Wajibkah Mengganti Hutang Puasa Ramadhan?

Reporter : Ayik
Jumat, 29 Mei 2015 14:32
Wajibkah Mengganti Hutang Puasa Ramadhan?
Bagi orang yang sengaja mengakhiri qodho Ramadhan hingga Ramadhan berikutnya, maka dia cukup meng-qodho puasa tersebut disertai dengan taubat.

Dream - Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari, lantas sudah kah kita umat muslim mengganti hutang puasa tahun lalu? Bagi yang masih memiliki hutang puasa, maka tunaikanlah qodho puasa sesegera mungkin, mengingat semakin sempitnya kesempatan untuk menunaikan utang tersebut.

Banyak yang meremehkan hutang puasa tersebut, padahal menggantinya adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan umat islam.

Qodho puasa tetap wajib ditunaikan berdasarkan firman Allah Ta’ala,. Seperti firman Allah SWT dalam QS. Al Baqarah: 185 yang artinya: “ Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al Baqarah: 185)

Selain Al-Qur’an banyak juga hadist yang menjelaskan tentang kewajiban untuk mengganti hutang puasa ini. Dari Aisyah, Rasulullah juga pernah memerintahkannya untuk meng-qodho puasa yang batal karena saat puasa Ramadhan mengalami haid.

Ingin tahu penejelasannya lebih lanjut? Yuk selengkapnya Baca di sini 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini! 

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-