Doa Sesudah Wudhu, Amalan yang Disunahkan dan Keutamaan Istimewa yang Bisa Didapat

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 3 Desember 2021 14:48
Doa Sesudah Wudhu, Amalan yang Disunahkan dan Keutamaan Istimewa yang Bisa Didapat
Doa sesudah wudhu menjadi penyempurna ibadah yang akan dijalankan.

Dream – Wudhu menjadi hal yang wajib dilakukan oleh umat Islam sebelum melakukan ibadah. Air yang dibasuhkan ke bagian tubuh saat berwudhu merupkan bentuk mensucikan diri dari adanya hadas kecil saat hendak beribadah. Dalam sehari setidaknya umat Islam bisa melakukan wudhu sebanyak lima kali ketika akan melaksanakan sholat wajib lima waktu. Yakni saat akan sholat subuh, dhuhur, asar, maghrib, dan isya.

Bahkan perintah wudhu ini juga sudah ada dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda:

Allah SWT tidak akan menerima sholat dari salah seorang di antara kamu jika ia sedang berhadas, sehingga ia berwudu.” (Hadis Sahih riwayat Bukhari Fathul Baary, I: 206; Muslim, no.225).

Tak sekadar membasuhkan air ke bagian-bagian tubuh, setiap muslim harus menganggap wudhu sebagai bagian penting dalam rangkaian menjalankan ibadah sehingga harus dilakukan sebaik mungkin. Usahakan sahabat Dream tidak lupa untuk membaca doa sebelum wudhu maupun doa sesudah wudhu. Bila perlu lakukan amalan-amalan yang dianjurkan dalam Islam setelah berwudhu.

Untuk mengetahuinya lebih jelas, berikut adalah doa sesudah wudhu berikut dengan keutamaan doanya dan amalan-amalan yang dianjurkan sesudah wudhu, sebagaimana dikutip oleh Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Doa Sesudah Wudhu

Doa Sesudah Wudhu© Pixabay.com

Setelah menyelesaikan wudhu, sebaikanya sahabat Dream tidak lupa untuk membaca doa sesudah wudhu. Hal ini jugalah yang dilakukan oleh Rasulullah saw ketika sedang bersuci. Nah, berikut adalah bacaan doa sesudah wudhu yang bisa kamu baca dan hafalkan dengan mudah:

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj'alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj'alnii min 'ibadikash shaalihiin.

Artinya: “ Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba-Mu yang sholeh.”

2 dari 3 halaman

Hal yang Disunahkan untuk Dibaca setelah Wudhu

Sholat yang akan sahabat Dream kerjakan tidak akan sah jika tidak didahului dengan berwudhu. Karena wudhu inilah yang menjadi bagian untuk menghilangkan hadas kecil di tubuh yang wajib dilakukan oleh umat Islam. Selain membaca doa sesudah wudhu, ada bacaan lain yang disunahkan untuk membacanya.

Hal ini sebagaimana dikutip melalui Islami.co dari kitab Fathul Muin, Syaikh Zainuddin al-Malibari yang menjelaskan bahwa bacaan-bacaan tersebut adalah sebagai berikut:

Berdoa Menghadap Kiblat

Sunah pertama adalah membaca doa sesudah wudhu yang telah dijelaskan sebelumnya. Usahakan saat sedang membaca doa ini, sahabat Dream dalam posisi menghadap ke arah kiblat lalu membaca doa tersebut.

Membaca Sholawat dan Salam

Sunah yang kedua setelah membaca doa sesudah wudhu adalah membaca sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad saw beserta keluarganya. Bacaan sholawat yang bisa sahabat Dream baca adalah sebagai berikut:

اّللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمِّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli wa sallim ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala ali sayyidina Muhammadin.

Artinya: “ Ya Allah, limpahkan rahmat dan keselamatan kepada pemimpin kami, Nabi Muhammad saw dan keluarganya.”

Membaca Surat Al-Qadar

Setelah membaca sholawat, sunah lainnya adalah membaca surat Al-Qadar sebanyak tiga kali. Pastikan saat sedang membaca surat ini, sahabat Dream juga masih menghadap ke arah kiblat. Lalu dibarengi dengan mengangkat kedua tangan dan mengarahkan pandangan ke atas.

Doa agar Diampuni Dosa, Dilapangkan Rumah, dan Rizki yang Berkah

Setelah itu, sunah yang terakhir adalah dengan membaca doa agar diampuni dooa, dilapangkan rumah, dan rizki yang diberkahi.

اللهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي ، وَوَسِّعْ لِي فِي دَارِي ، وَبَارِكْ لِي فِي رِزْقِي

Allahumma ighfirli dzanbi wa wassi’li fi dari wa barikli fi rizqi.

Artinya: “ Ya Allah, ampunilah dosaku, dan lapangkanlah rumahku, dan berkahilah rizkiku.”

3 dari 3 halaman

Keutamaan Doa Sesudah Wudhu

Keutamaan Doa Sesudah Wudhu© Flickr.com

Berdoa menjadi hal yang sangat penting dan dianjurkan dalam Islam. Apapun yang sahabat Dream lakukan, maka jangan pernah untung meninggalkan doa. Karena doa sendirilah yang akan membantu kamu di samping berikhtiar. Tanpa adanya doa yang dipanjatkan, maka apa yang kamu lakukan hanyalah sia-sia.

Begitu juga sesudah melakukan wudhu, maka haruslah membaca doa sesudah wudhu yang tentunya memiliki banyak keutamaan. Berikut adalah beberapa keutamaan doa sesudah wudhu yang dikutip melalui Kumparan.com dari buku Ensiklopedia Amal Saleh:

Ada Peluang Masuk Surga

Membaca doa sesudah wudhu menjadi peluang bagi sahabat Dream untuk bisa masuk surga. Sebagaimana Rasulullah saw bersabda:

Tidak ada seorang pun dari kalian yang berwudhu, kemudian ia meratakan/menyempurnakan wudhunya itu, lalu berdoa: ‘Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu la syarika lahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu’, melainkan akan dibukakakn untuknya kedelapan pintu surga, di mana ia bisa masuk melalui pintu mana saja yang ia mau.”

Bisa Menggugurkan Dosa

Setiap manusia tentunya tak luput dari kesalahan dan dosa yang diperbuat selama di dunia ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menggugurkan dosa-dosa itu adalah dengan membaca doa sesudah wudhu. Hal ini pun sudah dijelaskan, Rasulullah saw bersabda:

Barangsiapa yang berwudhu, lalu membasuh kedua tangannya, kemudian berkumur-kumur 3 kali, beristinsyaq 3 kali, membasuh wajah 3 kali dan kedua tangan hingga siku 3 kali, lalu mengusap kepalanya, kemudian membasuh kedua kakinya, lalu tidak berbicara hingga mengucapkan: ‘Asyhadu alla illal lah wahdahu la syarika lahu, wa asyhadu anna muhammadun ‘abduhu wa rasuluhu’, niscaya akan diampuni (dosa) yang ada di antara 2 wudhunya.”

Beri Komentar