Modal Awal untuk Bisa Menjadi Wirausaha Digital Sukses

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Senin, 19 Juli 2021 06:12
Modal Awal untuk Bisa Menjadi Wirausaha Digital Sukses
Kamu generasi muda yang ingin membangun digital startup company?

Dream - Munculnya wirausaha digital telah memberikan dampak yang luar biasa di dunia. Usaha digital yang dibangun melalui jejaring internet seperti Google, Facebook, atau Microsoft mampu mengubah dunia dan membentuk pola komunikasi tanpa sekat geografis.

Perkembangan ini juga membuka celah bisnis baru bagi mereka yang ingin berkecimpung di dunia teknologi. Istilah technopreneur muncul sebagai julukan bagi mereka yang mau menitip karier di dunia teknologi. 

Nah jika Sahabat Dream ingin mulai membangun wirausaha digital, ada beberapa tips yang dibagikan Product Development Kemendikbudristek Oddie Muhammad yang hadir dalam pengumuman PermataYouthPreneur, baru-baru ini.

Oddi© Ferdike/ Dream

“ Langkah pertama cari teman yang punya visi yang sama," ujar Oddie memulai tips pertamanya untuk para calon Technopreneur.

Menurut Odie modal lain yang harus dijalankan peminta dunai wirausaha digital adalah banyak mencari informasi dan membaca buku mengenai pengembangan startup. Membaca biografi para founder startup bisa menjadi bekal untuk memulainnya.

" Jika ada, ikuti lomba seperti Youthpreneur untuk menguji ide dan feedback dari para juri,” jelas Oddie.

Saat telah melakukan beberapa hal tadi, Oddie juga menekannya pentingnya mencari mentor yang dapat menambah wawasan soal dunia wirausaha digital. Para Mentor ini sangat membantu mengembangkan dan memberikan dukungan atas ide-ide yang kita miliki.

Sahabat Dream bisa mencari mentor yang sesuai dengan bidang yang ingin digeluti. Sebagai rujukan, para mentor ini bisa dicari melalui platform seperti Linked In atau sosial media lain.

1 dari 1 halaman

Program YouthPreneur

Permata© Ferdike/ Dream

Pada bagian lain, Dhien Tjahajani, Direktur Hukum dan Kepatuhan PermataBank mengatakan perusahaan selama ini berusaha untuk mendukung tingginya minat wirausaha digital dengan berbagai program yang dimiliki.

Salah satu yang sudh rutin dilakukan adalah menyelenggarakan program pelatihan digital preneur PermataYouthPreneur (PYP) 2021. Program kali ini mengusung tema “ Membantu Pertumbuhan UMKM Melalui Teknologi Finansial (FinTech)” yang diikuti oleh 157 tim siswa SMK dari 25 provinsi Indonesia.

Kegiatan ini diharapkan bisa mengajak generasi muda Indonesia untuk belajar digitalpreneur dan menghasilkan calon pendiri startup dan FinTech. Pembekalan meliputi literasi keuangan dan digital entrepreneurship dengan harapan dapat mengubah budaya ‘mencari kerja’ menjadi budaya ‘menciptakan lapangan kerja’.

“ Dengan terselenggaranya PYP ini, kami berharap pengetahuan kewirausahaan yang didapat dari pelatihan digital entrepreneurship ini akan menjadi modal kuat kepada peserta dalam menjalankan usaha.” ucap Dhien.

Pada kesempatan yang sama. Dien juga mengumumkan 5 tim pemenang dari finalis 10 tim yang berhasil masuk ke Grand Final PYP 2021. Kelima pemenang berhak atas hadiah total senilai Rp 40 juta serta kesempatan untuk mendapatkan beasiswa Bootcamp IT dari Arkademy.(Sah)

Beri Komentar