4 Hal yang Harus Dihindari Jika Ingin Mencegah Penuaan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 30 Juni 2020 12:13
4 Hal yang Harus Dihindari Jika Ingin Mencegah Penuaan
Jangan lakukan hal ini agar kerutan tidak muncul di usia dini.

Dream - Terlepas dari usia, hal utama yang menyebabkan penuaan dini adalah perawatan kulit. Tanpa perawatan kulit yang dapat mencegah penuaan, kerutan serta garis halus akan lebih cepat muncul. 

Oleh karena itu, kamu harus memerhatikan kembali perawatan kulit yang dilakukan setiap hari. Dilansir dari Female Network, berikut kebiasaan yang harus dihindari untuk mencegah penuaan: 

Tidak Memakai Tabir Surya

 Memakai Tabir Surya© Shutterstock.com

Paparan sinar UV merupakan penyebab penuaan yang sangat berbahaya. Sehingga, kamu harus memakai tabir surya setiap 3-4 jam sekali di pagi hingga sore hari. 

Jika tidak, sinar UV akan menghancurkan kolagen dan elastin. Hal itulah yang membuat kulitmu mengendur, memiliki kerutan serta mengalami hiperpigmentasi.

1 dari 3 halaman

Memakai Makeup Wipes Terlalu Sering

 Mengusap Wajah© Shutterstock.com

Meskipun praktis saat ingin membersihkan makeup dan kotoran di wajah, namun sebenarnya makeup wipes kurang sehat bagi kesehatan kulit.

Umumnya, makeup wipes mengandung alkohol dan parfum yang berbahaya bagi kulit. Makeup wipes juga tidak bisa membersihkan makeup maupun kotoran secara maksimal.

Gunakanlah micellar water, susu pembersih dan face cleanser untuk membersihkan wajah secara maksimal tanpa menyebabkan masalah kulit.

2 dari 3 halaman

Tidak Mengeksfoliasi

 Membersihkan Wajah© Shutterstock.com

Eksfoliasi seringkali dijadikan penyebab kulit kering dan iritasi karena kandungannya yang dapat mengikis sel kulit mati.

Namun, hal tersebut tidak terjadi jika kamu memilih kandungan dan formula yang tepat. Gunakan eksfoliator berbahan dan berformula ringan serta cocok untuk wajahmu.

Lakukan eksfoliasi maksimal dua kali seminggu untuk mencegah penumpukkan sel kulit mati, kekusaman, penuaan serta masalah kulit lainnya.

3 dari 3 halaman

Terlalu Kasar Merawat Area Mata

 Merawat Area Mata© Shutterstock.com

Sering menggosok atau menggaruk area mata akan memicu kerutan. Begitu juga dengan area wajah lainnya. Namun, area mata lebih rentan karena kulitnya lebih tipis.

Tepuk-tepuk atau usap bagian tersebut ketika ingin mengaplikasikan produk kosmetik. Gunakan jari manis yang memiliki tekanan paling lemah untuk mengaplikasikan produk.

(Sumber: Female Network)

Beri Komentar