60 Kata-Kata Cinta Islami Penuh Makna dan Pengingat Diri

Reporter : Ulyaeni Maulida
Selasa, 6 April 2021 10:03
60 Kata-Kata Cinta Islami Penuh Makna dan Pengingat Diri
Ungkapkanlah cinta dengan kata-kata yang indah.

Dream – Perasaan cinta adalah sebuah fitrah bagi umat manusia. Islam juga mengajarkan tentang kasih sayang kepada sesama. Mengungkapkan cinta dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan kata-kata cinta islami.

Semua agama termasuk Islam mengajarkan cinta adalah suatu hal yang dapat membuat semuanya menjadi indah. Islam mengajarkan bahwa kita harus mencintai seluruh umat manusia tanpa memandang asal-usul mereka, bahkan kita akan dengan mudah menemukan cinta di segala aspek kehidupan.

Mengucapkan atau menuliskan kata-kata cinta Islami juga dapat memberikan pesan mendalam. Karena terdapat banyak hikmah didalamnya. Selain sebagai ungkapan hati, kata-kata cinta Islami juga dapat dijadikan pengingat diri.

Namun, tidak semua orang mampu memberikan kata-kata cinta Islami untuk kekasih. Untuk itu, kamu bisa mencari beberapa referensinya di berbagai media. Menyampaikan pesan dengan kata mutiara cinta Islami setidaknya bisa membuat hati tersentuh pasangan.

Karena, kata-kata cinta Islami kebanyakan berdasarkan nilai-nilai Islam yang telah dianjurkan oleh Allah SWT. Berikut adalah berbagai ungkapan kata-kata cinta Islami penuh makna.

1 dari 6 halaman

Kata-Kata Cinta dari Al-Quran dan Tokoh Muslim

Cinta© Pixabay.com

1. " Cintailah kekasihmu (secara) sedang-sedang saja, siapa tahu suatu hari dia akan menjadi musuhmu; dan bencilah orang yang engkau benci (secara) biasa-biasa saja, siapa tahu suatu hari dia akan menjadi kecintaanmu." (H.R Tirmidzi)

2. " Wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik pula." (QS An Nuur 26)

3. " Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau mempersilakan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan." (Salim A. Fillah)

4. " Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan." (Buya Hamka)

5. " Aku mencintaimu karena agama yang ada padamu. Jika kau hilangkan agama dalam dirimu, maka hilanglah cintaku padamu." (Imam An Nawawi)

6. " Jangan mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu." (Imam Asy Syafi’i)

7. " Tidak ada solusi yang lebih baik bagi dua insan yang saling mencintai dibanding pernikahan." (HR. Ibnu Majah)

8. " Ketika seorang suami dan istri saling berpandangan dengan penuh cinta, Allah melihat mereka dengan belas kasih." (HR. Bukhari)

9. " Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS Al-Baqarah 216)

10. " Lebih baik kehilangan sesuatu demi Tuhan. Daripada kehilangan Tuhan demi mendapatkan sesuatu." (Mufti Menk)

2 dari 6 halaman

Kata-Kata Cinta Islami

Cinta© Pexels.com

11. " Perempuan itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang." (Ali bin Abi Thalib)

12. “ Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau mempersilakan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan." (Salim A. Fillah)

13. " Jangan mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu." (Imam Asy Syafii)

14. “ Jika kau mencintai seseorang, biarkan ia pergi. Kalau ia kembali, ia adalah milikmu. Bila tidak, ia memang tidak pernah jadi milikmu." (Khalil Gibran)

15. " Cinta yang terjadi karena Allah tidak akan pernah berakhir." (HR. Muslim)

16. " Ketika seorang suami dan istri saling berpandangan dengan penuh cinta, Allah melihat mereka dengan belas kasih." (HR. Bukhari)

17. “ Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik-sebaik kamu adalah orang yang paling baik kepada istrinya.” (HR. Abu Hurairah)

18. “ Apa pun yang kamu keluarkan untuk keluargamu akan menjadi sumber pahala dari Allah. Bahkan sepotong makanan yang kamu suapkan ke mulut istrimu.” (Nabi Muhammad SAW)

19. " Aku mencintaimu karena agama yang ada padamu. Jika kau hilangkan agama dalam dirimu, maka hilanglah cintaku padamu." (Imam An Nawawi)

20. " Jangan mencintai seseorang yang tidak mencintai Allah. Kalau ia bisa meninggalkan Allah, ia juga bisa meninggalkanmu." (Imam Syafii.)

3 dari 6 halaman

Kata-Kata Cinta Islami Untuk Pasangan

Cinta© Pixabay.com

21. " Wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik pula." (QS An Nuur 26)

22. " Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau mempersilakan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan." (Salim A. Fillah)

23. " Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan." (Buya Hamka)

24. " Aku mencintaimu karena agama yang ada padamu. Jika kau hilangkan agama dalam dirimu, maka hilanglah cintaku padamu." (Imam An Nawawi)

25. " Jangan mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu." (Imam Asy Syafi’i)

26. " Tidak ada solusi yang lebih baik bagi dua insan yang saling mencintai dibanding pernikahan." (HR. Ibnu Majah)

27. " Ketika seorang suami dan istri saling berpandangan dengan penuh cinta, Allah melihat mereka dengan belas kasih." (HR. Bukhari)

28. " Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS Al-Baqarah 216)

29. " Lebih baik kehilangan sesuatu demi Tuhan. Daripada kehilangan Tuhan demi mendapatkan sesuatu." (Mufti Menk)

30. " Tidak ada wanita di belakang seorang pria hebat. Wanita itu ada di sampingnya. Ia ada bersamanya, bukan di belakangnya." (Tariq Ramadan)

(Diambil dari berbagai sumber)

4 dari 6 halaman

Kata-Kata Cinta Islami

Ilustrasi© freepik.com

Berbicara mengenai cinta terdapat banyak jenisnya, mulai dari cinta kepada Allah SWT hingga cinta seorang lelaki pada wanita, dan juga sebaliknya.

Semua orang berhak jatuh cinta. Cinta itu juga dapat tumbuh kapan saja dan juga di mana saja tanpa terbendung. Berikut kata-kata cinta islami yang penuh makna:

  1. " Aku ingin cinta yang akan berkata: “ Bahkan kematian pun tidak akan memisahkan kita, karena kelak kita akan dipertemukan kembali di surga, Insyaallah."
  2. " Cinta kita adalah yang terbaik karena imanku bertambah. Kau membantuku di dunia, dan karena itu aku ingin kembali bertemu denganmu di surga."
  3. " Allah telah menuliskan nama pasanganmu. Yang perlu kau lakukan adalah memperbaiki hubunganmu dengan-Nya."
  4. " Kalau aku mencintai karena Allah, cintamu tak akan pernah mati."
  5. " Jika kau mencintai seseorang, biarkan ia pergi. Kalau ia kembali, ia adalah milikmu. Bila tidak, ia memang tidak pernah jadi milikmu." (Khalil Gibran)
  6. " Allah menguji kita dengan sesuatu yang kita cintai, maka janganlah berlebihan mencintainya, agar saat sedih tidak berlebihan."
  7. " Orang kuat bukan berarti ia tidak pernah menangis tetapi orang yang terus istikamah dalam menghadapi setiap ujian dan godaan."
  8. " Jangan buat seseorang mencintaimu jika kamu tak siap tuk berikan hatimu. Cinta tak berbalas itu menyakitkan."
  9. " Jika aku jatuh cinta, cintakanlah aku pada seseorang yang melebihkan cintanya padamu, agar bertambah kekuatanku untuk lebih mencintaimu."
  10. " Aku akan memohon pada Allah SWT untuk berjumpa denganmu dua kali, sekali di dunia ini dan sekali lagi di surga."
5 dari 6 halaman

Kata-Kata Cinta Islami Menyentuh Hati

Ilustrasi© Pexels


Berikut kata-kata cinta islami yang menyentuh hati:

  1. " Cinta sejati berarti saling membantu untuk menggapai surga, bukan saling berpegangan tangan dan berjalan menuju api neraka."
  2. " Mencintai Allah adalah setinggi-tingginya cinta. Sempurnakan cintamu pada Allah sebelum engkau melabuhkan cintamu pada makhluk-Nya.”
  3. " Dalam diam, aku memperjuangkan cintamu dalam doaku."
  4. " Lelaki yang baik tidak akan bermain-main dengan cinta, sebab dia tahu kata cinta menuntut tanggung jawab."
  5. " Cinta sejati tidak berakhir dengan kematian. Jika Allah SWT menghendaki, cinta itu akan berlanjut sampai ke surga."
  6. " Temukan pasangan hidup yang bisa membimbingmu, bukan hanya di dunia, tapi juga di akhirat."
  7. " Aku mencintaimu itu bukan tanpa alasan, tapi karena kesederhanaanmu yang tiada kutemukan pada orang selain dirimu."
  8. " Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembutnya adalah kepada sesama." (Nabi Muhammad SAW)
  9. " Ku titipkan cinta ini hanya pada-Mu, jagalah hatiku dan hatinya dari rasa kecewa, hingga waktu itu tiba. Persatukanlah kami dalam restu dan Ridho-Mu.”
  10. " Tidak ada wanita di belakang seorang pria hebat. Wanita itu ada di sampingnya. Ia ada bersamanya, bukan di belakangnya." (Tariq Ramadan)
6 dari 6 halaman

Kata-Kata Cinta Islami Kepada Orangtua

Ilustrasi© Instagram/@islamdakwahcom

Berikut kata-kata cinta Islami kepada orang tua tercinta:

  1. " Cinta tidak hanya diberikan kepada lawan jenis, tapi juga kepada kedua orangtua. Ibu dan ayah yang sudah membesarkanmu sejak kecil hingga sekarang, mereka akan terus menyayangimu selamanya."
  2. " Ayah adalah cinta pertama anak perempuannya."
  3. “ Kebaikan seorang ayah lebih tinggi daripada gunung dan kebaikan seorang ibu lebih dalam dari laut.”
  4. " Hal terindah di dunia ini adalah ketika melihat kedua orangtua tersenyum dan mengetahui bahwa kamu adalah alasan di balik senyuman itu."
  5. " Saat kamu melihat ibumu, kamu sedang melihat cinta paling murni yang pernah kamu tahu."
  6. " Uang bisa dicari, ilmu bisa digali, tapi kesempatan untuk mengasihi orangtua takkan terulang kembali."
  7. " Jangan memarahi kedua orang tuamu hanya untuk menyenangkan orang lain. Karena orang lain tidak menghabiskan masa hidup mereka untuk membina dan membangun hidupmu."
  8. “ Ayah Bunda itu layaknya pelita sebagai penerang hidup. Ibarat cahaya lilin yang selalu setia menerangi setiap sudut jalan. Dan sebagai semangat yang menjadi motivasi tuk tetap kuat untuk terus melangkah maju.”
  9. “ Cinta seorang ibu itu menenangkan, cinta seorang ayah itu menguatkan.”
  10. “ Walapun kamu dapat memberikan bulan dan bintang , dunia dan seluruh isinya, namun itu semua belum cukup untuk membalas kasih sayang, cinta dan pengorbanan seorang ibu.”
Beri Komentar