4 Bahan Alami untuk Scrub Wajah

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Kamis, 23 Juli 2020 10:36
4 Bahan Alami untuk Scrub Wajah
Selain berfungsi menghaluskan kulit, scrub juga bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan pori-pori yang tersumbat.

Dream - Perawatan kulit dengan bahan-bahan alami menjadi salah satu solusi di tengah pandemi. Selain bisa membuat sendiri, bahan yang digunakan tergolong lebih aman dan minim efek samping.

Salah satu perawatan yang tak boleh dilewatkan adalah proses pengelupasan kulit wajah (face scrub). Pengelupasan memiliki manfaat untuk membantu menghilangkan kotoran dan pori-pori yang tersumbat.

Ketika kulit terasa berminyak dan kusam, kebanyakan orang akan mencuci muka untuk menghilangkan keluhan yang ada. Padahal mencuci muka hanya mampu membersihkan kulit lapisan atas saja.

Pengelupasan kulit wajah tetap perlu dilakukan guna menjangkau sel-sel kulit mati dan kotoran yang tidak terlihat di dalam pori-pori.

Untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan cerah, berikut 4 bahan alami untuk scrub wajah yang mudah dilakukan di rumah. Selamat mencoba. 

1 dari 4 halaman

Bubuk Kopi

Manfaat Ampas Kopi & Cara Membuat jadi Scrub Tubuh© MEN

Bahan pertama yang bisa dicoba sebagai scrub alami adalah bubuk kopi. Kopi bubuk menghasilkan scrub yang baik.

Untuk membuatnya, kamu hanya tinggal mencampurkannya dengan kelapa. Setelah itu, oleskan pada wajah dan gosok lembut dengan gerakan memutar. Lakukan proses tersebut 2 kali seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

2 dari 4 halaman

Lemon, Madu dan Gula

Manfaat Lemon untuk Mengatasi Masalah Kulit Wajah dan Kepala© MEN

Sebagai exfoliant alami, lemon dapat membantu menghilangkan jerawat, komedo dan sel kulit mati.

Untuk membuat scrub, kamu hanya tinggal mencampurkan secangkir gula, setengah cangkir minyak zaitun dan satu sendok makan madu. Setelah itu tambahkan perasan lemon dan campur hingga merata. Scrub pun bisa dioleskan ke wajah. 

3 dari 4 halaman

Soda Kue

5 Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Tubuh© MEN

Bahan alami yang juga bisa dilakukan sebagai scrub wajah adalah soda kue. Untuk membuatnya, campurkan satu sendok soda kue dengan pembersih wajah milikmu. Setelah itu, oleskan pada wajah dengan lembut. 

Scrub dari soda kue ini memiliki manfaat untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat.

4 dari 4 halaman

Oatmeal

Rahasia Oatmeal, Bantu Cerahkan Wajah© MEN

Bahan terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan oatmeal. Oatmeal memiliki manfaat untuk menyembuhkan kulit yang berjerawat. Selain itu, oatmeal juga berfungsi menyerap minyak berlebih dan membuat kulit lebih halus dan cerah.

Untuk membuat scrub dari bahan ini, kamu bisa mencampurkan dua sendok makan oatmeal ke dalam campuran susu murni dan minyak zaitun. Biarkan oatmeal melunak dan aduk rata. Setelah itu, oleskan pada wajah dan gosok lembut selama dua hingga tiga menit. Kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih. 

 

Sumber Times of India

Beri Komentar