9 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan, Bikin Penampilan Makin Sempurna

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Sabtu, 29 Januari 2022 07:01
9 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan, Bikin Penampilan Makin Sempurna
Lidah buaya sangat baik untuk merawat kulit, wajah, dan rambut.

Dream – Manfaat lidah buaya untuk kecantikan sangat banyak. Beberapa kosmetik maupun skincare yang menggunakan bahan berupa lidah buaya sudah tak terbilang jumlahnya. Baik itu dalam bentuk gel maupun krim, kini tengah populer sebagai pendukung kecantikan kaum perempuan.

Tanaman lidah buaya bisa sahabat Dream manfaatkan untuk merawat wajah, rambut, kulit, dan juga badan. Bahkan kamu bisa langsung memanfaatkan lidah buaya yang baru saja dipetik, kemudian menggunakan dagingnya yang berwarna putih serta berlendir untuk dilumurkan pada rambut. Hasilnya pun tidaklah mengecewakan. Tanaman ini bisa memperbaiki rambut yang bercabang, mengurangi rambut rontok, dan menghilangkan rasa gatal di kepala.

Seperti dikutip dari halodoc.com, menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Baylor College of Medicine menyatakan bahwa dalam lidah buaya terkandung antioksidan, enzim, vitamin A dan C, serta anti-inflamasi yang mampu mengobati luka bakar, jerawat, dan melembapkan kulit kering.

Tidak hanya itu saja, enzim yang ada dalam lidah buaya juga bisa membantu kulit untuk mengelupas secara alami. Sehingga nantinya kulit sahabat Dream bisa lebih halus.

Nah, bagi sahabat Dream yang penasaran apa saja manfaat lidah buaya untuk kecantikan, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui Brilio.net.

1 dari 3 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan© Freepik.com

Menghilangkan Bekas Jerawat

Keberadaan jerawat di wajah memang menjadi membuat sebagian besar orang merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Apalagi ketika harus keluar rumah dan bertemu dengan orang lain. Saat jerawat sudah mengecil pun, hal tersebut masih meninggalkan bekas yang berwarna kecokelatan.

Nah, solusi untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut adalah dengan menggunakan lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan ini bisa didapatkan dengan cara menyediakan satu sendok makan gel lidah buaya dan setengah sendok teh jus lemon.

Lalu letakkan di mangkuk dan aduk sampai rata. Kemudian oleskan ke wajah dan diamkan selama 20 – 30 menit dan bilas dengan air bersih.

Mengecilkan Pori-pori

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan lainnya adalah bisa mengecilkan pori-pori. Pori-pori yang terlihat besar memang membuat penampilan kurang sempurna. Untuk mengecilkan pori-pori tersebut, sahabat Dream bisa memanfaatkan lidah buaya. Bahkan lidah buaya ini juga bisa membuat wajahmu terasa segar dan tampak cerah.

Cara menggunakannya juga cukup simpel. Kamu hanya perlu menyediakan gel lidah buaya yang ada di tengah, lalu oleskan secara rata di kulit wajah. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air bersih.

Membersihkan Wajah

Kesehatan wajah penting untuk selalu dijaga. Salah satunya adalah dengan rutin membersihkan wajah. Nah, inilah manfaat lidah buaya untuk kecantikan yang bisa sahabat Dream gunakan untuk membersihkan wajah. Caranya adalah dengan mengambil gel lidah buaya lalu dioleskan ke wajah. Pijat secara lembut dan bilas dengan air bersih setelah beberapa menit.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan© Freepik.com

Melembapkan Kulit Kepala dan Rambut

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan juga bisa melembapkan kulit kepala dan rambut. Hal ini karena dalam lidah buaya terkandung vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Selain itu juga ada sifat antibakteri dan antijamur yang ampuh mengatasi ketombe.

Lalu keberadaan enzim gel yang ada pada lidah buaya juga membantu dalam membersihkan kulit kepala dan meregenerasi jaringan kulit pada area folikel rambut secara lebih cepat.

Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Bagi sahabat Dream yang memiliki keluhan rambut rontok, maka lidah buaya bisa menjadi solusi yang tepat. Hal ini karena dalam lidah buaya terdapat aloenin yang adalah zat kimia sebagai faktor utama untuk mendorong pertumbuhan rambut.

Bahkan hal ini pun sudah dilakukan penelitian yang membuktikan bahwa pada masalah rambut rontok, lidah buaya bisa meningkatkan kesehatan rambut serta mengurangi terjadinya kerusakan.

Memperbaiki Rambut Bercabang

Rambut adalah mahkota bagi para perempuan. Oleh karena itu, setiap perempuan penting sekali untuk selalu menjaga kesehatan rambut. Karena ada banyak sekali permasalahan yang bisa terjadi pada rambut, salah satunya adalah rambut bercabang.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, sahabat Dream bisa menggunakan lidah buaya. Hal ini karena lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati di kepala dan kemudian mendorong tumbuhnya rambut yang lebih sehat.

3 dari 3 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan© Freepik.com

Menurunkan Berat Badan

Siapa yang saat ini sedang berusaha untuk menurunkan berat badan? Ya, menurunkan berat badan tidak hanya untuk membuat penampilan semakin maksimal, tetapi juga baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat lidah buaya untuk kecantikan adalah bisa menurunkan berat badan.

Sahabat Dream bisa membuat jus lidah buaya untuk dikonsumsi. Jus inilah yang akan membantu proses detoksifikasi, meningkatkan proses metabolisme tubuh, menyehatkan pencernaan, dan menjaga agar tidak ada penimbunan lemak.

Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini menjadi salah satu masalah serius yang berhubungan dengan penampilan. Terjadinya penuaan dini ditandai dengan adanya kerutan halus di wajah. Untuk menghindari hal tersebut, sahabat Dream bisa memanfaatkan lidah buaya. Hal ini karena lidah buaya mampu mempercepat produksi kolagen dan membuat kulit terasa lebih kencang.

Mengurangi Stretch Mark

Stretch mark biasanya dialami oleh perempuan yang baru saja melahirkan. Keberadaan stretch mark ini memang menjadi masalah tersendiri bagi para perempuan akan penampilannya. Namun sahabat Dream tidak perlu khawatir. Salah satu manfaat lidah buaya untuk kecantikan adalah bisa mengurangi stretch mark.

Hal ini karena lidah buaya mengandung kolagen sintetis yang berperan penting dalam menyembuhkan luka. Selain itu, dalam gel lidah buaya terdapat kandungan berupa 96% air, vitamin A, B, C, dan E, asam salisilat, polisakarida, yang bisa merangsang pertumbuhan sel baru dan banyak enzim, mineral, serta asam amino.

Beri Komentar