Cara Menghaluskan Telapak Tangan yang Kasar dan Kapalan

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Selasa, 26 November 2019 17:13
Cara Menghaluskan Telapak Tangan yang Kasar dan Kapalan
Telapak tangan yang halus memang memudahkan kamu dalam beinteraksi sosial, terutama saat berjabat tangan.

Dream - Telapak tangan yang kasar merupakan hal yang normal. Apalagi jika kamu sering beraktivitas yang sangat bergantung dengan kedua tanganmu.

Contohnya seperti memasak, berkebun, dan masih banyak lagi. Tetapi, memiliki telapak tangan yang kasar atau kepalan memang mengganggu kamu dalam melakukan interaksi sosial.

Terutama saat berjabat tangan dengan seseorang. Beruntung bagi kamu yang memiliki masalah tersebut, karena cara menghaluskan telapak tangan mudah untuk diaplikasikan.

Ada banyak metode yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah itu. Berikut ini beberapa cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dan kapalan:

1 dari 3 halaman

Cara Menghaluskan Telapak Tangan yang Kasar

Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi telapak tangan yang kasar.

Berikut ini beberapa cara menghaluskan telapak tangan yang kasar:

Garam

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar pertama yaitu dengan memanfaatkan garam. Garam dapat membantu kita melakukan detoks yaitu mengeluarkan racun ditubuh.

Garam juga bisa menghilangkan racun pada kulit yang dapat membuat kulit tidak sehat, kusam, dan mengelupas.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan garam yaitu masukkan garam ke dalam air hangat.

Lakukan perendaman telapak tangan sesering mungkin agar menjadikan telapak tangan kita sehat, indah, dan halus.

Lidah buaya

Cara menghaluskan telapak tangan berikutnya yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Tidak diragukan lagi jika tanaman berduri ini memang sangat baik untuk kulit.

Lidah buaya memiliki berbagai manfaat bagi kulit seperti melembebkan kulit, mendetokfikasi kulit, serta memperbaiki dan meremajakan kulit. Kandungan vitamin C, E yang sangat baik untuk kulit.

Caranya sangat mudah, pertama cuci sampai bersih daging lidah buaya. Haluskan menggunakan blender hingga benar-benar halus.

Oleskan pada seluruh permukaan telapak tangan hingga merata. Tunggu beberapa saat kira-kira 10 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat

Ampas kopi

Tidak disangka ampas kopi bisa dimanfaatkan sebagai cara menghaluskan telapak tangan yang kasar. Kopi mengandung anti oksidan yang sangat tinggi untuk mencegah kuman yang masuk kedalam kulit tangan kamu.

Caranya sangat mudah, ratakan ampas kopi pada telapak tangan kira-kira 15 menit kemudian bilas mengunakan air dingin.

Minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengahluskan telapak tangan yang kasar. Minyak kelapa dapat membantu melembutkan kulit. Minyak kelapa dapat digunakan untuk melakukan perawat pada telapak tangan yang kurang sehat dan kapalan.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar yakni melakukan pijatan halus pada telapak tangan menggunakan minyak kelapa. Melakukan hal ini juga dapat membantu merelaksasi kulit agar lebih sehat dan halus. Pijat perlahan telapak tangan menggunakan minyak kelapa selama 5 menit.

Jeruk nipis

Vitamin C yang terkandung pada jeruk nipis dapat membantu pembentukan kolagen yang berfungsi menjaga elastisitas kulit serta dapat membantu melembutkan kulit.

Maka dari itu, jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghaluskan telapak tangan yang kasar. Caranya yaitu gosok-gosokkan jeruk nipis pada telapak tangan selama 5 menit. Kemudian cuci menggunakan air dingin. Di pagi dan sore hari untuk mempercepat perawatan, lakukan rutin setiap hari.

2 dari 3 halaman

Cara Menghaluskan Telapak Tangan yang Kapalan

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa kamu manfaatkan sebagai cara mengahaluskan telapak tangan yang kapalan.

Kentang

Cara menghaluskan telapak tangan yang kapalan pertama yaitu dengan menggunakan kentang. Kentang memiliki antioksidan yang tinggi yang membantu mengangkat sel kulit mati dari kulit yang menyebabkan kulit menjadi, kusam dan kasar.

Caranya yaitu parut kentang secukupnya. Oleskan merata pada telapak tangan. Gunakan sebagai masker tangan tunggu hingga mengering lalu bilas menggunakan air hangat lakukan rutin secara berkala.

Minyak zaitun

Cara menghaluskan telapak tangan yang kapalan berikutnya yaitu dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung vitamin C, D dan anti oksidan. Kandungannya tersebut dapat membantu meremajakan kulit.

Kandungan vitamin E pada minyak zaitun dapat memberikan minyak alami yang dapat menjaga kelembaban kulit. Caranya yaitu pertama hangatkan minyak zaitun terlebih dahulu, lalu oleskan pada tangan. Lakukan metode ini 3 kali seminggu.

Teh

Teh juga bisa digunakan sebagai cara menghaluskan telapak tangan yang kapalan. Teh memiliki antioksidan yang tinggi yang yang dapat membantu meremajakan kulit, sehingga membuat kulit menjadi halus. Teh juga dapat membunuh bakteri yang dapat merusak kulit, serta dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Pertama-tama rendam telapak tangan menggunakan teh yang telah direbus, kurang lebih selama 10 menit kemudian lap hingga kering. Lakukan 3 kali dalam seminggu.

Madu

Madu memiliki kandungan vitamin, anti oksidan, dan potasium yang sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit. Kulit yang selalu lembab akan terhindar dari kerusakan dan kulit kasar. Maka dari itu madu sangat cocok digunakan sebagai cara menghaluskan telapak tangan. pijat perlahan telapak tangan menggunakan madu selama 5 menit lakukan secara berkala.

Daun pepaya

Cara menghaluskan telapak tangan terakhir yaitu dengan menggunakan daun pepaya. Di dalam daun pepaya terdapat kandungan vitamin A, C, Dan E yang dapat membantu mencerahkan dan menghaluskan kulit telapak tangan.

Cara menggunakannya, pilihlah daun pepaya yang masih muda, lalu gosokkan daun pepaya muda tersebut ke bagian lepak tangan. Diamkan selama 5 menit, lalu bersihkan dengan air bersih.

3 dari 3 halaman

Cara Menghaluskan Telapak Tangan dan Kaki

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sebagai cara menghaluskan telapak kaki yang kasar atau kapalan.

- Hindari menggunakan sepatu terlalu sempit dan gunakan skamul saat di rumah.

- Rendam kaki dalam air hangat yang telah dicampur potongan lemon, garam, dan minyak esensial untuk mengurangi kotorandi kaki dan melembutkan tumit yang kasar.

- Gosok telapak kaki dengan batu apung, dengan arah memutar. Gerakan ini berguna untuk menghaluskan kulit dan menghindari iritasi.

- Oleskan lotion khusus kulit kering/pecah-pecah untuk memberi kelembapan di sekitar kulit telapak kaki. Pilih lotion yang mengandung AHA atau oleskan petroleum jelly.

- Terakhir, kenakan kaus kaki untuk ‘mengunci’ lotion yang telah dioleskan dan mempertahankan kulit kaki agar tetap lembap.

 

(Ism, Laporan: Andrawira Diwiyoga/Sumber: brilio dan liputan6)

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie