Keutamaan Puasa Sya`ban

Reporter : Ayik
Selasa, 2 Juni 2015 13:02
Keutamaan Puasa Sya`ban
Ibadah dalam Islam pada umumnya menuntut adanya konsistensi (istiqamah) dan keberlanjutan, bukan hanya dilakukan sekali dan langsung paripurna, kecuali ibadah haji.

Dream - Syakban atau Sya'ban merupakan bulan 'pemanasan puasa' atau prakondisi Ramadan. Puasa, sebagai amalan yang sangat dianjurkan dilakukan, di bulan Syakban, merupakan latihan persiapan yang diharapkan dapat memantapkan kualitas puasa Ramadhan.

Jika diibaratkan bercocok tanam, Syakban itu bulan menyemai benih, mulai merawat pertumbuhan “ tanaman kebaikan”, sedangkan Ramadhan merupakan bulan memanen. Artinya, kita tidak mungkin dapat memanen kebaikan kalau tidak pernah menanam dan merawat tanaman itu.

Pesan lain yang dapat dipetik adalah, ibadah Ramadan menjadi lebih sempurna dan lebih produktif jika didahului dengan latihan-latihan spiritual (riyadhah ruhiyyah), yang terprogram secara berkelanjutan.

Karena ibadah dalam Islam pada umumnya menuntut adanya konsistensi (istiqamah) dan keberlanjutan, bukan hanya dilakukan sekali dan langsung paripurna, kecuali ibadah haji.

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW pernah bersabda: " Sya'ban itu bulan antara Rajab dan Ramadan. Bulan ini banyak diabaikan oleh umat manusia, padahal dalam bulan ini (Sya'ban) amal-amal hamba itu diangkat (diterima oleh Allah). Aku ingin amalku diterima oleh Allah di bulan Sya'ban dalam keadaan aku berpuasa." (HR Baihaqi)

Ingin tahu lebih lanjut penjelasannya? Yuk selengkapnya Baca di sini. (Ism) 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

Baca Juga: Cinta Allah SWT untuk yang Tabah Saat Sakit Delapan `Pintu` Menuju Rezeki Berlimpah Tidur Menjadi Salah Satu Keajaiban Allah SWT Doa di Antara Dua Sujud, Permohonan Kasih Sayang Allah Tilawah Quran Tukang Sol Sepatu

Beri Komentar