Kenangan Puasa Generasi `90an

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Senin, 27 Juni 2016 18:42
Kenangan Puasa Generasi `90an
Ada tujuh kenangan pada puasa yang dijalani generasi 90an.

Dream - Bulan puasa merupakan bulan penuh berkah dan momen mendulang pahala sebanyak-banyaknya. Tetapi, setiap generasi memiliki kenangan.

Bagi generasi 90-an kemeriahan saat Ramadan menjadi kenangan yang tak terlupakan. Berikut benda-benda yang dapat mengingatkan Anda pada Ramadan di era 90an.

 

Buku Ramadan

 

Kenangan Puasa Generasi 90an© portalsemarang.com

Buku Ramadan ini diberikan oleh sekolah yang menjadi tugas saat bulan puasa. Isi buku itu terdapat laporan puasa, tadarus, salat tarawih dan catatan isi ceramah pada saat kuliah subuh.

Semua kolom dalam buku Ramadan wajib diisi. Yang unik, tiap kali mengisi, siswa harus mendapat paraf atau tanda tangan orangtua dan imam masjid atau ustaz yang bertugas.

 

Jalan-jalan Subuh

Jalan-jalan subuh menjadi kegiatan yang kerap dilakukan banyak remaja di era 90an. Selain sekadar bermain atau jalan-jalan, kegiatan ini kerap dijadikan ajang untuk mencari jodoh.

 

Ngabuburit

Ngabuburit di tahun 90-an biasanya dikerjakan di masjid. Kegiatan ini berlangsung menjelang salat Ashar. Dahulu sebelum menunggu berbuka puasa, ngabuburit kerap diisi dengan tadarus Alquran. Jika masih ada waktu, kerap permainan seperti petak umpet, perang sarung, dan main petasan kerap dilakukan. Tetapi, seiring perkembangan zaman, kegiatan ngabuburit telah bergeser hanya sekedar jalan-jalan biasa.

 

Perang Sarung

Kenangan Puasa Generasi 90an© gulingitukecil.blogspot.com

Perang sarung ini merupakan kegiatan yang sering dilakukan di era 90an. Kegiatan perang sarung biasanya berlangsung pada saat salat tarawih. Perang sarung biasanya akan berhenti jika sudah ada yang menangis atau mendapat teguran dari orang yang lebih tua.

(Ism) 

1 dari 1 halaman

Selanjutnya

Petasan

Meski kini petasan sudah dilarang dan menimbulkan banyak korban, namun momen bulan Ramadhan ini lepas tidak bisa lepas dari petasan. Ada banyak petasan yang hingga kini masih legendaris. Ada petasan cabe, petasan korek, dan petasan terbang.

 

 

Pesantren Kilat

 

© kknpplsman1wonosari.wordpress.com

Pesantren kilat merupakan kegiatan pendidikan agama yang diselenggarakan sekolah beberapa hari di bulan Ramadan. Kegiatan ini biasanya berlangsung di akhir pekan. Selama dua hingga tiga hari siswa menginap dan mengikuti kegiatan keagamaan seperti membaca Alquran, mendengar kajian tafsir Alquran dan hadis, atau belajar bahasa Arab.

 

 

Tadarus Alquran Setelah Tarawih

 

Tadarus Alquran setelah tarawih biasanya dilakukan oleh para remaja dan orang tua. Selama tadarus Alquran, satu orang atau kelompkok biasanya membaca satu juz per malam, sehingga di malam terakhir menjelas lebaran dilakukan khataman. Kegiatan ini berlangsung dari usai tarawih hingga menjelang tengah malam.

 

Beri Komentar