Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

17 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Rambut dan Bibir yang Jarang Diketahui

17 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Rambut dan Bibir yang Jarang Diketahui Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah, Rambut, Dan Bibir. (Foto: Freepik)

Dream - Lidah buaya adalah salah satu dari 10 jenis tanaman paling potensial di dunia untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Tanaman asal Afrika ini bisa tumbuh subur di pekarangan atau pot di rumah. Manfaat lidah buaya memang sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat. Beberapa manfaat lidah buaya itu di antaranya untuk kesehatan, kecantikan, wajah, rambut, dan bibir.

Untuk mengambil manfaat lidah buaya ini, caranya sangat mudah yaitu dengan mengeluarkan gel yang ada pada lidah buaya.

Meski punya banyak khasiat, biasanya orang hanya mengenal manfaat lidah buaya untuk wajah dan rambut saja.

Memang manfaat lidah buaya untuk rambut sudah sangat terkenal. Lidah buaya mampu menyuburkan sekaligus menebalkan rambut.

Sementara manfaat masker lidah buaya untuk wajah bisa menghaluskan dan mencerahkan kulit secara menyeluruh.

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang memiliki bentuk seperti kaktus. Namun di balik daunnya yang lebar itu ada gel yang sangat berlendir.

Dalam lidah buaya terdapat berbagai kandungan seperti, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Selama ini manfaat lidah buaya sering dirasakan sudah dalam bentuk jadi, seperti shampoo, masker, atau sabun.

Sayangnya, produk perawatan dan kecantikan kulit yang mengandung lidah buaya itu sudah mengalami proses yang melibatkan bahan kimia.

Padahal, manfaat lidah buaya untuk wajah, rambut dan bibir lebih optimal jika Sahabat Dream memakainya secara langsung.

Pemakaian lidah buaya yang sudah diproses secara kimiawi tentu akan mengurangi khasiat atau manfaat lidah buaya itu sendiri.

Karenanya, jika ingin mendapatkan manfaat lidah buaya untuk wajah, rambut dan bibir secara maksimal, dianjurkan untuk memetik dan memakainya secara langsung pada kulit.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini manfaat lidah buaya untuk wajah, rambut dan bibir.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah

Lidah buaya sudah dipercaya sebagai obat herbal yang menyembuhkan sejak zaman kuno. Dari sekian khasiatnya, salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah adalah melawan penuaan dini.

Karena kaya akan vitamin C dan E serta beta karoten (kursor pra-kursor pada vitamin A), lidah buaya mungkin memiliki beberapa sifat anti-penuaan.

Namun manfaat lidah buaya tidak hanya terbatas pada melawan penuaan dini saja. Masih ada banyak manfaat lidah buaya untuk wajah yang lainnya.

1. Menghilangkan Bekas Jerawat

Salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah adalah menghilangkan bekas jerawat. Karena kemampuannya untuk mempercepat reproduksi sel kulit, melawan peradangan dan mengurangi kemerahan, lidah buaya merupakan obat yang alami untuk melawan jerawat dan stretch mark.

2. Mencegah Timbulnya Jerawat

Manfaat lidah buaya yang sangat dicari-cari adalah bisa mencegah timbulnya jerawat dan meredakan jerawat yang meradang. Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada wajah, diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Mengurangi Jerawat dan Infeksi

Perawatan Wajah Agar Terhindari dari Jerawat

Anti-mikroba yang terkandung pada lidah buaya bisa mengobati jerawat yang meradang. Lalu, sifat anti-bakteri, anti-septik dan anti-inflamasi lidah buaya mampu melindungi kulit dari bakteri dan patogen lainnya yang menyebabkan infeksi dan pembengkakan.

4. Menghilangkan Bekas Luka

Manfaat lidah buaya untuk wajah selanjutnya adalah menghilangkan bekas luka. Bekas luka yang berwarna cokelat sampai hitam memang tidak sedap dipandang.

Jangankan di wajah, di kaki saja rasanya risih. Untuk menghilangkan bekas luka secara alami, gunakan lidah buaya. Menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya mengandung anti-bakteri dan membantu proses regenerasi sel.

5. Mencerahkan Kulit

Cantik Maksimal Kulit Cerah Sebening Kristal

Banyak krim/obat pencerah kulit dijual bebas di toko/apotek. Tapi jika ingin mencerahkan kulit secara alami, cobalah meminum jus lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk mencerahkan kulit sudah diketahui secara umum.

6. Melembapkan Kulit

Salah satu manfaat lidah buaya adalah melembapkan kulit secara alami. Pelembap diperlukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

Orang dengan kulit kering wajib menggunakan pelembap untuk menghindari iritasi, gatal, perih, atau bahkan jerawat.

Gunakan gel lidah buaya ataupun pelembap dengan ekstrak lidah buaya setelah mencuci wajah. Kamu juga bisa gunakan spray wajah yang mengandung gel lidah buaya ketika wajah terasa kering.

7. Menghaluskan Permukaan Kulit

Manfaat lidah buaya adalah untuk menghaluskan permukaan kulit. Gel lidah buaya dapat membantu pengangkatan sel-sel kulit mati, untuk digantikan dengan sel-sel kulit baru yang sehat dan kuat.

8. Membantu Meredakan Radang dan Gatal

5 Tips Merawat Kulit Wajah Sensitif

Manfaat lidah buaya untuk wajah bisa membantu meredakan radang dan gatal. Di bagian dalam daun lidah buaya terkandung zat yang memiliki khasiat anti-radang dan anti-mikroba.

Khasiat ini berguna untuk meredakan keluhan pada kulit dengan masalah jerawat, dermatitis (eksim), iritasi setelah terpapar sinar matahari, hingga psoriasis.

Begitulah 8 manfaat lidah buaya untuk wajah yang sangat luar biasa. Kamu bisa mendapatkan manfaat lidah buaya ini di rumah. Namun, jika sebelum mencoba, kamu sebaiknya melakukan tes kecil pada kulit tangan yang diberi gel lidah buaya.

Kalau kulit tidak menunjukkan reaksi apapun, kamu bisa meneruskan penggunaan lidah buaya. Tetapi jika terjadi reaksi alergi, sebaiknya hentikan menggunakan lidah buaya.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

 

Manfaat lidah buaya untuk rambut sudah dikenal sejak lama. Dengan berbagai kandungan yang dimilikinya, lidah buaya mampu menyuburkan dan mengkilapkan rambut serta menghilangkan ketombe.

Ini Rahasia Rambut Sehat Wanita Berhijab

Melihat banyaknya manfaat lidah buaya untuk rambut, orang-orang semakin bergairah untuk membudidayakan tanaman ini di rumah mereka.

1. Menutrisi Rambut

Selain enzim proteolitik, lidah buaya juga mengandung protein, vitamin, dan mineral yang tinggi sehingga dapat menutrisi kulit kepala. Perawatan rutin menggunakan lidah buaya, dapat membuat rambut terasa lebih kuat, lembut, dan berkilau.

2. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Enzim proteolitik pada lidah buaya bermanfaat menyembuhkan dan memperbaiki sel-sel yang rusak di kulit kepala. Hal ini juga dapat meningkatkan kesehatan folikel rambut serta membuat pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan cepat.

3. Mencegah dan Mengatasi Ketombe

Lidah buaya mengandung anti-jamur berfungsi mencegah dan mengatasi ketombe pada kulit kepala. Perawatan dengan lidah buaya ini membantu pengelupasan ketombe di kulit kepala.

4. Menenangkan Kulit Kepala

Ternyata Ini Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Berketombe

Sifat anti-insflamasi yang terkandung pada lidah buaya membantu menenangkan kulit kepala dari ritasi. Perawatan ini memberikan efek dingin dan relaksasi pada kulit kepala dan memicu rambut tumbuh lebih sehat.

5. Menghaluskan dan Melembutkan Rambut

Mengaplikasikan lidah buaya pada rambut dapat membuatnya lebih lembut dan halus. Dengan begitu, rambut semakin mudah diatur dan ditata sehingga penampilan lebih memukau.

6. Mencegah Rambut Rontok

Perawatan rambut dengan lidah buaya juga dapat meminimalisir rambut rontok. Hal ini tentu membuat rambut terlihat lebih tebal dan sehat. Tentunya kamu tidak boleh melewatkan salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut dan wajah ini.

Untuk mendapatkan semua manfaat lidah buaya untuk rambut tersebut, ada hal yang harus kamu lakukan.

- Buat masker dari gel lidah buaya
- Gunakan masker lidah buaya pada rambut
- Lakukan 2 hari sekali sebelum keramas

Manfaat Lidah Buaya Untuk Bibir

 

21 Cara Memerahkan Bibir secara Alami dan Cepat

Selain wajah dan rambut, manfaat lidah buaya juga untuk bibir. Ada beberapa manfaat lidah buaya untuk bibir, di antaranya:

1. Memerahkan Bibir

Lidah buaya bisa memerahkan bibir dengan menghilangkan warna gelap pada bibir. Dengan efek dingin yang menyegarkan, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pelembab bibir. Caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bibir, lalu diamkan selama 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

2. Melembabkan Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Lidah buaya mengandung polisakarida yang menurut penelitian yang terbit di "Journal of Chinese Integrative Medicine (2013) dapat meningkatkan produksi kolagen dan sel kulit baru serta memperlambat kerusakan sel. Karena itu, lidah buaya banyak diolah menjadi kandungan yang terdapat dalam produk lip balm atau pelembab bibir.

3. Pelembab Bibir Alami

Manfaat lidah buaya sebagai pelembab bibir alami

Kamu juga bisa menggunakan lidah buaya segar sebagai pelembab bibir alami. Peras gel lidah buaya dan oleskan tipis pada bibir tiga kali sehari, ini membantu membersihkan bibir dan melembabkannya.

Demkian tadi manfaat lidah buaya untuk bibir yang jarang diketahui. Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya, kamu hanya mengoleskan gel pada bibir. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa mengulangi proses secukupnya.

Sekali lagi, lakukan tes pada kulit terlebih dahulu sebelum mengoleskan gel lidah buaya pada bibir. Hal ini untuk mencegah jika terjadi reaksi alergi yang tidak diinginkan. Ingat, bibir adalah salah satu organ manusia yang bersifat sangat lembut dan sensitif.

Dirangkum dari berbagai sumber (ism)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Trik  Pertahankan Warna Rambut yang Dicat, Shining dan Awet Maksimal

Trik Pertahankan Warna Rambut yang Dicat, Shining dan Awet Maksimal

Rambut yang dicat dengan warna lebih terang daripada aslinya membutuhkan perawatan khusus. Cari tahu perawatan rambut berwarna agar warnanya tidak memudar.

Baca Selengkapnya
Wujudkan Rambut Hijab Sehat dan Kuat, Ini 4 Perawatan yang Bisa Dilakukan!

Wujudkan Rambut Hijab Sehat dan Kuat, Ini 4 Perawatan yang Bisa Dilakukan!

Begini cara mudah mewujudkan rambut hijab sehat dan kuat.

Baca Selengkapnya
5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

Perawatan kulit setelah berolahraga sedikit berbeda daripada biasanya. Jangan sampai salah pakai produk dan cari tahu cara tepat merawat kulit usai berolahraga.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh, Penurun Gula Darah Hingga Anti-kanker

Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh, Penurun Gula Darah Hingga Anti-kanker

Inilah beberapa manfaat minum air rebusan ketumbar bagi kesehatan tubuh.

Baca Selengkapnya
Cara Merawat Lubang Tindikan di Telinga Biar Tak Iritasi

Cara Merawat Lubang Tindikan di Telinga Biar Tak Iritasi

Jika tidak dirawat, tindikan bisa sebabkan iritasi atau rasa sakit. Cegah hal tersebut dengan beberapa perawatan kulit.

Baca Selengkapnya
Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Pisang merupakan buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya
Tips Ampuh untuk Memperpanjang Umur dan Meningkatkan Kesehatan

Tips Ampuh untuk Memperpanjang Umur dan Meningkatkan Kesehatan

Umur panjang dan badan bugar menjadi dambaan setiap orang. Ubah pola hidup agar mendapat umur yang panjang dan tubuh sehat.

Baca Selengkapnya
6 Tips Awet Kenyang Saat Puasa Selama Ramadan

6 Tips Awet Kenyang Saat Puasa Selama Ramadan

Ada loh beberapa tips awet kenyang saat puasa, rasa lapar dapat dikendalikan dan tubuh pun tetap berenergi selama puasa.

Baca Selengkapnya