NASA Rilis Foto Planet yang Kemungkinan Dihuni Alien

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 27 Agustus 2020 19:13
NASA Rilis Foto Planet yang Kemungkinan Dihuni Alien
Mneurut Ilmuwan, ada planet layak huni di dekat tata surya kita.

Dream – Kehidupan alien masih menjadi misteri yang masih berusaha dipecahkan oleh para ilmuwan. Baru-baru ini NASA merilis foto planet yang kemungkinan dihuni oleh mahluk yang kita sebut alien.

Dilansir dari Mirror, NASA telah membagikan foto planet yang luar biasa dan diyakini menjadi tempat hunian para alien.

Planet yang diperkirakan menjadi hunian alien itu bernama Proxima B yang mengorbit pada bintang katai merah Proxima Centauri, yang merupakan bintang terdekat dengan sistem tata surya.

Namun benarkah ada kehidupan selain di planet bumi? Tentu ini menjadi pertanyaan besar yang belum terjawab oleh sains meskipun telah dilakukan penelitian selama bertahun-tahun.

Dekat Tata Surya

Ilustrasi© ESA/via Mirror

Planet yang disebut Proxima B ini mengorbit pada bintang katai merah Proxima Centauri yang merupakan bintang paling dekat dengan tata surya kita.

NASA menjelaskan planet itu ditemukan pada tahun 2016. Planet itu berukuran kira-kira seukuran dengan Bumi dengan mengorbit pada bintang terdekat tata surya.

“ Sebuah planet berukuran kira-kira seukuran bumi yang meborbit pada bintang tetangga terdekat kita, mungkin planet itu bisa dihui. Menurut astronom yang menggunakan teleskop European Southern Observatory sepanjang 3,6 meter di La Silla, Chilli bersama dengan teleskop lain di seluruh dunia,” jelas NASA.

Planet ekstrasurya ini berada pada jarak dari bintangnya yang memungkinkan suhu cukup sedang dengan adanya air menggenang di permukaannya.

Kekhawatiran Ilmuwan

Ilustrasi© mirror.co.uk

Proxima B ditemukan kembali pada tahun 2016 dan diyakini berukuran sedikit lebih besar dari Bumi. Ia mengorbit di zona layak huni di sekitar bintangnya, di mana suhunya cocok untuk memungkinkan adanya air di sana.

Meskipun menjadi target utama dalam pencarian alien, NASA telah memperingatkan bahwa planet baru ini menjadi sasaran suar bintang yang tentu saja berpotensi mematikan kehidupan di sana.

Profesor Scott Gaudi, astronom di Universitas Ohio mengatakan kondisi inilah yang menjadi kekhawatiran dalam hal layak huni.

“ Itulah kekhawatiran dalam hal kelayakan untuk dihuni. Sebab planet ini akan dihantam oleh gelombang radiasi berenergi tinggi yang cukup banyak,” katanya.

Menurutnya kondisi ini tidak jelas, apakah planet ini akan memiliki medan magnet yang cukup kuat untuk mencegah seluruh atmosfernya agar tidak tertiup badai.

“ Tapi itu adalah perhitungan yang sangat sulit bagi para ilmuwan dan memerlukan biaya yang besar,” pungkasnya.