Masuk ke 'Gerbang Surga', Alternatif Wisata Indonesia Timur yang Tak Kalah dari Raja Ampat

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 29 November 2022 06:13
Masuk ke 'Gerbang Surga', Alternatif Wisata Indonesia Timur yang Tak Kalah dari Raja Ampat
Sandiaga Uno tak ragu menyempatkan waktunya untuk berenang dan mengayuh perahu kayak di sekitar Gugusan Pulau Tawale.

Dream - Ikon wisata di Indonesia timur tidak hanya Raja Ampat dan Wakatobi. Di Pulau Tawale, Halmahera Selatan, Maluku Utara, ada surga tersembunyi yang tak kalah indah dengan dua ikon wisata tersebut.

Saking indahnya, pulau tersebut mendapat julukan gate of heaven. Gerbang surga. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, bahkan kepincut dengan kecantikan Pulau Tawale. Dia pun sangat antusias mengunjungi wisata alam di Kabupaten Halmahera Selatan itu.

Saat berkunjung pada Sabtu, 26 November 2022, Sandiaga Uno tak ragu menyempatkan waktunya untuk berenang dan mengayuh perahu kayak di sekitar Gugusan Pulau Tawale.

Sandiaga Uni benar-benar kepincut dengan destinasi yang juga disebut dengan Raja Ampat Baru tersebut.

1 dari 5 halaman

Banyak wisata yang harus dieksplorasi

Mengeksplorasi gugusan Pulau Tawale yang memiliki aneka ragam biota laut jadi pengalaman yang sangat membekas dan berharga bagi Sandiaga. Ia juga mengatakan, Pulau Tawale sangat mengesankan karena menyuguhkan hamparan hutan hijau serta air laut berwarna biru nan jernih.

" Ini adalah pengalaman yang tidak terlupakan. (gugusan Pulau Tawale) luar biasa indahnya, itu betul-betul ‘gate of heaven’. Apalagi, Halmahera Selatan ini merupakan salah satu spot diving terbaik di dunia," kata Sandiaga.

Pulau Tawale© Shutterstock

Halmahera Selatan tidak hanya memiliki Gugusan Pulau Tawale yang menjadi destinasi wisata bawah lautnya.

Tetapi masih banyak lagi destinasi wisata bawah laut di Halmahera Selatan yang bisa dieksplorasi dan dikembangkan sehingga bisa membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja di Maluku Utara, khususnya di Halmahera Selatan.

" Saya melihat selain ekonomi berbasis sumber daya alam yang menjadi tulang punggung sekarang, kita juga harus kembangkan ekonomi berbasis pariwisata dan ekonomi kreatif. Agar pergerakan ekonomi di Halmahera Selatan semakin meningkat dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja," jelas Sandiaga.

2 dari 5 halaman

Indonesia kaya biota laut

Sandiaga Uno© Kemenparekraf.go.id

Sandiaga menambahkan bahwa keindahan Maluku Utara mengingatkan Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan alam beraneka ragam, terutama kekayaan biota lautnya.

Terutama di kawasan Indonesia Timur yang ternyata masih banyak daerah-daerah lain yang punya potensi wisata bawah laut yang indah dan kaya, contohnya di Provinsi Maluku Utara.

Menurut Sandiaga, Maluku Utara tidak hanya dianugerahi dengan pemandangan permukaan laut yang indah dihiasi dengan gugusan kepulauan dan gunung, namun juga dilengkapi dengan keindahan bawah laut yang mempesona yang bisa dijadikan daya tarik wisata unggulan.

Sumber: Kemenparekraf.go.id, Laporan: Rena Safira

3 dari 5 halaman

Ide Seru Liburan agar Badan Makin Sehat

Dream - Liburan menjadi momen yang ditunggua-tunggu banyak orang yang sudah penat bekerja. Liburan bisa membuat syaraf lebih rileks dan pikiran menjadi segar kebali.

Tidak perlu ke luar negeri, sebab Indonesia sangat kaya destinasi wisata yang indah. Mau ke pantai, hutan dan gunung, air terjun, danau, atau staycation di pusat kota, semua tersedia.

Tempat Liburan Terbaik untuk Gen Z di 2023, Ada yang Masuk List Kamu?

Kita tinggal menyesuaikan waktu, isi dompet, serta tujuan kita berlibur. Misalnya, jika ingin badan semakin sehat ketika berlibur, bisa mengunjungi tempat yang memungkinkan banyak bergerak. 

Berikut ini, ada beberapa rekomendasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat ingin berlibur sehat:

Jalan pagi di kawasan Air Terjun Sipiso Piso, Danau Toba, Sumatera Utara

Saat berada di Danau Toba di Sumatera Utara, kamu bisa merencanakan perjalanan di pagi hari ke kawasan Air Terjun Sipiso Piso yang berlokasi di bagian utara danau. Air terjun yang memiliki ketinggian 120 meter, termasuk salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Mau Coba Solo Traveling? Ini Persiapan yang Harus Diperhatikan

Air terjun ini terbentuk dari sungai bawah tanah di Dataran Tinggi Karo yang mengalir melalui sebuah gua di sisi kawah Danau Toba. Destinasi satu ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai tantangan. Karena, ada sekitar 500 anak tangga dari bukit yang curam yang harus dituruni buat menikmati kawasan air terjun.

Tetapi enggak perlu khawatir, selain aktivitas ini bikin kamu sehat, perjuangan kamu akan dibalas dengan pemandangan air terjun yang segar dan menakjubkan.

4 dari 5 halaman

Yoga di tengah Bukit Dagi, Borobudur

Kawasan sekitar Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, adalah pilihan sempurna kalau kamu ingin menghabiskan liburan yang sehat dan menyenangkan, khusunya untuk kamu yang punya hobi yoga. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Surga Tersembunyi di Bali, Ini Rekomendasi Air Terjun yang Harus Kamu Kunjungi

Kamu bisa yoga dengan suasana damai sambil menghirup udara segar, di Bukit Dagi yang berlokasi di barat laut Borobudur. Bukit Dagi adalah spot terbaik buat Sahabat Dream melakukan yoga sambil ditemani semilir angin dan suasana alam yang menenangkan.

Di sini kamu juga bisa berjalan santai, sambil menikmati kawasan bukit yang indah. 

5 dari 5 halaman

Mencoba sensasi menyelam di Gangga Island Resort & Spa, Likupang

Keindahan wisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, enggak perlu diragukan lagi. Di kawasan wisata ini, kamu bisa merasakan paket akomodasi mewah lengkap yang diiringi dengan petualangan menyelam di Gangga Island Resort & Spa. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Totalitas Qatar Sang Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Sediakan Hotel Kontainer dengan Fasilitas Super Lengkap

Tak hanya mencoba aktivitas menyelam, kamu juga bisa menikmati pemandangan pantai pasir putih sambil berjogging, dan kolam air asin berukuran besar, spa tradisional, dan layanan berkualitas tinggi lainnya di Gangga Island Resort.

Memanjakan Diri di Flores Spa, Labuan Bajo

Kesehatan yang baik adalah kesehatan yang meliputi kesejahteraan fisik dan juga stabilitas mental. Keduanya hal tersebut bisa Sahabat Dream dapatkan saat berlibur ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur dan berkunjung ke Flores Spa buat memanjakan diri dan meremajakan pikiran. 

Kamu akan menemukan berbagai layanan pijat dan terapi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba layanan lain seperti facial, lulur, dan ear candling.

Sumber: Wonderful Indonesia

Beri Komentar