6 Cara Samarkan Jerawat dengan Sempurna, Pernah Coba?

Reporter : Dwi Ratih
Sabtu, 11 September 2021 13:01
6 Cara Samarkan Jerawat dengan Sempurna, Pernah Coba?
Ayo hempaskan jerawat agar percaya diri kembali mencuat.

Dream - Serbuan jerawat di wajah akibat hormon atau perawatan yang kurang maksimal memang sangat mengganggu. Apalagi jika jerawat merah dan membesar.

Kemunculannya yang tiba-tiba, seringkali membuat seseorang frustasi bahkan jadi kurang percaya diri. Apakah Sahabat Dream sering mengalami hal ini?

Jika iya, kamu tidak sendirian. Jangan khawatir, sebab saat ini ada banyak cara menyamarkan jerawat baik menggunakan riasan atau produk perawatan kulit. Terlebih, jika kamu tidak punya banyak waktu di saat jerawat tumbuh. Coba ikuti cara ini!

1. Gunakan tinted moisturizer

Cara termudah untuk menyamarkan jerawat adalah menggunakan tinted moisturizer. Jenis pelembap ini biasanya memiliki sedikit coverage untuk menutupi jerawat atau hiperpigmentasi, sehingga sangat mudah digunakan.

Selain jerawatmu ‘hilang’, kulitmu juga akan terasa segar dari pelembab di dalamnya.

Ilustrasi© shutterstock

1 dari 6 halaman

2. Es batu

Jika jerawat muncul, es batu membantu meringankan kemerahan. Ini merupakan cara paling mudah dan murah. Cukup sentuh es batu ke jerawat selama beberapa saat dan masalah akan selesai.

3. Cari concealer

Ilustrasi© shutterstock

Salah satu produk makeup yang berfungsi untuk menyamarkan jerawat, bintik hitam, atau kemerahan adalah concealer.

Cari concealer yang serupa dengan warna kulitmu dan aplikasikan pada jerawat. Cara ini lebih baik daripada menggunakan foundation, karena coverage yang ada pada concealer biasanya lebih tebal.

2 dari 6 halaman

4. Colour correction

Colour correction termasuk 'senjata andalan' yang membuat jerawat hilang sekejap. Terdiri dari beberapa warna seperti merah, hijau, kuning, hingga warna kulit, produk ini bekerja dengan mengkombinasikan warna yang kontras.

Pilih warna hijau atau kuning untuk jerawat kemerahan. Lalu, lapisi dengan concealer untuk mendapatkan hasil sempurna.

Ilustrasi© shutterstock

5. Primer

Kebanyakan orang hanya mengetahui primer sebagai dasar untuk mengawali riasan wajah. Padahal, kamu bisa menggunakan primer hijau untuk menutupi jerawat. Bisa dibilang, cara kerjanya mirip dengan colour corrector.

3 dari 6 halaman

6. Foundation powder

Setelah mengikuti tips di atas, coba gunakan bedak yang mengandung foundation. Bedak ini biasanya memiliki coverage ekstra karena mengandung foundation sehingga bisa membuat jerawat hilang dalam sekejap.

Hal tersebut merupakan cara cepat yang bisa kamu lakukan.  Jangan sampai penampilan kurang maksimal karena jerawat yang tidak tersamarkan dengan baik.

Laporan: Elyzabeth Yulivia/ Sumber: Times of India

4 dari 6 halaman

Bikin Gatal, Ternyata Ini Sebabnya Ada Jerawat di Kulit Kepala

Dream – Jerawat ada dalam berbagai bentuk dan dapat muncul di hampir seluruh area tubuh. Bukan hanya pada daerah wajah, melainkan juga pada kulit kepala. Jerawat pada kulit kepala kerap terasa sakit dan mengganggu, terutama saat kamu menyisir rambut.

Jika Sahabat Dream pernah mengalami akar rambut yang berminyak, ternyata sebum di kulit kepala bekerja dengan cara yang sama dengan sebum di wajah. Dilansir dari Popsugar, pori-pori dalam kepala juga mengalami penumpukan produk, bakteri, kotoran, dan minyak, yang menyebabkan kemunculan jerawat dengan mudah.

Kondisi ini biasanya ditandai dengan benjolan kemerahan dan terkadang disertai nanah di bagian tengahnya. Tentunya akan menimbulkan rasa perih dan gatal, jika dibiarkan dapat meninggalkan bekas luka hingga kebotakan.

Penyebab Jerawat di Kulit Kepala
Jerawat pada kulit kepala sangat mirip dengan jerawat yang mungkin muncul pada wajah atau tempat lain. Ada yang tersumbat atau kondisi yang kotor.

" Sama seperti jerawat di bagian tubuh lainnya, jerawat di kulit kepala bisa terjadi karena pori-pori tersumbat oleh sebum (minyak alami kulit) dan sel kulit mati. Residu dari produk perawatan rambut juga bisa menyumbat pori-pori," kata Iris Rubin, seorang dokter kulit.

Jerawat jenis ini juga dapat berasal dari stres, karena stres dapat meningkatkan kadar kortisol yang dapat menyebabkan lebih banyak sebum di kulit kepala atau wajah. Seperti yang ditekankan ubin, benjolan di kulit kepala juga dapat disebabkan oleh folikulitis. Folikulitis merupakan folikel rambut yang meradang karena potensi infeksi.

 

5 dari 6 halaman

Membandel

Jika jerawat di kulit kepala terus berlanjut atau makin parah, tak bisa didiamkan. Kamu harus melakukan konsultasi dengan dokter kulit untuk menyingkirkan jerawat tersebut.

" Ini mungkin terlihat hanya sekedar jerawat di kulit kepala, meskipun begitu tetap penting untuk diobati karena bisa jadi ada infeksi yang lebih parah," kata Rubin.

Kulit Kepala Gatal© Shutterstock.com

Kebiasaan lain yang menyebabkan pori-pori kulit tersumbat sehingga memicu timbulnya jerawat, yaitu kurang menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala, tidak segera keramas saat berolahraga atau berpergian ke luar rumah. Juga ketika menggunakan produk perawatan rambut yang kurang cocok dengan kulit kepala, serta terlalu lama menggunakan topi atau helm.

 

6 dari 6 halaman

Obati Jerawat di Kulit Kepala

Kamu dapat mengobati jerawat pada kulit kepala dengan produk yang mengandung bahan yang mirip dengan produk jerawat di wajah. Rubin merekomendasikan penggunaan sampo dengan asam salisilat. Bisa juga menggunakan sampo antiketombe atau sampo ramah kulit lainnya.

" Hindari mengoleskan produk dengan minyak berlebih, dan pastikan untuk mencuci kulit kepala secara teratur," kata Rubin.

Pastikan juga produk rambut non-comedogenic (tidak menyumbat pori-pori). Selalu ingat kalau banyak produk perawatan rambut yang bisa meninggalkan residu atau lapisan tak kasat mata di kulit kepala. Segera cuci rambut setelah menggunakan hair spray atau pomade karena berpotensi menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat atau breakout.

Beri Komentar