Masya Allah, Dahsyatnya Alquran Sebabkan Rasul Beruban

Reporter : Puri Yuanita
Sabtu, 28 Mei 2016 14:04
Masya Allah, Dahsyatnya Alquran Sebabkan Rasul Beruban
Sungguh dahsyat. Rambut bisa berubah sebelum waktunya akibat beberapa surat dari Alquran.

Dream - Lantunan Alquran ternyata tidak hanya berpengaruh pada intuisi batin. Sebagai kitab suci, Alquran juga mempunyai efek-efek mencengangkan bagi fisik manusia.

Seperti yang tergambar dalam kisah berikut ini. Suatu saat Abu Bakar As-Shiddiq mendatangi Rasulullah SAW, ia bertanya, " Wahai Rasulullah apa yang membuat rambutmu beruban?" Beliau menjawab, " Surah Hud beserta saudara-saudaranyalah yang membuatku beruban."

Mendengar jawaban itu, Abu Bakar pun penasaran kemudian melanjutkan pertanyaannya, " Apa saja saudaranya?" Beliau menjawab, " Surah Al-Waqi`ah, Al-Mursalat, An-Naba dan At-Takwir. Semua membuatku beruban sebelum waktunya." (HR. Tirmidzi, Thabrani, Hakim).

Sungguh dahsyat. Rambut bisa berubah sebelum waktunya akibat beberapa surat dari Alquran. Mungkin akan timbul pertanyaan, " Mengapa ini bisa terjadi? Bukankah hanya sekadar bacaan?"

Lihat bagaimana Alquran menjelaskan dan menggambarkan kondisi orang-orang beriman ketika mendengarnya:

" Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Alquran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpin pun." (QS. Az-Zumar[39]: 23)

Efek yang dirasakan orang-orang beriman sebagaimana ayat tersebut adalah kulit gemetar dan lembut. Hati menjadi lembut. Sebab itu, tak berlebihan jika Nabi Muhammad SAW ketika mendengar beberapa surat Alquran, rambutnya menjadi berubah sebelum waktunya.

Selengkapnya baca di sini.    

Beri Komentar