Liburan Penuh Petualangan di Filipina dengan Beragam Kuliner Halal dan Destinasi Wisata Alam yang Bikin Betah

Reporter : Gloria
Kamis, 12 Januari 2023 13:15
Liburan Penuh Petualangan di Filipina dengan Beragam Kuliner Halal dan Destinasi Wisata Alam yang Bikin Betah
Salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang cocok untuk dikunjungi adalah CALABARZON, Filipina.

Berlibur di wilayah Asia Tenggara memang akan menyajikan pemandangan alam yang memanjakan mata. Salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang cocok untuk dikunjungi adalah CALABARZON, Filipina. CALABARZON merupakan wilayah region yang terdiri dari CAVITE, LAGUNA, BATANGAS, RIZAL, dan QUEZON. 

Usai Pandemi, Philippines Departments of Tourism (PDOT) terus berupaya mencanangkan strategi menghadapi era New Normal dengan mempromosikan Calabarzons sebagai destinasi wisata yang aman dan menyenangkan.

CALABARZON adalah wilayah Luzon barat daya, yang merupakan salah satu pulau utama di Filipina. Tidak jauh dari hamparan METRO MANILA. Tempat ini menyediakan berbagai tempat wisata, mulai dari kota warisan hingga resor pantai yang mewah.

Di CALABARZON, kamu dapat merasakan sensasi liburan dengan petualangan alam yang menyenangkan dan sambutan hangat dari keramahtamahan warga sekitar yang akan menyempurnakan pengalaman liburanmu. Mulai dari rekreasi air seperti diving dan snorkeling, dengan keindahan biota bawah lautnya atau hiking di pegunungan megah CALABARZON yang menawarkan peninggalan bersejarah kota warisan dunia.

Liburan Penuh Petualangan di BATANGAS

Liburan Penuh Petualangan di Filipina dengan Beragam Kuliner Halal dan Destinasi Wisata Alam yang Bi© Shutterstock

Sebagian besar pengunjung biasanya bertandang ke Provinsi BATANGAS yang terkenal dengan situs menyelam kelas dunia dengan keindahan biota bawah laut serta pemandangan gunung berapi terkecil di dunia, Taal.

Di BATANGAS, kamu juga bisa menjumpai keindahan rumah pantai yang berjejer sepanjang pasir putihnya yang bikin betah memandang. Tak cuma keindahan laut, kamu pun dapat menikmati petualangan liburan dengan olahraga hiking atau mendaki di gunung Pico de Loro dan gunung Batulao untuk melihat panorama BATANGAS dari ketinggian 2,257 dan 2,661 kaki di atas permukaan air laut.

Ingin menjajal aktivitas liburan yang anti mainstream, kamu dapat berkunjung ke peternakan lebah Milea Bee Farm. Milea Bee Farm menjadi salah satu top wisata pertanian terbaik di Filipina. Tak cuma melihat dan mencicipi manisnya madu, kamu akan diajari langsung sang pemilik mengenai proses peternakan hingga cara memanen. 

Mata Air Panas LAGUNA

Liburan Penuh Petualangan di Filipina dengan Beragam Kuliner Halal dan Destinasi Wisata Alam yang Bi© Shutterstock

Setelah menghabiskan minggu yang melelahkan, kamu bisa berlibur sekaligus relaksasi di tempat yang yang menenangkan pikiran dan tubuh yang pegal-pegal. Nah, berkunjunglah ke Provinsi LAGUNA yang populer dengan mata air panas dengan resor mewah plus pemandangan alam yang tak kalah indah.

Terdapat lebih dari 9 resor mata air panas yang bisa jadikan sebagai tempat healing-mu. Berendamlah di mata air panas LAGUNA ini dan nikmati akhir pekan dan meremajakan diri.

Selain itu, kamu juga dapat berwisata sejarah dengan mengintip peninggalan era spanyol di kota CIUDAD ALTA dan CIUDAD BAJA yang telah dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Dua kota ini berisi beberapa monumen keagamaan terpenting di pulau itu seperti katedral. Juga, banyak rumah megah yang berasal dari abad ke-17 dan ke-18 yang membuat sejarah peninggalan Spanyol makin kental.

Wisata Religi dan Agrikultur QUEZON

Liburan Penuh Petualangan di Filipina dengan Beragam Kuliner Halal dan Destinasi Wisata Alam yang Bi© Shutterstock

Ingin berwisata tropis dan menikmati sejuknya resor kelapa, kamu bisa mengunjungi Pulau Borawan dan Cagbalete di Provinsi QUEZON. Di provinsi ini, wisatawan pun dapat berkunjung ke berbagai monumen keagamaan, wisata agrikultur seperti perkebunan dan juga pertanian desa.

Di provinsi ini, kamu juga akan disuguhkan warna-warni rumah warga lokal yang dihiasi dekorasi yang meriah untuk memanjakan para turis. Jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner khas Timur Tengah di restoran QUEZON yang pastinya mampu menggoyang lidah. Mulai dari kari, kebab, burritos, dan berbagai jenis hidangan halal lainnya. 

Menu-menu di sini pun pastinya aman untuk disantap, karena menggunakan bahan-bahan yang halal seperti daging sapi ataupun ayam. Tak ketinggalan, kamu pun akan disambut dengan keramahan warga sekitar, lho.

Wisata Bersejarah di CAVITE

Liburan Penuh Petualangan di Filipina dengan Beragam Kuliner Halal dan Destinasi Wisata Alam yang Bi© Shutterstock

Berkunjung ke wisata sejarah, CALABARZON punya Provinsi CAVITE dengan Pulau Corregidor yang menyajikan sisa peninggalan peristiwa Perang Pasifik. Kamu akan memulai perjalanan mu dari kota liburan populer TAGAYTAY untuk menikmati keindahan pantainya. Kamu pun bisa merencanakan petualangan mendaki di pulau ini.

Jangan lewatkan juga Kota DASMARINAS-nya yang sangat populer dengan Jalan Daño yang indah dan taman kota Promenade Des Dasmariñas yang Instagramable untuk diabadikan sebagai kenangan liburanmu di Filipina.

Menjelajahi Kesejukan Alam RIZAL

Liburan Penuh Petualangan di Filipina dengan Beragam Kuliner Halal dan Destinasi Wisata Alam yang Bi© Shutterstock

Terkenal dengan komunitas seniman dan festival rakyatnya, RIZAL juga menawarkan beragam atraksi alam dan buatan mulai dari menjelajahi keindahan gua kawasan konservasi Masungi Georeserve dan sungai Tinipak, hingga situs ziarah Antipolo.

Kamu bisa menjajal serunya arum jeram di sungai Tinipak atau berenang di gua yang memiliki air yang super jernih dan menyegarkan.

Menutup liburanmu yang indah, kamu wajib nih berkunjung ke Gunung Daraitan dengan pemandangan matahari terbenam yang bikin betah.

Tentunya, ini akan menjadi liburanmu yang tak cuma disuguhkan keindahan alam tapi juga menyegarkan dan menyehatkan badan dengan berbagai aktivitas liburan yang penuh petualangan.

Berburu Kuliner Halal di Filipina

Liburan Penuh Petualangan di Filipina dengan Beragam Kuliner Halal dan Destinasi Wisata Alam yang Bi© ‘Bismillah Before Eating’ by Philippines Department of Tourism

Berwisata lekat dengan kulineran, tak lengkap rasanya apabila mengunjungi suatu tempat jika tak mencicipi makanan khasnya. Nah, muslim traveler tak perlu bingung menjelajahi tiap sudut restoran di Filipina, sebab Philippines Departments of Tourism (PDOT) telah mendorong setiap restoran di masing-masing daerah untuk ramah dengan pelancong muslim.

Rupanya, hal ini merupakan bagian dari tujuan PDOT dalam menyediakan makanan unik di Filipina dalam program “Halal Culinary Heritage Series” khususnya di MINDANAO, mengingat Islam menjadi agama yang paling banyak dianut oleh sebagian besar penduduk DAERAH OTONOMI BANGSAMORO di MUSLIM MINDANAO. Program ini juga merupakan proyek PDOT dengan Kawasan Pertumbuhan ASEAN Timur Brunei Darussalam–Indonesia–Malaysia–Filipina (BIMP-EAGA) untuk memperkenalkan warisan MINDANAO. 

Kekayaan ragam kuliner halal di Filipina juga tertuang dalam buku berjudul “Bismillah Before Eating” dari PDOT yang menyoroti warisan kuliner berbeda-beda dari lima wilayah Mindanao

Peta Makanan Halal di Filipina 

Liburan Penuh Petualangan di Filipina dengan Beragam Kuliner Halal dan Destinasi Wisata Alam yang Bi© ‘Bismillah Before Eating’ by Philippines Department of Tourism

Makanan halal tersebar sepanjang daerah di Filipina. Berikut adalah beberapa daerah dan jenis masakan halal yang bisa kamu kunjungi dan cicipi.

  1. MANILA, di kota metropolitan satu ini, salah satu masakan halal yang wajib kamu coba adalah Bakas atau tuna asap bambu yang dimakan dengan kue beras yang disebut dengan Dodol. Kamu juga wajib memanjakan lidah dengan kuliner Tinolang Manok (ayam kaldu jahe dan sayuran), Halal Nilagang Baka (sop daging sapi dan sayuran), serta Sinigang na Baka (sop daging sapi gurih asam dengan sayuran).
  2. CARAGA, di daerah ini kamu akan disajikan dengan kuliner Guinamos (ikan fermentasi garam) dan juga buah-buahan yang siap menjadi pencuci mulut yang menyegarkan.

  3. CAGAYAN DE ORE, di tempat ini kamu wajib menjajal nikmatnya masakan fusion rendang daging sapi kari keringnya. Tak kalah lezat, ada Piaparan a Manok atau ayam dengan kuah santan dengan bumbu rempah kentalnya. Kamu juga bisa mencicipi hidangan penutup seperti kue lokal Tyatag, Lokatis, Apang a Margas, Browa, hingga Dodol.

  4. COTABATO, daerah ini terkenal dengan kuliner Sinina Kambing atau daging kambing yang direbus dengan bumbu dan disajikan dengan nasi kepiting.

  5. GENERAL SANTOS, kota yang populer dengan ikan tuna yang berlimpah ini akan menyajikanmu hidangan Buntot ng Tuna dengan saus kari yang otentik.

  6. ZAMBOANGA, khas dengan masakannya, Tiyula Itum yang terbuat dari daging sapi atau kambing dengan kuah yang mirip dengan rendang, terbuat dari saus kelapa sangrai berwarna hitam. Ingin ngopi-ngopi santai, daerah ini adalah tempatnya sembari menikmati gurihnya kuliner ikan utak utak dan piyasak atau hati sapi yang dimasak dengan santan. 

  7. DAVAO, di sini kamu juga perlu menjajal lezatnya kuliner Amik Kaagan, panganan manis yang akan semakin melengkapi perburuan kuliner halalmu.

Tempat Ibadah yang Megah dan Unik

Liburan Penuh Petualangan di Filipina dengan Beragam Kuliner Halal dan Destinasi Wisata Alam yang Bi© ‘Bismillah Before Eating’ by Philippines Department of Tourism

Kenyang berburu kuliner halalnya yang beragam, kamu juga tak perlu pusing menemukan masjid untuk menunaikan ibadah sholat. Masjid Dimaukom atau Masjid Pink merupakan tempat ibadah yang populer di MINDANAO yang kini dijadikan juga sebagai tempat wisata religi.

Masjid satu ini menjadi salah satu tempat ibadah juga wisata yang paling banyak dikunjungi karena memiliki bangunan yang unik dan berwarna pink yang melambangkan perdamaian, cinta, juga persaudaraan antar umat beragama.

Terdapat tiga masjid besar lainnya yang bisa kamu temukan di Filipina yang bisa kamu kunjungi, seperti Masjid Al-Dahab The Golden Mosque di MANILA, Masjid Sultan Haji Hassanal Bolkiah di Kota COTABATO, serta Masjid Taluksangay di ZAMBOANGA. 

Nah, setelah melihat berbagai spot wisata alam Filipina yang juara, kuliner halal dengan cita rasa lokal, serta tempat ibadah megah nan unik yang mudah ditemui. Sudah siap berpetualang di Filipina? Yuk, mulai siapin pre-travel to do list dengan menjadikan Filipina sebagai destinasi liburanmu selanjutnya!

 

 

Beri Komentar