Mural Kolaborasi Seniman Wales & Qatar di Piala Dunia 2022

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 1 Desember 2022 08:12
Mural Kolaborasi Seniman Wales & Qatar di Piala Dunia 2022
"Karya tersebut mewakili identitas nasional," kata muralis tersebut.

Dream - Dua seniman jalanan Wales membuat mural setinggi 13 meter di Desa Budaya Katara Karya tersebut hasil kerja sama dengan seniman Qatar dengan tujuan melibatkan komunitas yang beragam dan mengeksplorasi nilai dan budaya satu sama lain.

Menteri Perekonomian Wales, Vaughan Gething, mengunjungi seni dinding besar sebagai bagian dari kunjungan ke Qatar jelang pertandingan Wales VS Inggris pada Selasa, 29 November 2022 kemarin di Stadion Ahmad Bin Ali.

Seniman jalanan Wales, Bryce Davies alias Peaceful Progress dan Hannah McGree bekerja dengan seniman Qatar Muna AlBader menciptakan seni mural dinding yang memadukan gambar bunga dari masing-masing negara dengan paduan warna kuning semarak bunga daffodil Welsh dan warna ungu bunga Qatar.

" Piala Dunia telah memberikan kesempatan unik tidak hanya untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Wales adalah bangsa yang berbeda di Inggris, tetapi untuk memproyeksikan nilai-nilai komunitas dan inklusivitas kami,” kata Gething.

Mural tersebut, lanjut Gething, adalah contoh kreativitas dan kolaborasi yang merupakan bagian dari program Wales untuk melibatkan dan memahami budaya lain.

1 dari 5 halaman

Diketahui, Bryce Davies tumbuh di Cardiff dan telah melukis mural aerosol selama 20 tahun.

" Saya merancang mural agar sesuai dengan lingkungan alam Katara dengan dua simbol yang langsung dapat dikenali dari kedua negara digabungkan dengan cara yang belum pernah terlihat sebelumnya," tuturnya.

Mural Kolaborasi Seniman Wales dan Qatar© Thepeninsulaqatar.com

Foto: Thepeninsulaqatar.com

" Karya tersebut mewakili identitas nasional, kesempatan bagi olahraga untuk berbuat baik, dan tentu saja, sepak bola,” tambah Davies menjelaskan.

Mural dibuat sebagai bagian dari Festival Inggris tahunan ke-7 di Qatar yang akan mengeksplorasi tema 'Olahraga untuk Kebaikan'.

Kedua mural tersebut diluncurkan sebagai bagian dari acara bersama British Council, Welsh Government, Street Child United, dan Education Above All.

(Sumber: Thepeninsulaqatar, Laporan: Rena Safira)

2 dari 5 halaman

5 Rekomendasi Spot Instagramable di Qatar yang Bisa Bikin Feed IG Curi Perhatian

Dream - Qatar saat ini tengah menjadi pusat perhatian dunia, khususnya untuk para penggemar sepakbola. Untuk pertama kalinya, ajang kompetisi bergengsi Piala Dunia digelar di kawasan Timur Tengah.

Kesempatan ini membuat Qatar ramai dikunjungi sejumlah turis dari berbagai negara, terutama fans dari Timnas yang mengikuti Piala Dunia 2022. Sebagai negara transit, Doga sebagai ibu kota Qatar menjadi incaran destinasi liburan para traveler di seluruh dunia.

Sungai-Sungai di Indonesia yang Wajib Kamu Jelajahi

Bernuana khas negara arab, Qatar memiliki ragam wisata yang dapat menambah pengalaman perjalanan. Kunjungan ke Qatar tentu tak ingin dilewatkan untuk mengabadikan momen dengan latar wisata yang indah agar koleksi foto di media sosial makin beragam.

Negara yang didirikan Syekh Jassim bin Mohammed Al Thani memiliki banyak tempat untuk dikunjungi. Pemandangan yang sempurna seperti keindahan arsitektur, seni publik, dan bentangan alam yang banyak ditemukan di negara teluk merupakan destinasi impian para fotografer.

Namun bukan itu saja kekayaan yang dimiliki Qatar lho Sahabat Dream. Meski saat ini mungkin baru bisa melihatnya dari layar televisi, yuk cari tahu beberapa tempat indah dan Instagramable yang sayang banget kamu lewatkan jika berkesempatan datang ke Qatar.

3 dari 5 halaman

QF Ceremonial Court

Terletak di pusat Kota Pendidikan, lapangan upacara ini memiliki pencahayaan sangat bagus dan tiada duanya. Struktur geometris putih berpadu sempurna dengan lingkungan biru air dan langit biru muda.

Dirancang arsitek Jepang pemenang penghargaan Pritzker, Arata Isozaki, lokasinya berada di pinggir jalan saat kamu memasuki Kota Pendidikan, jadi pastikan untuk berkunjung dan menikmati sesi pemotretan.

5 Destinasi Wisata Kamboja yang Bikin Jatuh Cinta

Masjid Katara

Jika kamu suka dengan tampilan yang lebih tradisional, maka kamu bisa berkunjung ke Masjid Katara. Bangunan ini merupakan salah satu bangunan paling menakjubkan di Qatar dan memiliki mosaik pirus berwarna ungu yang indah untuk berfoto.

Ilustrasi© Shutterstock

4 dari 5 halaman

Smoke by Tony Smith

Terletak di Pusat Pameran dan Konvensi Doha, 'Smoke' Tony Smith adalah instalasi seni yang kuat yang dirancang pada 1967 oleh visioner Amerika.

Kamu bisa melintasi jalanan dan bersantai di bawah patung untuk merasakan keindahan di setiap sudutnya yang kuat di mana kamu juga bisa melihat cakrawala Doha yang terkenal melalui desain geometrisnya.

Masuk ke 'Gerbang Surga', Alternatif Wisata Indonesia Timur yang Tak Kalah dari Raja Ampat

JW Marriott Marquis Rooftop

Kamu bisa berkunjung ke atap JW Marriot Marquis City Center untuk mendapatkan foto paling menakjubkan untuk pemandangan 'puncak dunia' yang sesungguhnya.

Ilustrasi© Shutterstock

Di sana kamu bisa melihat 360 derajat pemandangan kota, termasuk cakrawalanya. Lebih bagus lagi kamu berkunjung saat matahari terbenam untuk mendapatkan pemandangan yang sangat nyata dari atas dengan ketinggian 20 lantai.

5 dari 5 halaman

Mathaf: Museum Seni Modern Arab

Museum ini memiliki bangunan dengan estetika yang unik dan didirikan pada 2010, Mathaf memperlihatkan sudut pandang Arab pada seni modern.

Dari tahun 1840-an hingga sekarang, koleksi museum ini mencakup lebih dari 9.000 karya yang dibuat pelukis Arab terkemuka.

Tips Liburan Keluarga Agar Orangtua Senang Anak Nyaman

Jangan lupa juga untuk berfoto di satu tempat khusus, yaitu pameran lantai kaca pecah yang pasti akan membuat kamu takjub dan foto dengan latar belakang yang tidak biasa untuk feed Instagram.

(Sumber: Dohanews.co, Laporan: Rena Safira)

Beri Komentar