Deretan Lokasi Side Event G20 di Indonesia, di Mana Saja, ya?

Reporter : Dwi Ratih
Sabtu, 9 April 2022 09:12
Deretan Lokasi Side Event G20 di Indonesia, di Mana Saja, ya?
Apakah ada destinasi favorit mu?

Dream - Sebagai tuan rumah perhelatan Presidensi Group of Twenty (G20) selama setahun penuh dari Desember 2021 hingga Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022, Indonesia juga siap menggelar side event.

Mengutip laman Kemenparekraf.go.id, penyelenggaraan side event G20 jadi salah satu langlah mempromosikan keragaman budaya dan pariwisata di Indonesia.

Pelaksanaan side event ini juga diharapkan jadi momen " Pulih bersama" dalam meningkatkan perekonomian masyarakat lokal, sejalan dengan tema G20 yaitu " Recover Together, Recover Stronger" .

Seperti diketahuhi, G20 merupakan forum kerja sama multilateral dari 19 negara dan satu kawasan ekonomi, Uni Eropa.

Negara-negara itu adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Ada beberapa kota yang akan jadi lokasi side event G20 di Indonesia. Pertama, Bali.

1 dari 4 halaman

Bali

Di Pulau Dewata ini, akan ada dua side event G20 yaitu Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) Conference (21-24 Juni 2022) yang mengusung tema Unlocking Social Investment Opportunities in Indonesia and Beyond Proposed Engagement for 2022: The Asian Decade.

Dan kedua, World Conference On Creative Economy (WCCE) 2022 yang dihelat pada 1-7 Oktober 2022.

World Conference On Creative Economy di Bali mengangkat tema Inclusively Creative: A Global Recovery yang bertujuan untuk menguatkan geliat isu ekonomi kreatif guna memulihkan ekonomi global.

2 dari 4 halaman

Labuan Bajo

Selanjutnya ada Labuan Bajo yang jadi lokasi side event G20.

Memilih Creative Hub Puncak Waringin, Kabupaten Manggarai Barat sebagai lokasi tempat acara karena Puncak Waringin menjadi simbol pusat kolaborasi dan bertukar informasi bagi para pelaku ekonomi kreatif sekaligus menciptakan multiplier effect untuk membangun ekosistem kreatif.

Diharapkan Puncak Waringin menjadi leading sector, meningkatkan perekonomian, sekaligus membuka lapangan kerja.

Selain itu, Labuan Bajo juga akan mengadakan festival dalam rangkaian side event G20 seperti Flores the Singing Island, Flores Writers Festival, serta Ideathon #RinduLabuanBajo.

Menariknya lagi, Labuan Bajo menawarkan side event G20 non substantif berupa paket tur.

Nantinya, setiap paket tur dilengkapi dengan berbagai aktivitas menarik, seperti sailing, snorkeling, melihat komodo, berenang, hingga mengunjungi desa wisata maupun pantai.

3 dari 4 halaman

Jakarta

Sebagai Ibu Kota, Jakarta turut ditunjuk sebagai lokasi digelarnya side event G20 bersifat substantif untuk Kelompok Finance.

Sederet side event G20 yang berlangsung di Jakarta antara lain Pekan FIntech Nasional (PKN) pada April 2022 ini, Karya Kreatif Indonesia (KKI) pada Mei 2022 dan International Sharia Economic Festival (ISEF) yang direncanakan pada November 2022.

4 dari 4 halaman

Solo dan lainnya

Kegiatan side event G20 di Solo adalah International Wellness Tourism Conference Festival (IWTCF) yang mengangkat tema Recover and Stronger with Wellness.

Tujuan dilaksanakan International Wellness Tourism Conference Festival (IWTCF) pada side event G20 adalah memajukan kerjasama serta kolaborasi dalam memulihkan pariwisata dan kesehatan berkelanjutan.

Salah satu caran yang dapat dilakukan adalah menciptakan perjalanan berkualitas dan menerapkan gaya hidup sehat.

Tak cuma empat kota yang disebutkan di atas, Kemenparekraf juga menyebutkan ada beberapa daerah seperti Danau Toba, Kawasan Borobudur (Magelang), Mandalika, Likupang, Bintan, Batu, Surabaya, Bogor, Makassar, Palembang, Belitung, Banjarmasin, Sorong, dan Pontianak yang bakal jadi lokasi side event G20 di Indonesia.

Sumber: Kemeparekraf.go.id

Beri Komentar