4 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menggunakan Masker Peel Off

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Jumat, 5 Juni 2020 14:12
4 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menggunakan Masker Peel Off
Apa kamu sudah menggunakan masker peel dengan benar? Yuk simak beberapa kesalahan berikut ini.

Dream - Saat ini ada berbagai jenis masker yang biasa dijumpai dengan mudah di berbagai pusat perbelanjaan, seperti sheetmask, clay mask, dan juga masker peel off.

Masker peel off adalah masker yang dipakai pada kulit wajah kemudian dikelupas kembali setelah kering. Masker ini biasanya digunakan untuk mengangkat sel kulit mati, komedo, kotoran kulit, rambut wajah yang tidak diinginkan, dan memperbaiki warna dan tekstur kulit. 

Meski praktis dan mudah digunakan, ternyata kita tetap perlu memperhatikan penggunaan masker peel off dengan benar agar bisa bekerja dengan maksimal. Dikutip dari Fimela, berikut beberapa kesalahan yang sering terjadi saat menggunakan masker peel off. Semoga bermanfaat untuk Sahabat Dream. 

1 dari 2 halaman

Kesalahan Menggunakan Masker Peel Off

 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Memakai Masker Peel Off© Pexels.com

Salah Memilih Masker untuk Jenis Kulit

Kesalahan pertama yang ternyata sering terjadi adalah menggunakan varian masker tidak sesuai jenis kulit. Masker peel off memiliki banyak varian, serta memiliki banyak kandungan bahan aktif, yang bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah kulit tertentu.

Untuk memperoleh manfaat yang benar, kamu perlu mengenali jenis kulitmu, apakah berminyak, kering, berjerawat, sensitif atau kombinasi. Setelah itu, carilah kandungan masker peel off yang cocok untuk mengatasi masalah kulitmu.

Untuk pemilik kulit kering, gunakan masker peel off yang mengandung hyaluronic acid atau glycerin. Kandungan ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan memlembapkan kulit kering. 

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, pilih masker yang berbentuk clay, atau yang mengandung charcoal untuk membantu mengontrol minyak di wajah.

Terlalu Lama Didiamkan

Kesalahan kedua yang saat menggunakan masker peel off, yaitu terlalu lama mendiamkan masker.  Masker yang terlalu lama didiamkan akan melukai kulit dan membuat kulit jadi iritasi saat mengelupasnya. Diamkan masker sekitar 15-20 menit saja. Kemudian segera diangkat dengan hati-hati.

2 dari 2 halaman

Kesalahan Menggunakan Masker Peel Off

 Kenali 3 Macam Eksfoliator untuk Mengangkat Sel Kulit Mati© MEN

Terlalu Sering Menggunakan Masker

Kesalahan selanjutnya yang mungkin kamu pernah lakukan adalah terlalu sering menggunakan masker peel off. Karena masker ini akan ditarik setelah kering, kamu tidak boleh menggunakan masker setiap hari. Jika berlebihan, manfaat yang diberikan malah bisa jadi tidak efektif nantinya.

Menggunakan masker peel off terlalu sering juga akan menyebabkan kulit iritasi, bahkan dehidrasi karena terlalu kering. Untuk membantu mengatasi masalah kulit, gunakan masker peel off sekitar seminggu 1 kali, dan jangan lupa menggunakan pelembap setelah itu.

Memakai Masker pada Kulit yang Sensitif

Seperti yang telah diketahui, masker peel off digunakan dengan mengelupas kulit. Dan kemungkinan hal itu akan sangat rawan bagi pemilik kulit sensitif. Jika memaksakan, kulitmu bisa iritasi dan menjadi kemerahan. 

Untuk itu, sebaiknya para pemilik kulit sensitif menghindari penggunaan masker peel off, agar kulit tidak meradang hingga menyebabkan jerawat.

Beri Komentar