Sholat dengan Pakaian Basah Kuyup, Sahkah?

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 6 Februari 2019 06:01
Sholat dengan Pakaian Basah Kuyup, Sahkah?
Potensi pakaian basah kuyup bisa terjadi di musim hujan seperti saat ini.

Dream - Dalam beberapa hari belakangan, hujan melanda sebagian besar wilayah di Indonesia. Tak hanya malam hari, hujan sering kali turun di pagi atau siang hari di saat banyak masyarakat beraktivitas. 

Ada kalanya karena mendesak, seseorang akan menerobos hujan lebat. Alhasil pakaian basah kuyup akibat guyuran hujan.

Pakaian yang basah tentu membuat kita sangat tidak nyaman. Jika memungkinkan kita tentu ingin berganti dengan pakaian kering. Namun karena terpaksa, kita harus memakai pakaian hingga akhirya mengering sendiri.

Jika pakaian kita basah kuyup, apakah boleh digunakan untuk sholat?

Dikutip dari Bincang Syariah, Syeikh Abu Asy Syuja' dalam kitabnya Al Ghayah wa At Taqrib menyebutkan lima syarat sebelum sholat. Kelima syarat ini harus terpenuhi agar sholat sah.

1 dari 2 halaman

Lima Syarat Sebelum Sholat

Syarat pertama yaitu suci anggota badan dari hadas dan najis. Kedua, aurat dalam keadaan tertutup dengan pakaian suci.

Syarat ketiga, berada di tempat yang suci. Keempa yaitu mengetahui waktu sholat. Sedangkan syarat terakhir yaitu menghadap kiblat.

" Dan syarat-syarat sebelum melaksanakan sholat ada lima, yaitu sucinya anggota badan dari hadas dan najis, menutup aurat dengan pakaian yang suci, wukuf atau bertempat di atas tempat yang suci, mengetahui waktu masuknya sholat, dan menghadap kiblat."

 

2 dari 2 halaman

Sah atau Tidak?

Penjelasan Syeikh Abu Asy Syuja' tidak menyebutkan adanya syarat pakaian harus kering. Selama kelima syarat yang disebutkan terpenuhi, sholat tetap sah.

Meski demikian, mengganti pakaian basah dengan yang kering tentu lebih dianjurkan. Ini untuk menjaga kekhusyukan dalam sholat.

Tetapi, jika sedang sholat di luar ruangan lalu hujan terjadi, lebih baik melanjutkan sholatnya. Hal ini apabila tidak ada kekhawatiran adanya bahaya seperti tersambar petir atau terpaan angin kencang.

Sumber: Bincangsyariah.com

Beri Komentar