3 Gempa Bumi Akibat Ulah Manusia

Reporter : Idho Rahaldi
Rabu, 3 Oktober 2018 14:30
3 Gempa Bumi Akibat Ulah Manusia
Gempa bumi tak selalu disebabkan murni karena faktor alam. Melainkan ada juga yang disebabkan oleh ulah manusia.

Dream - Gempa dan tsunami yang mengguncang Palu dan Donggala membuat masyarakat cemas dengan potensi bencana alam yang mungkin saja akan kembali mengguncang Indonesia.

Sebelum gempa di Sulawesi Tengah ini, Indonesia juga dihantam gempa Lombok yang membuat lebih dari 400 orang meninggal dunia.

Apabila dilihat secara geologi, baik dari lempengan dan patahan yang ada, potensi gempa memang akan selalu membayangi Nusantara. Hal itu dikarenakan posisi Indonesia yang berada di Cincin Api Pasifik (Ring of Fire) yaitu daerah 'tapal kuda' sepanjang 40.000 km yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik.

Selain karena amukan alam, gempa bumi ternyata tak selamanya dipicu faktor alam. Ternyata manusia juga ikut berperan sebagai pemicu munculnya gempa.

Melansir Gizmodo.com, dalam pertemuan American Geophysical Union di San Francisco pada 2013 lalu, ahli geologi mengulas ulah manusia yang telah menyebabkan gempa bumi di beberapa negara.

Meskipun secara definitif sulit untuk menghubungkan gempa bumi dengan aktivitas manusia, tetapi para ilmuwan telah menemukan bukti kuat dari sejumlah " kontribusi" manusia terhadap gempa. Berikut 3 di antaranya.

1 dari 3 halaman

Bendungan dan Waduk, Gempa Bumi Sichuan 2008, China

Teknologi manusia untuk menampung air dalam bentuk waduk raksasa rupanya bisa menjadi salah satu faktor yang dapat menginduksi gempa bumi.

Keyakinan ini dipicu terjadinya gempa Bumi Sichuan pada tahun 2008 di Tiongkok.

Gempa berkekuatan 7,9 SR itu merupakan gempa bumi terparah di Negeri Tirai Bambu setelah lindu di Tangshan pada tahun 1976, yang menewaskan 242.000 orang.

 Gempa

Beberapa ilmuwan berteori jika gempa dipicu oleh pembangunan Bendungan Zipingpu yang terletak di dekat Sinchuan. Bendungan ini berdiri di lokasi yang jaraknya hanya sepertiga mil dari sesar. 

Artinya bendungan raksasa itu dibangun di atas garis pertemuan lempeng tektonik Bumi.

Kehadiran bendungan itu juga dituding menjadi tambahan massa dari jutaan ton air diduga menjadi pemicu cepatnya kerusakan sesar.

2 dari 3 halaman

Fracking , Gempa Oklahoma 2011

Di tahun 2008 lalu, Texas diguncang dua gempa bumi dengan kekuatan lebih dari 3 SR. Selain Texas, getaran gempa juga mengguncang daerah sekitarnya, termasuk Oklahoma.

Delapan tahun kemudian, lindu berkekuatan serupa terjadi hingga lebih dari 12 kali.

Rupanya, gempa itu bukan terjadi karena alam. Para ilmuwan mencurigai aktivitas tambang serta pembuatan dam memicu terjadinya gempa.

Selama 10 tahun tersebut, telah terjadi peningkatan ekstraksi gas alam di Negeri Paman Sam --termasuk fracking atau rekahan hidrolik, juga teknik lainnya yang menghasilkan banyak air limbah.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science Advances, para ahli mengatakan bahwa industri minyak dan gas bertanggung jawab terhadap peningkatan aktivitas seismik.

3 dari 3 halaman

Gedung Pencakar Langit ,Taipei 101, Taiwan

Salah satu gedung tertinggi di dunia, menara Taipei 101 di Taiwan, yang diklaim mampu menahan angin topan dan gempa bumi justru menjadi penyebab munculnya lindu.

Menurut seorang ahli geologi Taiwan, Cheng-Horn Lin, penyebab utamanya adalah berat dari gedung setinggi 509,2 meter ini yang mencapai 770.000 ton, sehingga memberikan terlalu banyak tekanan pada batuan sedimen lunak di bawahnya.

 Gempa

Tekanan itu disebabkan oleh material bangunan berupa baja dan beton ekstra. Sejak pembangunan gedung yang dikenal sebagai Taipei World Financial Center tersebut dimulai, menurut Lin, wilayah di sekitarnya kerap muncul gempa kecil dan dua gempa yang guncangannya lebih besar di bawah bangunan.

(Liputan6.com)

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-