6 Cara Mendekatkan Diri pada Allah SWT, Jadi Manusia yang Lebih Baik

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Rabu, 9 Oktober 2019 09:00
6 Cara Mendekatkan Diri pada Allah SWT, Jadi Manusia yang Lebih Baik
Allah SWT selalu ada bersama hamba-Nya yang beriman. Begini cara mendekatkan diri pada-Nya untuk jadi manusia yang lebih baik.

Dream - Dalam kehidupan sehari-hari, manusia diciptakan untuk selalu mengingat Allah, Sang Maha Pencipta. Tanpa kuasa-Nya, manusia tidak akan ada di dunia. Penting bagi manusia untuk selalu mengingat hal tersebut.

Sebagai umat Islam, sudah sewajarnya kita mempercayai kekuasaan Allah SWT dan selalu menjalin kedekatan dengan-Nya. Bagi manusia yang beriman, kedekatan dengan sanga Maha Pencipta, akan memberikan ketenangan, kepercayaan dan cinta. Oleh sebab itu, penting bagi setiap umat Islam untuk selalu berusaha mendekatkan diri pada Allah.

Upaya ini baik untuk melindungi diri dari segala malapetaka yang ada di dunia, karena Allah akan melindungi semua hamba yang berdoa dan selalu dekat dengan-Nya. Dalam menjalankan upaya mendekatkan diri pada Allah, diperlukan niat yang kuat, kesabaran, konsistensi, dan ketakwaan.

Sahabat Dream bisa melakukan enam cara mendekatkan diri pada Allah SWT ini untuk menjadi manusia dan hamba yang lebih baik.

1 dari 6 halaman

Cara Mendekatkan Diri pada Allah dengan Berdoa

Cara Mendekatkan Diri pada Allah© Shutterstock

Dalam surat Al Baqarah ayat 186, “ Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka jawablah, Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi perintah-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Dari potongan ayat tersebut, kita sebagai umat Islam harusnya sadar dan selalu memohon hanya pada Allah SWT, bukan pada yang lain. Allah berfirman dalam ayat tersebut, akan mengabulkan segala permohonan hamba-Nya yang beriman dan bertakwa pada-Nya.

Doa menjadi jalan paling mudah untuk mendekatkan diri pada Allah. Dengan berdoa, kita menjalin komunikasi pada Allah, bahkan saat kita mengadu. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Jangan malas untuk berdoa dan memohon pada Allah.

2 dari 6 halaman

Cara Mendekatkan Diri pada Allah dengan Menjauhi Keburukan

Untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, kita harus menjadi manusia yang bertakwa, menjauhi segala larangan dan menjalankan segala perintah-Nya. Setiap hamba yang bertakwa, Allah tak akan segan untuk mengabulkan doa dan selalu meridhoi hamba tersebut, siapapun dia. Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengasih.

Cara Mendekatkan Diri pada Allah© Shutterstock

Menjauhi keburukan bukan hanya yang berkaitan dengan diri sendiri tapi juga kepentingan orang banyak. Misalnya menjauhi perbuatan yang merugikan orang lain, melukai hati orang lain, dan menjauhi perbuatan yang bisa mencelakakan orang lain. Allah tidak menyukai orang yang berbuat keburukan dan merugikan orang lain.

Seperti yang diriwayatkan Al Bukhari, Rasulullah pernah mengatakan: “ Seorang teman baik dan teman buruk seperti penjual parfum dan pandai besi. Penjual parfum akan memberi parfum sebagai hadiah, atau kita bisa membeli darinya, setidaknya kita bisa mencium betapa wanginya. Adapun pandai besi, ia mungkin akan menghanguskan pakaian dan setidaknya kita bis amenghirup asap tungkunya.”

3 dari 6 halaman

Cara Mendekatkan Diri pada Allah dengan Memaknai Nama Indah Allah

Cara mendekatkan diri pada Allah selanjutnya ialah dengan mengenal Allah melalui nama-namanya yang indah. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Kenali dan pahami nama indah Allah untuk mendekatkan diri pada-Nya.

Cara Mendekatkan Diri pada Allah© Shutterstock

Allah SWT memiliki banyak nama dengan makna yang indah, Asmaul Husna. Sebagai umat Islam mengetahui dan memaknai nama-nama Allah tersebut dapat membantu kita untuk mengenal dan mendekatkan diri pada Allah. Selalu sebut nama-nama indah Allah ini saat berdoa, saat mengingat dan ingin berada dekat dengan-Nya.

Salah satu dari sekian nama Allah, Al Wadud memiliki makna selalu mencintai. Apabila seorang muslim berdoa dengan menyebut nama indah Allah ini, maka cinta Allah akan selalu menyertainya. Begitu dengan doa dan makna nama indah Allah lainnya. Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

4 dari 6 halaman

Cara Mendekatkan Diri pada Allah dengan Berdzikir

Jika ingin dekat dengan Allah, usahakan untuk selalu mengingat-Nya dalam setiap hembusan napas. Dzikir menjadi salah satu cara mendekatkan diri pada Allah yang paling efektif, karena dzikir mampu membantu kita untuk selalu mengingat Allah dan menjalin kedekatan dengan-Nya.

Cara Mendekatkan Diri pada Allah© Shutterstock

Ucapkan Astagfirullah sebanyak mungkin ketika melakukan kesalahan dan untuk memohon ampun atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Ucapkan sebanyak mungkin Alhamdulillah ketika merasa bersyukur dan bahagia. Ucapkan Subhanallah ketika melihat sesuatu yang menakjubkan.

Istigfar dan hamdallah, sedikit dari banyak cara untuk selalu mengingat Allah SWT. Semakin banyak dan tulus kita mengucapkannya, maka semakin kita ingat dan merasa dekat dengan Allah. Selain dalam aktivitas sehari-hari, dzikir juga bisa diucapkan selepas mengerjakan salat. Merunduk dalam diam dan mengingat Allah.

5 dari 6 halaman

Cara Mendekatkan Diri pada Allah dengan Melaksanakan Sunnah Rasul

Umat Islam memiliki sosok penting yang dijadikan panutan oleh para hamba Allah. Ialah Nabi Muhammad SAW, seorang istimewa yang ditunjuk Allah sebagai Nabi terakhir, sang pembawa pesan penting untuk seluruh umat manusia di muka bumi.

Cara Mendekatkan Diri pada Allah© Shutterstock

Sudah menjadi keharusan bagi setiap manusia untuk mencontoh perilaku Rasul, baik dalam beribadah maupun dalam kegiatan sehari-hari. Dengan melaksanakan Sunnah Rasul, kita akan merasakan kedekatan dengan Allah, karena apa yang dicontohkan Rasulullah adalah hal baik yang disukai Allah SWT.

Dalam surat Ali Imran ayat 31, Allah SWT berfirman, “ Katakanlah wahai Muhammad kepada umat manusia: Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, Allah akan mencintaimu dan mengampuni dosamu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

6 dari 6 halaman

Cara Mendekatkan Diri pada Allah dengan Membaca dan Menghafal Alquran

Cara mendekat diri pada Allah SWT selanjutnya ialah dengan menjalin kedekatan pada-Nya menggunakan Alquran. Sudah kewajiban bagi setiap umat Islam untuk membaca, menghafal dan memahami Alquran sebagai pedoman hidup agama Islam.

Cara Mendekatkan Diri pada Allah© Pixabay

Ketika kita membaca setiap ayat dalam Alquran dan memahaminya, maka Allah akan semakin terasa dekat bersama kita. Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. Setiap apa yang kita ucap, apa yang kita lihat, Allah Maha Tahu segalanya.

Dekatkanlah diri kepada Allah dengan membaca Alquran, karena segala petunjuk dari Allah ada di dalamnya. Apabila kita bisa memahami petunjuk dari Allah, maka akan lebih mudah bagi kita untuk mendekatkan diri pada Allah.

Sumber: The Productive Muslim

Beri Komentar