Jarang yang Tahu, Begini Trik Buktikan Emas Murni dan Campuran

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 9 Agustus 2017 10:44
Jarang yang Tahu, Begini Trik Buktikan Emas Murni dan Campuran
Pernah terpikir jika perhiasan emas yang dibeli ini terbuat dari emas murni atau bukan?

Dream – Sahabat Dream, apa yang paling diinginkan wanita ketika harga emas turun? Ya, jawabannya adalah membeli perhiasan.

Tak heran saat itulah toko-toko emas dipadati pembeli yang ingin berbelanja perhiasan. Entah itu kalung, cincin, ataupun gelang.

Tapi, pernahkah Sahabat Dream terpikir jika perhiasan yang dibeli ini terbuat dari emas 24 karat atau campuran? Jika penasaran, tentu cara mudah yang bisa dilakukan adalah bertanya kepada pedagang emas.

Bagaimana jika penjualnya berbohong?

Tenang, ada cara yang cukup mudah untuk menguji apakah perhiasan emas yang dibeli ini terbuat dari emas 24 karat atau dicampur dengan logam lain. Sahabat Dream bisa mengujinya sendiri.

Dilansir dari NBC News, Rabu 9 Agustus 2017, seorang koresponden di bidang investigasi NBC News, Jeff Rossen, menunjukkan cara mudah membuktikan perhiasan emas yang dibeli adalah perhiasan emas yang terbuat dari emas 24 karat. Anda cukup menyediakan perhiasan dan magnet.

Caranya? Dekatkan perhiasan dengan magnet. Jika perhiasan tidak menempel ke magnet, itu tandanya perhiasan tersebut terbuat dari emas 24 karat. Jika menempel, tandanya emas itu bukanlah emas murni. Emas itu mengandung campuran logam lain.

Mudah sekali, kan, cara membuktikannya. Selamat mencoba, Sahabat Dream!

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan