Cukup 4 Produk untuk Ikuti Skinimalism Demi Kulit Glowing

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 22 Juni 2021 07:12
Cukup 4 Produk untuk Ikuti Skinimalism Demi Kulit Glowing
Kunci kulit sehat dan terawat tanpa memakai terlalu banyak produk.

Dream - Penampilan wajah yang sempurna membuat banyak orang menirukan cara merawat kulit wanita Korea. Perawatan tersebut terdiri dari 10 tahap atau dikenal dengan 10 step skincare Korea.

Dimulai dari melakukan double cleansing, eksfoliasi dan 5 langkah untuk menghidrasi kulit. Meski terdengar cukup rumit, namun banyak wanita yang mengikutinya agar mendapatkan wajah mulus.

Padahal, mendapatkan wajah mulus dan sehat tidak harus menggunakan produk berlebihan. Memakai terlalu banyak produk justru bisa menyebabkan kerusakan kulit.

Kulit juga akan jenuh. Perawatan tersebut juga tidak akan efektif lagi jika menumpuk terlalu banyak produk.

Jika ingin mendapatkan kulit sehat, cobalah tren perawatan kulit yang baru-baru ini dilakukan sebagian wanita yaitu skin minimalism atau skinimalism.

Tren ini dilakukan dengan cara menggunakan produk secukupnya untuk mendapatkan kulit sehat dan mulus. Dilansir dari Times of India, berikut tahapan skinimalism yang bisa diterapkan secara konsisten.

1 dari 6 halaman

Memakai pembersih wajah berbahan ringan

Membersihkan Wajah© Shutterstock

Bersihkan wajah dari minyak, kotoran dan sisa makeup terlebih dulu. Gunakan pembersih wajah berbahan ringan dua kali sehari.

Pastikan wajah tetap lembap dan tidak terasa seperti tertarik setelah menggunakan pembersih. Jika kulitmu kering, gunakan pembersih bertekstur krim.

Sedangkan kulit berminyak dan kombinasi disarankan untuk memakai pembersih bertekstur foam. Setelah melakukan pembersihan, usap wajah dengan handuk lembut.

Melakukan eskfoliasi atau menggunakan serum

Selanjutnya, lakukan eksfoliasi menggunakan chemical atau physical exfoliator (scrub). Ini bertujuan untuk membuat wajah tetap cerah, bersih, halus dan bebas sel kulit mati.

Lakukan eksfoliasi maksimal dua kali seminggu untuk mencegah peradangan, iritasi dan kulit kering. Kulit kering disarankan untuk menggunakan chemical exfoliator yang mengandung AHA, asam laktat atau asam glikolat.

Jika kulitmu berminyak atau kombinasi, gunakan produk yang mengandung BHA atau asam glikolat. Selain eksfoliasi, gunakan serum untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Kamu bisa menggunakan serum untuk mencerahkan, mengatasi hiperpigmentasi, menyamarkan tanda penuaan serta menyembuhkan jerawat.

Meski baik untuk kesehatan kulit, tapi kamu tidak harus menggunakan serum dengan bahan aktif tertentu.

2 dari 6 halaman

Pelembap

Gunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulitmu. Bila perlu, gunakan produk perawatan kulit yang mampu menghidrasi kulit.

Pelembap Kulit© Shutterstock.com

Kulit akan mendapatkan cairan yang dibutuhkan setelah dihidrasi dan kelembapan kulitmu terkunci saat memakai pelembap.

Jika kulit sudah cukup berminyak atau kombinasi, gunakan pelembap yang bersifat non-comedogenic serta bertekstur gel.

 

3 dari 6 halaman

Tabir surya

Jangan lupa gunakan tabir surya untuk melindungi kulit saat beraktivitas. Pilih tabir surya yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.

Jangan Lupa Gunakan Sunscreen di 4 Area Ini© MEN

Pakai kembali tabir surya setiap 2 jam sekali untuk menjaga perlindungannya. Tabir surya akan teroksidasi atau terhapus akibat keringat.

Sehingga jika tidak mengaplikasikan ulang tabir surya dengan minimal SPF 30, kulitmu tidak akan terlindungi sepanjang hari dan berisiko mengalami berbagai masalah. (mut)

4 dari 6 halaman

Perawatan Dasar untuk Si Pemilik Kulit Sensitif

Dream - Perawatan untuk kulit yang sensitif memang cukup menantang. Kamu harus ekstra hati-hati ketika memilih produk yang akan digunakan.

Jika tidak, kulitmu akan sangat mudah berjerawat, gatal, perih, terkelupas atau terasa perih. Apalagi, jika cuacanya sedang ekstrem.

Beberapa perawatan dasar bisa kamu lakukan untuk mencegah masalah kulit sensitif. Dilansir dari Skincare.com, berikut tips merawat kulit sensitif dan menjaga agar wajah tetap sehat.

Jaga kelembapan

Baik saat kulit berminyak atau kering, kamu harus tetap menjaga kelembapan. Kelembapan berperan sangat penting terhadap kesehatan kulit.

Kamu hanya perlu memilih pelembap yang cocok untuk kulit agar tidak lengket dan berdampak buruk pada wajah.

Biasanya, produk yang mampu menjaga kesehatan kulit mengandung asam hyaluronat. Lalu, gunakan tabir surya untuk mencegah dampak buruk paparan sinar matahari.

5 dari 6 halaman

Tidak menggunakan pembersih wajah di pagi hari

Umumnya, pembersihan dilakukan setiap pagi dan malam. Namun jika kulit sensitif, kamu bisa melakukannya hanya saat menjelang tidur.

Ini dilakukan untuk meminimalisir terkikisnya kelembapan kulit yang bisa terjadi saat membersihkan wajah.

Saat sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar kotoran, kamu tetap bisa membersihkan wajah dua kali sehari.

Hindari pemakaian physical exfoliants

Mengeksfoliasi Wajah© Shutterstock

Kulit sensitif akan sangat rentan terhadap produk yang bertekstur kasar. Jadi, hindari pemakaian physical exfoliants seperti scrub wajah ketika ingin melakukan eksfoliasi.

Pilihlah chemical exfoliants dengan ekstra hati-hati atau lakukan perawatan kulit di salon kecantikan setiap bulan agar bisa mengeksfoliasi tanpa membahayakan kesehatan kulitmu.

6 dari 6 halaman

Memakai masker wajah

Memakai Masker Wajah© Shutterstock

Memakai masker wajah dapat membantu meningkatkan nutrisi kulit. Kamu bisa memakai sheet mask yang hanya digunakan 10-15 menit atau menggunakan sleeping mask secara rutin.

Pakai produk yang bertekstur ringan dan melembapkan

Hindari produk riasan yang terlalu kering dan berformula berat di kulit. Cobalah produk riasan pada tangan atau leher sebelum membelinya untuk memastikan formulanya dengan kulitmu. (mut)

Beri Komentar