5 Cara Menghilangkan Jerawat di Hidung Secara Alami dan Mandiri di Rumah

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 21 Agustus 2020 19:45
5 Cara Menghilangkan Jerawat di Hidung Secara Alami dan Mandiri di Rumah
Jerawat di hidung biasanya terasa sakit, apalagi jika jerawatnya meradang.

Dream – Jerawat selalu menjadi masalah yang tak selesai dibahas dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Mood kamu biasanya akan langsung drop ketika menemukan adanya jerawat di wajah ketika baru bangun tidur.

Jerawat bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja, khususnya di area wajah. Jerawat sering muncul di pipi dan bagian T wajah, salah satunya jerawat di hidung. Si bintik merah menyebalkan di hidung menjadi fenomena masalah kulit paling umum dialami orang.

Meski kecil, jerawat di hidung biasanya terasa sakit apalagi saat sedang meradang. Banyak orang bersusah payah menghilangkan jerawat di hidung. Memencet jerawat di hidung tidaklah direkomendasika. Meski bentuk dan warnanya menggemaskan, memencet jerawat di hidung meninggalkan bekas luka dan membuat penampilan wajah semakin buruk.

Ada baiknya kamu menghilangkan jerawat di hidung secara alami. Cara alami buatan sendiri di rumah ini sangat direkomendasikan. Jika kamu ingin mencoba, kali ini Dream berhasil merangkum 5 cara menghilangkan jerawat di hidung secara alami dilansir dari Boldsky.

1 dari 8 halaman

Penyebab Jerawat di Hidung

Ilustrasi© Boldsky

Sebelum kita membahas tentang cara menghilangkan jerawat di hidung, kita ketahui dahulu berbagai penyebab jerawat yang muncul di hidung.

Penyebab pertama adalah pori-pori besar. Hidung merupakan tempat yang rawan muncul jerawat, apalagi jika kamu memiliki pori-pori yang besar. Munculnya jerawat ini sebagai tanda sekresi berlebih dari minyak sebum alami kulit kita dan pori-pori yang tersumbat.

Jika pori-pori besar akan membuat kotoran-kotoran mudah masuk ke pori-pori yang menimbulkan penyumbatan. Penyumbatan pori-pori inilah yang menjadi penyebab munculnya jerawat di hidung dan juga masalah kulit lainnya seperti komedo.

2 dari 8 halaman

Rambut yang Tumbuh ke Dalam

Ilustrasi© Pixabay

Penyebab jerawat muncul di hidung yang kedua adalah ada rambut yang tumbuh ke dalam. Kondisi ini menjadi pemicu munculnya jerawat. Rambut yang tumbuh ke dalam di bawah kulit dapat melukai kulit dan kapanpun bisa menjadi penyebab jerawat yang menyebalkan.

Penyebab ketiga adalah adanya tindik di hidung yang terinfeksi bakteri bisa menjadi alasan munculnya jerawat di hidung. Jika kamu memiliki tindik hidung yang terinfeksi bakteri dan kuman juga dapat menyebabkan jerawat di hidung.

Selain penyebab di atas, jerawat di hidung juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon, banyak mengonsumsi makanan berminyak, dan faktor lingkungan, seperti adanya kotoran dan polusi udara.

Setelah kita mengetahui sejumlah penyebab jerawat di hidung, selanjutnya kita beralih ke pengendaliannya, cara menghilangkan jerawat di hidung secara alami yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Yuk kita cek apa aja sih cara menghilangkan jerawat di hidung secara alami itu.

3 dari 8 halaman

Steaming/Penguapan

Cara menghilangkan jerawat di hidung yang pertama adalah dengan melakukan steaming wajah. Steaming wajah ini akan membantu membuka pori-pori kulit dan mengeluarkan semua kotoran dari dalam pori-pori kulit. Cara ini bisa sangat efektif membantu membersihkan wajah dari jerawat.

Bahan yang kamu butuhkan untuk melakukan proses steaming adalah air panas, mangkuk, dan handuk.

Cara yang perlu kamu lakukan adalah:

Menuangkan air panas yang masih mengepulkan asap ke dalam mangkuk.

Kemudian duduklah dengan posisi yang nyaman, letakkan handuk menutupi kepala, letakkan mangkuk berisi air panas lebih rendah dari wajahmu.

Bersandarlah di atas mangkuk pada jarak aman sehingga uap air panas bisa mengepul tepat ke wajah kamu.

Tutupi wajah dan mangkuk dengan handuk supaya uapnya tersembur secara maksimal ke wajah. Lakukan steaming atau penguapan ini selama 5 hingga 10 menit.

Setelah itu, tutupi wajahmu dengan handuk yang sama. Lalu basuhlah wajahmu dengan sabun wajah yang lembut.

4 dari 8 halaman

Jus Lemon

Ilustrasi© Pixabay

Jus lemon bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat di hidung. Sifat asam pada lemon dapat membantu membersihkan jerawat dengan membuat jerawat mongering.

Lemon juga memiliki sifat anti bacteria dan anti mikroba yang bisa menangkal bakteri penyebab jerawat sehingga membuat kulit kamu lebih cerah.

Siapkan bahan-bahan seperi 1 sendok the jus lemon dan kapas.

Caranya:

Celupkan kapas ke dalam jus lemon.

Tempatkan kapas di area jerawat.

Tempelkan selama 10-15 menit.

Lepaskan kapas dan bilas hidungmu dengan air bersih.

5 dari 8 halaman

Cuka Sari Apel

Ilustrasi© Pixabay

Cuka sari apel bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan jerawat di hidung. Cuka sari apel merupakan obat populer untuk menghilangkan jerawat karena memiliki sifat anti bakteri. Bahan ini secara alami bisa membersihkan kulit dari bakteri dan kuman berbahay untuk meredakan jerawat di hidung.

Bahan yang kamu butuhkan adalah satu sendok makan cuka sari apel, 4 sendok makan air, dan bola kapas.

Cara menggunakan:

Encerkan cuka sari apel dengan air.

Oleskan pada area kulit yang berjerawat menggunakan kapas.

Biarkan selama 5-10 enit.

Bilas menggunakan air dingin.

6 dari 8 halaman

Minyak Pohon Teh

Ilustrasi© freepik.com

Minyak pohon the merupakan obat yang bagus untuk serangkaian cara menghilangkan jerawat di hidung secara alami Sifat anti bakteri dan anti radang dalam minyak teh ini mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu juga bisa menjaga kulit kamu tetap bersih dan sehat serta kenyal. Minyak pohon teh dipercaya mampu mengurangi rasa gatal, iritasi, dan kemerahan yang merupakan gejala munculnya jerawat. Bahan yang kamu butuhkan adalah 1 sendok the minyak almond dan 2-3 tetes minyak pohon teh.

Caranya:

Campur minyak pohon teh dengan minyak almond.

Oleskan ramuan itu pada area jerawat.

Biarkan selama 10-15 menit.

Bilas dengan air bersih.

7 dari 8 halaman

Es Batu

Ilustrasi© Pixabay

Mengoleskan es batu pada area yang berjerawat bisa membantu meredakan peradangan dan meredakan rasa nyeri. Bahan yang kamu butuhkan cukup simpel, yaitu 1-2 potong kecil es batu.

Caranya gosokkan es batu pada area jerawat selama 5-10 menit. Biarkan hingga benar-benar kering dan biarkan es batu menempel di jerawat.

Itulah 5 cara menghilangkan jerawat di hidung secara alami yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah.

Selanjutnya Dream juga akan berbagi kiat-kiat pencegahan jerawat yang muncul di hidung. Ulasannya akan kami paparkan di bawah ini ya, Sahabat Dream.

8 dari 8 halaman

Cara Mencegah Jerawat di Hidung

Ilustrasi© Pixabay

Sebelum jerawat mengganggu penampilan kita, sebaiknya kita berusaha melakukan upaya preventif terhadap kemunculannya. Bagaimana cara mencegah munculnya jerawat di hidung?

  1. Cuci wajah dua kali sehari dengan sabun wajah yang mengandung antibakteria.
  2. Jangan menyentuh wajah, kebiasaan menyentuh wajah ini bisa berpotensi memindahkan kuman dari tangan ke wajah sehingga menyebabkan munculnya jerawat.
  3. Hindari produk kosmetik yang berbahan dasar minyak. Sebab produk semacam ini bisa menyumbat pori-pori kulit dan rentan terhadap komedo serta jerawat.
  4. Eksfoliasi kulit secara teratur. Penggunaan produk granular bekerja dengan baik untuk membuka pori-pori kulit yang tersumbat dan membersihkan kulit untuk mencegah jerawat.
  5. Minum banyak air putih supaya kulit tetap terhidrasi dengan baik. Air yang cukup juga bisa mengeluarkan racun di dalam tubuh kita.
  6. Ikuti rutinitas perawatan kulit dasar, seperti membersihkan, melembabkan, dan mengencangkan kulit.
  7. Jangan memencet jerawat. Karena memencet jerawat hanya meninggalkan bekas pada kulit dan juga menyebarkan infeksi yang menyebabkan lebih banyak jerawat.
  8. Jangan tidur sebelum membersihkan riasan pada wajah. Riasan tebal di kulit dalam waktu yang lama bisa menyumbat pori-pori kulit kamu yang menyebabkan jerawat.
  9. Makan makanan sehat, hindari makanan panas dan berminyak.
  10. Selalu gunakan tabir surya, supaya panas matahari tidak menyebabkan kerusakan pada kulit. Sebab paparan sinar matahari secara langsung bisa merangsang produksi minyak berlebih pada kulit. Lindungi wajah dengan tabir surya yang memiliki SPF lebih dari 30.
Beri Komentar