4 Penyebab Munculnya Jerawat Saat Mengenakan Hijab

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 1 Oktober 2021 16:12
4 Penyebab Munculnya Jerawat Saat Mengenakan Hijab
Ketahui cara mencegahnya.

Dream - Masker bukan satu-satunya aksesoris yang dapat menyebabkan jerawat. Hijab juga bisa menyebabkan hal yang sama. Apalagi, jika kamu tidak memastikan kebersihan wajah secara berkala.

Nah sebelum uring-uringan apalagi sampai tak mau menggunakan masker saat pandemi seperti sekarang, ada baiknya kamu memastikan dahulu penyebab sebenarnya muncul jerawat di wajah,

Jika memang mengetahui sumber penyebabnya, kamu tinggal mencari cara mengatasi jerawat yang muncul agar wajah kembali mulus dan bebas jerawat.

Ada beberapa penyebab jerawat muncul di wajah para hijaber karena pemakaian kerudung mereka. Mengutip Klik Dokter, yuk ketahui dari mana dan mengapa jerawat muncul ketika memakai hijab.

 

1 dari 3 halaman

1. Inner hijab yang jarang diganti

Inner Hijab© Shutterstock

Inner hijab seringkali dikenakan untuk merapikan rambut agar tetap rapi dan tertutup serta mempermudah pemakaian hijab. Pada beberapa orang, inner hijab bisa menutupi hingga ke dahi.

Inilah yang bisa menjadi pemicu jerawat. Apalagi, jika inner hijab tidak rutin dibersihkan setelah beberapa kali dipakai. Area wajah dan dahi pun cenderung mudah lembap karena tertutup.

Belum lagi, kulit yang tertutup kain akan lebih sulit bernafas dan bisa menyebabkan berbagai masalah. Cucilah inner hijab setelah dipakai seharian. Pilih bahan inner hijab yang lembut dan menyerap keringat seperti katun.

Pastikan dalaman hijab tidak terlalu ketat agar kulit lebih bisa bernafas dan mencegah timbulnya jerawat. Terutama, ketika memakai makeup.

2 dari 3 halaman

2. Makeup terlalu tebal

Merias Wajah© Shutterstock

Menggunakan makeup ketika kulit tertutup hijab bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Selain area kulit tertutup, gesekan pada hijab juga bisa menyebabkan berbagai masalah kulit.

Gunakan sedikit produk makeup berformula ringan dan bersifat non-comedogenic agar lebih aman untuk kesehatan kulit. Jangan lupa bersihkan wajah setelah menggunakan makeup agar kulitmu tidak berjerawat.

3 dari 3 halaman

3. Minyak pada rambut

Memiliki Rambut Berminyak© Shutterstock

Meski rambutmu tertutup, tidak menutup kemungkinan rambut akan terkena kulit wajah atau area tubuh lainnya. Saat tertutup, rambut akan lebih mudah berminyak. Kepala pun akan berkeringat.

Sehingga, kamu harus lebih berhati-hati agar rambut tidak terkena pada kulit. Rawatlah rambut agar tetap kering dan bersih. Keramas sesuai dengan kebutuhan rambut agar tetap bersih dan terawat.

4. Salah pilih kain hijab

Kain hijab tertentu bisa menyebabkan jerawat. Terutama, kain yang bersigat kaku, tebal serta berpori-pori rapat. Jenis kain tersebut tidak hanya akan menyebabkan jerawat, tapi juga iritasi. Pilihlah bahan katun atau sutra untuk memastikan hijabmu tetap lembut serta aman untuk kulit.

Beri Komentar