Ada Burung Garuda di Desain Istana Kepresidenan IKN

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 24 Mei 2022 09:12
Ada Burung Garuda di Desain Istana Kepresidenan IKN
Istana Garuda bukan sekadar landmark sebuah kawasan saja melainkan lebih sebagai perwujudan pencapaian sinergi antara seni, sains, dan teknologi.

Dream - Perpindahan Ibu Kota Indonesia dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur yang telah disahkan DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) awal tahun lalu kini telah memasuki tahap penetapan desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui nama ibu kota baru yaitu Nusantara.

Melansir Kemenparekraf.go.id, desain burung garuda yang sedang mengepakkan sayap jadi simbol utama pada bagian Istana Kepresidenan Nusantara.

Desain karya Nyoman Nuarta yang telah disetujui Presiden Jokowi dengan nama Istana Garuda yang merupakan satu bagian dari Istana Kepresidenan Nusantara ini akan dibangun di atas lahan sesuai 55,7 Ha dengan luas tapak 334.200 meter persegi.

Dalam desainnya, Nuarta menjelaskan bahwa Istana Garuda yang dirancang sebagai 'sesosok rumah' ini bukan sekadar landmark sebuah kawasan saja melainkan lebih sebagai perwujudan pencapaian sinergi antara seni, sains, dan teknologi.

" Perpaduan ketiganya selalu mewarnai keberadaan bangunan-bangunan ikonik di seluruh dunia. Desain Istana Garuda akan benar-benar ditransformasikan dan diwujudkan dalam sebentuk pola arsitektur dengan mempertimbangkan aspek-aspek estetik, nilai guna, serta manfaat bagi kemajuan dunia pariwisata Tanah Air,” kata Nyoman.

Menurutnya lagi, burung Garuda juga berkaitan erat dengan Indonesia yang memiliki ragam perbedaan, segala silang pandang, keragaman adat istiadat dan perilaku, serta perbedaan kepercayaan dan agama.

1 dari 1 halaman

13 bangunan di Istana Kepresidenan

Selain itu, Garuda juga simbol persatuan dan bagian dari lambang negara kita, Bhineka Tunggal Ika.

Istana Kepresidenan akan dibangun di daerah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Rencananya, luas area bangunan hanya memakan 8%, sedangkan 92% sisanya akan ditata menjadi ruang terbuka hijau.

Desain Istana Negara, Ibu Kota Negara (IKN)© Dok. Nyoman Nuarta

Secara keseluruhan, Istana Kepresidenan akan terdiri dari beberapa bangunan, seperti:

1. Lapangan Upacara
2. Bangunan Istana
3. Bangunan Kantor Presiden
4. Bangunan Kantor Sekretariat Presiden
5. Bangunan Kantor Staf Khusus
6. Bangunan Paviliun Presiden
7. Bangunan Wisma Negara
8. Bangunan Mess Paspampres
9. Bangunan Masjid
10. Bangunan Museum/ Edukasi
11. Bangunan-bangunan Pendukung
12. Bangunan Check Point
13. Botanical Garden

“ Jika penggunaan ruang-ruang ini bisa dilakukan secara maksimal, maka Bangunan Kantor Presiden dengan arsitektur yang berasosiasi pada Garuda akan tumbuh menjadi ikon baru untuk seluruh kawasan yang tidak hanya menjadi tempat presiden berkantor dan beraktivitas sehari-hari, tapi menjadi magnet baru bagi dunia pariwisata Indonesia,” tutur Nuarta.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More