Ketika Khadijah Diajari Rasulullah SAW Wudhu dan Sholat

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 10 Februari 2019 06:00
Ketika Khadijah Diajari Rasulullah SAW Wudhu dan Sholat
Khadijah adalah orang pertama yang diajari Rasulullah mengenai ritual ibadah dalam Islam.

Dream - Bagi Rasulullah Muhammad SAW, Khadijah memiliki kedudukan yang sangat istimewa. Wanita yang awalnya jadi majikan ini sangat dicintai Rasulullah.

Peran Khadijah dalam hidup Rasulullah lebih dari sekadar seorang pendamping. Istri pertama Rasulullah ini berkontribusi besar terhadap perjuangan dakwah Sang Nabi di masa sulit.

Selain itu, Khadijah adalah orang pertama yang memeluk Islam setelah pengangkatan Rasulullah SAW. Khadijah juga belajar wudhu dan sholat langsung di bawah panduan Rasulullah.

Beberapa saat usai turunnya wahyu pertama di Gua Hira, Rasulullah SAW pergi ke sebuah gunung di Mekah. Tiba di sana, Malaikat Jibril turun menemui Rasulullah.

Saat itu, Jibril hendak mengajarkan Rasulullah mengenai ritual ibadah yaitu wudhu dan sholat. Jibril memberi contoh tentang tata cara wudhu yang langsung diikuti Rasulullah.

1 dari 1 halaman

Setelah Diajari Jibril

Setelah wudhu, Jibril melaksanakan sholat. Rasulullah mengikuti setiap gerakan yang dilakukan Jibril. Setelah selesai, Jibril pergi dan Rasulullah pulang ke rumah menemui Khadijah.

" Aku ingin mengajarkan kepadamu apa yang sudah Jibril ajarkan kepadaku. Ia pun merasa sangat gembira akan hal itu," ucap Rasulullah kepada Khadijah.

Rasulullah kemudian menyiapkan air, lalu berwudhu di depan Khadijah. Gerakannya sama persis dengan yang ditunjukkan oleh Jibril.

Khadijah mengamati dengan seksama gerakan wudhu Rasulullah. Kemudian, wanita itu menirukan gerakan tersebut. Keduanya lalu sholat bersama usai wudhu.

Perintah untuk melaksanakan sholat turun ketika peristiwa Isra Miraj. Tetapi, sebelum peristiwa besar itu, Rasulullah dan para sahabat sudah melaksanakan sholat.

Hal ini berdasarkan keterangan yang tercantum dalam Sirah Nabawiyah yang ditulis Syeikh Shafiyyurahman Al Mubarakfuri. Dalam kitab itu, Ibnu Hajar mengatakan Rasulullah dan para sahabat sudah melaksanakan sholat sebelum Isra Miraj.

Sumber: NU Online.

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary