Mengenal Pulau Pheasant, Wilayah yang Berganti Negara 6 Bulan Sekali

Reporter : Okti Nur Alifia
Rabu, 23 November 2022 06:13
Mengenal Pulau Pheasant, Wilayah yang Berganti Negara 6 Bulan Sekali
Pulau ini menjadi unik karena akan berganti status kepemilikan negara setiap enam bulan sekali.

Dream - Pernahkah kamu mendengar pulau Pheasant, wilayah kecil yang terletak di perbatasan Spanyol dan Prancis? Pulau ini menjadi unik karena akan berganti status kepemilikan antara kedua negara setiap enam bulan sekali. Pergantian itu terus berlangsung selama lebih dari 350 tahun.

Pulau Pheasant lebih tepatnya terletak di Hendaye, sebuah kota di sebelah barat daya Prancis, di tepi kanan sungai Bidasoa, yang menandai perbatasan dengan Irun, Spanyol. 

Dalam sejarahnya, ratusan tahun yang lalu saat Perang Tiga Puluh Tahun antara Spanyol dan Prancis akhirnya berakhir, kedua negara mengirim beberapa pejabat terpenting mereka ke pulau itu untuk berunding dengan pasukan masing-masing berkumpul di kedua sisi Bidasoa.

1 dari 3 halaman

Dikutip dari Oddity Central, setelah 11 tahun dan 24 KTT, sebuah kesepakatan tercapai, pulau Pheasant menjadi kondominium terkecil di dunia, di bawah kedaulatan bersama kedua negara.

Ketika Prancis dan Spanyol memutuskan untuk mengakhiri perang panjang mereka, pulau Pheasant menjadi metafora untuk perdamaian jangka panjang. Tercatat Raja Prancis Louis XIV menikahi putri Raja Philip IV dari Spanyol, Maria Theresa, di pulau kecil itu. 

Sebuah monumen untuk memperingati perjanjian bersejarah pun dibangun di tengahnya. Dan yang paling penting, diputuskan bahwa, sejak saat itu kedua negara akan memiliki hak asuh bersama atas wilayah tersebut selama enam bulan dalam setahun.

2 dari 3 halaman

Sejak tahun 1660, ketika perjanjian penting itu dibuat, pulau Pheasant telah menjadi milik Spanyol dari 1 Februari hingga 31 Juli setiap tahun, dan menjadi milik Prancis selama setengah tahun lainnya. 

pulau pheasant© Zarateman/Wikimedia Commons

Pengunjung hanya diperbolehkan ke pulau hanya pada kesempatan langka, seperti upacara serah terima dua tahunan, atau tur warisan langka.

3 dari 3 halaman

Pegawai pemerintah kotamadya Irun, di Spanyol, dan Hendaye, di Prancis, akan pergi ke pulau Pheasant setiap enam bulan untuk pekerjaan pembersihan dan berkebun.

Komando Angkatan Laut Spanyol dan Prancis bertanggung jawab untuk memantau Pulau Pheasant, jadi selama enam bulan kepemilikan tahunan mereka, kru akan mendarat di sana setiap lima hari.

Laporan: Rena Safira

Beri Komentar