Misteri Makam 6 Lubang Berusia 2000 Tahun

Reporter : Eko Huda S
Jumat, 18 Agustus 2017 13:15
Misteri Makam 6 Lubang Berusia 2000 Tahun
Pada makam-makam tersebut ditemukan....

Dream - Para arkeolog menemukan tiga makam yang diyakini berusia lebih dari 2000 tahun. Kuburan-kuburan tersebut diduga berasal dari Periode Ptolemaic --masa kerajaan Hellenistik yang meliputi wilayah Mesir setelah penaklukan oleh Aleksander Agung pada tahun 332 SM.

Ketiga makam tersebut ditemukan di Lembah Nil, Provinsi Minya, yang terletaqk di sebelah selatan Kairo. Area penemuan itu dikenal dengan nama al-Kamin al-Sahrawi.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Selasa 15 Agustus 2017, Kementerian Kepurbakalaan Mesir menyatakan telah menemukan sarkofagus dan pecahan gerabah.

Makam kuno Mesir© emirates 24/7

Benda-benda etrsebut mengindikasikan area tersebut merupakan bekas kota kuno, antara Dinasti ke-27 dan periode Greco-Roma.

Salah satu makam memiliki lorong penguburan yang diukir di batu dan mengarah ke sebuah ruangan di mana tutup anthropoid dan empat sarkofagus untuk dua wanita dan dua pria ditemukan.

Kuburan lain berisi dua ruang, Salah satunya memiliki enam lubang pemakaman, termasuk satu untuk anak kecil.

Saat ini, penggalian masih dilakukan. 

1 dari 2 halaman

Makam 3000 Tahun Milik Sekretaris Firaun Ditemukan, Isinya...

Dream - Tim arkeolog Mesir dan Jepang mendapat temuan baru di wilayah Al Khoka, Tepi Barat di Loxor. Mereka menemukan sebuah makam yang diyakini berusia 3.000 tahun.

Sebagaimana dikutip Dream dari laman Egyptian Street, Selasa 14 Februari 2017, makam itu diyakini sebagai milik Juru Tulis Kerajaan Mesir Kuno, yang disebut 'Khonsu'.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kepurbakalaan Mesir, makam itu berasal dari era raja-raja Ramses yang memimpin Mesir Kuno pada dinasti ke-19 dan ke-20.

Kepala Departemen Mesir Kuno pada Kementerian Kepurbakalaan, Mahmoud Afify, mengatakan, kuburan ini ditemukan saat penggalian. Tim Mesir dan Jepang mulai melakukan misinya pada 2007 di dekat Lembah Raja dan sejak itu mendapat temuan penting.

2 dari 2 halaman

Ditemukan Tiba-tiba

Kepala tim arkeolog Jepang, Jiro Kondu, mengonfirmasi temuan tersebut. Menurut dia, kuburan itu sangat penting karena mengindikasikan ada makam lain yang kemungkinan besar milik pejabat Mesir Kuno yang belum ditemukan.

Makam itu, kata Kondu, ditemukan secara tiba-tiba. Saat menggali area itu, mereka menemukan lubang besar di dinding yang mengarah ke koridor yang berujung pada makam tersebut.

Kuburan dan pintu masuk itu penuh dengan lukisan manusia dan para dewa. Kondu yakin akan ada lebih banyak lagi penemuan di ruang dalam kuburan, namun masih terkunci dengan puing-puing bebatuan --yang segera disingkirkan.

Beri Komentar