pak Jokowi kejebak macet, pak jokowi bapak," kata wanita dalam video.

Mobil tersebut berjalan bersama beberapa iringan rombongan pengawal termasuk petugas diduga Pasukan Pengamanan Presiden (Pamprampres).

Yang membaut video tersebut menjadi riuh pembicaraan netizen adalah rombongan presiden sama sekali tidak menyalakan sirine seperti biasa dilakukan para pejabat negara ketika melintas.

2 dari 5 halaman

Hal ini cukup unik mengingat seorang presiden bisa saja menggunakan hak istimewanya untuk bisa segera lepas dari kemacetan dan sampai tujuan dengan cepat.

" Nggak pake sirine, cuma pake strobo aja. Presiden nomor satu aja nggak ribet. Ikut macet," kata wanita tersebut.

Video tersebut lantas viral dan telah ditonton sebanyak 397 ribu kali.

" mantan wali kotaku nggak berubah, sehat selalu pakde."

" ngeliat gini aja terharu banget menghargai banget rakyatnya sehat selalu presidenku 🥰."

" presiden kita memang hebat bunda🥰🥰."

" kemarin ketemu iringan beliau dan memang gak ada suara strobo sama sekali. salut 😁."

" President paling kalem dan ngerti perasaan masyarakatnya yg lg macet macetan.. 👍👍👍👍."

3 dari 5 halaman

@inne0911

 

♬ suara asli - inne

 

Cerita seputar mobil dinas presiden sudah banyak berseliweran selama Jokowi menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia. Salah satu yang pernah ramai adalah mobil sedan yang dikendarai Jokowi pernah mogok dalam perjalanan dinas

4 dari 5 halaman

Presiden Jokowi kala itu harus turun dari mobil kepresidenannya, Mercedes-Benz S600 Guard. Mobil RI-1 yang ditumpangi Jokowi untuk menuju ke Taman Digulis, Pontianak, Kalimantan Barat tersebut mogok.

Jokowi segera melanjutkan kunjungan dengan menaiki mobil Toyota Alphard. Presiden memaklumi mobil dinasnya yang memang diketahui sudah sering kali mogok.

" Ya biasa, kan lebih dari 10 kali mogok," kata Jokowi, dilaporkan Merdeka.com, Kamis, 5 September 2019.

Bukan kali ini saja mobil yang ditumpangi Jokowi mengalami mogok. Saat kunjungan kerja ke Kalimantan Barat pada 2017, mobil Jokowi juga mogok.

Jokowi dan rombongan baru saja meresmikan 8 Mobile Power Plant (MPP) di Desa Jungkat, Kabupaten Mempawa.

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan, mobil yang ditumpangi Jokowi mogok saat menuju Kabupaten Kubu Raya untuk makan siang.

" Mogok di perjalanan setelah menempuh perjalanan lebih kurang 30 menit," kata dia.

5 dari 5 halaman

Kisah lain adalah seputar kebiasaan Jokowi yang sering kali berhenti di tengah perjalanan. Aksinya itu sering kali membuat kehebohan masyarakat yang berdiri di sepanjang jalur yang dilalui presiden. 

Salah satunya terlihat dalam video berdurasi 2 menit 9 detik, saat Jokowi tiba-tiba meminta rombongan berhenti untuk menyapa warga yang menunggunya di pinggir jalan.

Tak ayal kejadian itu membuat Paspampres harus berjibaku dengan rakyat. Warga setempat merasa senang bisa bersalaman dengan Jokowi.

Video itu direkam oleh pengguna Facebook, Etrand Ponyako. Kala itu Jokowi sedang berkunjung di Sengkol, Nusa Tenggara Barat pada Selasa, 9 Februari 2016.

Tindakan Jokowi itu rupanya membuat haru pengguna media sosial. Mereka menilai Jokowi merupakan pemimpin yang merakyat. Penasaran seperti apa? Berikut videonya (Ism, Sumber : facebook.com/Etrand Ponya Koe) 

 

Beri Komentar