Ilmuwan Buat Contact Lens Robotik

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 2 Agustus 2019 10:00
Ilmuwan Buat Contact Lens Robotik
Menggunakan tenaga listrik di mata.

Dream - Para peneliti dari University of California San Diego mengembangkan contact lens atau lensa kontak robotik. Lensa kontak itu dapat dikontrol menggunakan mata.

" Sistem yang dikembangkan dalam studi saat ini memiliki potensi untuk digunakan dalam prostesis visual, kacamata yang dapat disesuaikan, dan robotika yang dioperasikan dari jarak jauh di masa depan," kata para peneliti dalam makalah yang diterbitkan Advanced Functional Materials, dikutip dari The Independent.

Para peneliti mengukur potensi listrik mata yang disebut " sinyal elektro-okulografi" . Para ilmuwan kemudian mengembangkan lensa yang akan merespons aktivitas mata tersebut.

Peneliti utama, Shengqiang Cai, mengatakan kepada New Scientist, " Bahkan jika mata Anda tidak dapat melihat apa pun, bola mata masih bisa digerakkan dan menghasilkan sinyal elektro-oculografi ini."

Purwarupa lensa itu terbuat dari polimer yang mengembang saat arus listrik muncul.

Lensa ini dikendalikan menggunakan lima elektroda yang mengelilingi mata dan bertindak seperti otot. Ketika polimer menjadi lebih cembung, lensa secara efektif memperbesar.

2 dari 6 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival