Dikira Lubang Ular, Warga Bondowoso Temukan Goa Isi Harta Karun

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Senin, 19 April 2021 17:45
Dikira Lubang Ular, Warga Bondowoso Temukan Goa Isi Harta Karun
Berbekal rasa ingin tahu, Wasit mencoba mengintip ke dalam lubang menggunakan lampu senter.

Dream - Seorang warga Bondowoso, Jawa Timur dihebohkan dengan penemuan sebuah ruangan yang diklaim berisi harta karun. Ruangan bawah tanah itu ditemukan pertama kali oleh seorang penduduk Dusun Kecik, Desa Lojajar, Tenggarang, bernama Wasit, 43 tahun.

Menurut pengakuannya, ruangan itu ditemukan saat dia menggali saluran air di dekat rumahnya pada Senin, 12 April 2021 lalu, pukul 11.00 WIB. Saat penggalian, Wasit menemukan sebuah lubang mirip gua dengan diameter 8 cm.

Berbekal rasa ingin tahu, Wasit mencoba mengintip ke dalam lubang tersebut menggunakan lampu senter.

“ Awalnya kan mau buat saluran air, ternyata ada lubang besar. Saya sempat curiga itu lubang ular, tapi saya coba masuki,” ujar Wasit, seperti dilansir dari kanal Youtube Glory Garuda, dikutip dari Merdeka.com, Senin 19 April 2021.

1 dari 4 halaman

Isi di Dalam Ruangan

Lebih lanjut, menurut pengakuan Wasit, lubang tersebut lebih mirip gua dengan ukuran cukup besar. Goa itu bisa menampung hingga enam orang dengan kondisi membungkuk.

Penemuan Goa© Merdeka.com

Awalnya, goa itu tertutup batu besar berbentuk kotak. Di dalam gua tersebut, Wasit menemukan sejumlah harta karun seperti manik-manik, keris, tombak, gerabah hingga tengkorak manusia.

 

2 dari 4 halaman

Diduga Peninggalan Zaman Megalitikum

“ Saya waktu itu masuk ke gua dan menyingkirkan batu besar tersebut. Kemudian terdapat sebuah ruangan dengan ukuran cukup besar yang bisa menampung sampai enam orang. Saya di situ menemukan keris, tombak, geranah, manik-manik dan tulang di dalam gua. Kerisnya sendiri patah dan tulang-tulangnya hancur,” jelasnya.

Penemuan harta karun itu dibenarkan oleh Hery Kusdarijanto, Kasi Sejarah Purbakala Dikbud Bondowoso. Menurut Hery, benda-benda tersebut merupakan peninggalan masa megalitikum. Hal ini didukung dengan bentuk pintua gua berjenis kubur bilik, di mana lokasinya berada di aera tebing desa tersebut.

“ Dari hasil temuan di lapangan, isinya sendiri terdapat sebuah manik-manik yang berjumlah sekitar 33, kemudian ada gerabah, serta sejumlah alat-alat dari besi,” ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Nasib Harta Karun

Diduga tengkorak yang ditemukan merupakan bagian dari tubuh jenazah yang ikut menguburkan hartanya saat meninggal di masa lampau.

Terkait temuan tersebut, Hery menjelaskan, berdasarkan kesepakatan, barang temuan akan disimpan oleh Wasit dengan pengawasan setiap bulannya dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bondowoso.

Sumber: merdeka.com

4 dari 4 halaman

Videonya

Berikut video penemuan harta karun zaman megalitikum:

Beri Komentar