Cara Bertahan Hidup Saat Pesawat Alami Kecelakaan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 1 November 2018 10:19
Cara Bertahan Hidup Saat Pesawat Alami Kecelakaan
Seorang kapten pilot senior membagikan tipsnya.

Dream - Dunia penerbangan Indonesia tengah berduka setelah pesawat Lion Air JT-610 jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, pada Senin, 29 Oktober 2018.

Pesawat berjenis Boeing 737 Max 8 itu baru saja take off dari Bandara Soekarno Hatta menuju Pangkal Pinang.

Dalam waktu 13 menit setelah lepas landas, burung besi itu hilang kontak. Dalam dunia penerbangan, kecelakaan pesawat terbang sebenarnya sangat jarang terjadi. Seringkali kecelakaan pesawat terbang disebabkan oleh kesalahan pilot atau human error.

Sementara penyebab kecelakaan pesawat terbang berikutnya biasanya adalah tidak berfungsinya bagian kendali atau navigasi. Meski begitu, para penumpang diharapkan untuk cepat tanggap menghadapi situasi gawat ketika pesawat mengalami masalah.

Dave Inch, seorang kapten pilot yang biasa menerbangkan pesawat Boeing 787 milik American Airlines dan Air Canada, membagikan tips bagaimana bertahan hidup jika pesawat alami kecelakaan.

1. Keluarkan segala benda runcing dan tajam dari saku
Keluarkan dan buang semua benda tajam dari kantong, kendurkan sabuk pengaman. Jangan lupa lepaskan juga dasi, syal dan sepatu hak tinggi.

2. Lepas kaca mata jika memakainya
Lepas dan simpan kaca mata jika memakainya saat pesawat akan mendarat agar tidak terlempar. Anda bisa memakainya lagi ketika mencari jalan keluar nantinya.

3. Cari tahu pintu darurat
Ketahui letak pintu keluar pesawat, termasuk pintu darurat yang terdekat dengan Anda. Ini perlu dilakukan karena ada pintu pesawat yang tak bisa dibuka ketika mendarat di perairan

1 dari 2 halaman

Lakukan Juga Langkah Berikut

4. Hitung deretan kursi ke pintu keluar
Hitung deretan kursi hingga ke pintu keluar dan coba perhatikan letak handle. Ini agar Anda bisa membukanya dengan mudah jika kabin penuh dengan asap dan tak bisa melihat

5. Perhatikan demo keselamatan terbang pramugari
Dave juga mengingatkan para penumpang untuk selalu memperhatikan demo keselamatan terbang yang diperagakan pramugari sebelum pesawat lepas landas. Menurutnya jika para penumpang memiliki pemahaman yang sama, mereka secara otomatis akan bekerja sama untuk menyelamatkan semua orang

" Jangan sibuk mengambil foto atau merekam video dengan ponsel atau kamera Anda. Dengarkan dan perhatikan instruksi pramugari," ungkap Dave.

 

2 dari 2 halaman

Jangan Abaikan Dua Hal Ini

6. Tetap duduk di tempat saat pesawat mendarat
Jika pesawat tergelincir di landasan pacu namun tidak sampai menimbulkan kerusakan berarti, penumpang diharapkan tetap berada di tempat duduknya. Tetap di tempat duduk Anda sampai diperintahkan berdiri. Jangan membuka pintu atau jendela keluar tanpa instruksi langsung dari pramugari.

Jika muncul asap, ambillah sepotong kain yang sedikit basah untuk membantu bernapas. Usahakan tetap merunduk serendah mungkin jika ada asap saat evakuasi.

7. Saat pesawat mendarat di atas perairan
Jika pesawat mendarat di atas perairan, penumpang sebaiknya tidak mengembangkan pelampungnya sampai dia berada di pintu keluar pesawat. Kalau Anda mengembangkan pelampung dan kabin pesawat terisi air, Anda akan terjebak di langit-langit kabin dan tidak dapat berenang di bawah air untuk keluar.

" Jika terjadi, lepaskan pelampung agar bisa berenang dan usahakan berpegangan pada penumpang lainnya yang memakai pelampung begitu sudah keluar dari badan pesawat. Pelampung bisa menampung 2 orang," pungkas Dave.

Sumber: The Sun

Beri Komentar