Selain Trio Gili, Ada Surga Lain di Lombok Barat yang Wajib Dikunjungi

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 18 November 2022 15:13
Selain Trio Gili, Ada Surga Lain di Lombok Barat yang Wajib Dikunjungi
Keindahan alam yang ditawarkan gugusan gili ini pun bakal bikin kamu nggak cepat pulang.

Dream - Untuk kamu yang suka dengan keindahan bahari dan melihat senja, pasti betah berlama-lama menghabiskan waktu di pulau-pulau kecil, seperti di Desa Sekotong Barat, Lombok Barat, yang dikelilingi laut di tiga sisi.

Melangkah sedikit ke tengah laut, kamu bisa melihat keindahan warna-warni terumbu karang dan banyak jenis ikan-ikan yang akan menemanimu sambil menunggu senja.

Di kalangan para pejalan, barangkali trio gili paling tenar di Lombok adalah Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Tapi Lombok masih menyimpan banyak lagi pulau-pulau kecil yang menunggu untuk dikunjungi.

Untuk menikmati keindahan gugusan gili ini, butuh sekitar satu jam 30 menit jalan darat dari Bandara International Lombok diteruskan dengan 15 menit di atas perahu motor yang bertolak dari Dermaga Tawun.

Apakah kamu ingin menikmati panorama indah dari ketiga gili cantik di Desa Sekotong Barat? Simak dulu satu persatu yuk!

1 dari 5 halaman

Gili Nanggu

Gili Nanggu merupakan pulau pertama yang wajib kamu kunjungi saat berada di Lombok. Di Gili Nanggu, kamu bisa berjemur di hamparan pasir putih sambil menikmati ketenangan pesisir pantai yang jauh dari hiruk-pikuk kota.

Saat kamu datang ke Gili Nanggu, jangan lewatkan untuk menjelajah keindahan alam bawah laut mulai dari snorkeling hingga diving.

Ilustrasi© Shutterstock

Soal fasilitas menginap, kamu dapat menginap di homestay pinggir pantai dengan tarif berkisar Rp400 ribu per-malam yang beratap lumbung penyimpanan padi sebagai ciri khas bangunan tradisional Suku Sasak.

2 dari 5 halaman

Gugusan Gili “Gita Nada”

Ilustrasi© Shutterstock

Untuk kamu pecinta dikelilingi laut jernih nyaris tak berombak bagaikan kolam, penyuka wisata bahari pasti betah menikmati hari di sini.

Jarak antar gili di sini cuma ratusan meter yang bisa ditempuh sepuluh hingga 15 menit dengan perahu motor.

Indahnya langit biru, laut jernih terbelah tenang oleh laju perahu, angin yang memanjakan dada, serta barisan pohon-pohon bakau di bibir pulau sehingga perjalanan tidak pernah terasa membosankan.

3 dari 5 halaman

Gili Kedis Sang “Pulau Cinta”

Perjalanan menuju Gili Kedis atau sering disebut sebagai Pulau Cinta atau Lover Island cuma sepuluh menit dari Gili Sudak.

Sesuai namanya, Kedis yang berarti kecil dalam bahasa setempat, Gili Kedis memiliki ukuran mungil dan tak berpenghuni. Untuk menikmati keindahan wisata ini, kamu cuma butuh lima menit untuk mengelilingi seluruh pulau ini.

Sebutan Pulau Cinta berasal dari keindahan alam yang membuat para wisatawan betah berlama lama dan jatuh cinta. Suasana eksotis dan romantis yang ada di Gili Kedis sambil menikmati senja di pinggir pantai juga cocok buat kamu dan pasangan, dijamin tak akan terganggu dengan apa pun.

Keindahan alam yang ditawarkan Pulau Cinta ini pun bakal bikin kamu enggak cepat pulang.

Sumber: Indonesia.travel

Laporan: Rena Safira

4 dari 5 halaman

Trio Gili di Lombok, Tempat Pas Buat Santai, Pesta dan Romansa

Dream – Kamu mau cari tempat berlibur, bulan madu ataupun sekadar bersantai? Sembari melihat pemandangan dan buah kelapa jadi pilihan paling tepat.

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia sendiri banyak tempat bagus dan keren loh! Salah satu pilihannya dengan pergi ke pantai.

7 Fakta Seru POSPENAS IX 2022, Sangat Ditunggu Santri Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan dengan banyak destinasi pantai atau pulau, ini dia beberapa destinasi pulau Gili yang bisa kamu datangi, dikutip dari Lonely Planet.

Gili Trawangan

Satu dari tiga pulau Gili yang paling besar, paling hidup dan terawat serta satu tempat termurah di dunia untuk belajar menyelam dengan tempat sekolah menyelam yang memadai.

Terkenal dengan keramahan orang-orangnya yang mau kenal dengan satu sama lain. Atmosfer sosial yang terbentuk sangatnya asyik, apalagi di malam hari saat berpesta. Semua sekolah menyelam akan berada di satu tempat untuk mengadakan pesta di malam hari.

9 Pendakian Terbaik di Thailand, Berani Coba?

Selain berpesta, destinasi ini juga diminati untuk liburan keluarga. Tak harus selalu pesta, di Gili kamu bisa habiskan waktu dengan santai sambil menikmati pemandangan, snorkling bersama, atau melihat-lihat kekayaan maritim yang ada, salah satunya kura-kura.

Akomodasi di Gili Trawangan banyak pilihan, kamu bisa menginap di hotel ataupun rumah warga. Tempat makan juga sudah tersedia mulai dari makanan barat hingga makanan Asia.

Yang terpenting di sana, kamu tak akan menemukan mobil. Pilihan transportasinya cukup bikin sehat dan ramah lingkungan yaitu dengan jalan kaki, naik kuda, cidomo (kereta kuda khas Lombok) atau sepeda. Kamu dapat mengitari pantai dengan jalan kaki hanya dengan 2 jam saja.

Di sisi barat pulai ini kamu bisa menikmati ketenangan dan bersantai di sebuah bungalow, Gili Teak Resort atau villa, Gili Treehouse. Di sisi barat daya kamu bisa menikmati sunset yang benar-benar indah.

5 dari 5 halaman

Gili Meno

Pulau terkecil dan tertenang dari dari Gili. Dengan pasir putih bersih dan air laut sangat bening, benar-benar tempat paling cocok untuk berbulan madu.

Akomodasi di sana juga sudah oke banget. Ada tempat makan yang menawarkan menu Indonesia banget dan bisa disantap sambil menikmati matahari terbenam.

6 Rekomendasi Restoran Muslim Friendly di Busan Korsel

Untuk penginapan juga ada hotel yang keren, The Rabbit Tree dan Gili Meno Eco Hostel dan beberapa resor seperti Mahamaya. Di Gili Meno terdapat juga beberapa sekolah menyelam dan situs spektakuler lepas pantai yang dapat diikuti, termasuk dengan pemadangan indah yang bisa dieksplor dan bisa buat swafoto.

Di pulau ini kamu juga bisa menemukan tempat sewa alat snorkling dan sepeda. Kalau kamu snorkling, bisa banget foto-foto di bawah laut dengan ponsel tahan air, keindahannya menakjubkan. Inti dari pulau ini tenang dan santai.

Gili Air

Pulau ini adalah perpaduan sempurna dari kedua pulau di atas. Ada restoran enak dan sekolah menyelam seperti di Trawangan, juga dapat sensasi rileks laiknya di Meno. Tempat yoga terenak di Indonesia, juga satu-satunya pulau Gili dengan pemandangan laut bersamaan dengan Gunung di Lombok.

Di sisi utara dan timur banyak terdapat bar pantai dan restoran untuk berpesta di malam hari dan setiap bulannya bisa menikmati pemandangan bulan penuh di bar yang tersedia.

Mengenal Al Zubarah, Situs Arkeologi Warisan Dunia UNESCO di Qatar

Pulau ini menyediakan sepeda, alat snorkiling, dan alat nyelam. Pemandangan lautnya sangat memukau mata dengan terumbu karang yang bermacam-macam, ada ikan nemo, sama kura-kura juga. Dibagian barat pulau ini ada pasir putihnya.

Pemulihan pulau Air pasca gempa bumi tahun 2018 sangat cepat, pembangunan penginapan semacam bungalownya, sungguh bagus dan sangat layak di tempati dengan budger yang pas.

Untuk ke Gili dari Bali dan Lombok bisa saja dilakukan. Kamu membutuhkan waktu 45 menit-2,5 jam perjalanan dari Bali dengan kapal cepat. Sedangkan dari Lombok sekitar 1,5 jam dengan kapal cepat.

Laporan: Josephine Widya

Beri Komentar