5 Manfaat Minyak Bunga Matahari untuk Kecantikan Kulit, Bisa Atasi Jerawat

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Rabu, 3 Juni 2020 17:12
5 Manfaat Minyak Bunga Matahari untuk Kecantikan Kulit, Bisa Atasi Jerawat
Selain untuk mempercantik tampilan rumah dengan bunga matahari, kamu juga bisa mengambil minyak bunga matahari untuk merawat kulit lho. Apa saja sih manfaat dari minyak ini? Yuk simak ulasan berikut

Dream - Merawat kulit merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta. Dengan kulit yang terawat penampilan bisa terlihat lebih segar dan sehat.

Ada banyak cara untuk merawat kulit yang tersedia saat ini, mulai bahan alami hingga perawatan mahal di klinik kecantikan. Tak jarang orang rela merogok kocek yang fantastis demi menjaga kecantikan kulit mereka.

Tak kalah dari perawatan modern saat ini, bahan alami tetap menjadi pilihan untuk perawatan kulit. Meski terbilang lebih murah dan mudah didapatkan, sebenarnya perawatan alami juga punya segudang manfaat jika digunakan secara rutin. 

Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan minyak bunga matahari. Selain warnanya yang cantik, bunga ini juga bisa dimaanfaatkan biji maupun minyaknya. Biasanya biji bunga matahari bisa diambil untuk dikonsumsi. Sedangkan minyak bunga matahari bisa dimanfaatkan untuk memasak karena banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Selain untuk kesehatan, ternyata minyak bunga matahari juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit kita loh, Sahabat Dream. Minyak bunga matahari kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kulit.

Dilansir oleh boldsky, berikut lima manfaat minyak bunga matahari untuk kecantikan kulit.

1 dari 3 halaman

Melembabkan dan Melawan Jerawat

 Penyebab Utama Jerawat Pada Wajah© MEN

1. Melembabkan Kulit

Manfaat pertama yang bisa diperoleh dari minyak bunga matahari adalah mampu melembabkan kulit, khususnya bagi pemilih wajah kering. Minyak bunga matahari dikenal sangat efisien untuk membantu peremajaan kulit. Bahkan banyak kosmetik juga menggunakannya untuk mencegah kulit kering dan menjaga kulit tetap lembab.

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa minyak bunga matahari mampu meningkatkan hidrasi kulit dan menjaga integritas lapisan luar kulit. Kandungan asam linoleat dalam minyak bunga matahari memiliki sifat emolien yang sangat baik yang menjaga kulit terhidrasi dengan baik. Selain itu, minyak bunga matahari juga mengandung vitamin E yang mampu meresap ke dalam kulit untuk melembabkan kulit dari dalam.

2. Melawan Jerawat

Manfaat selanjutnya yang bisa diperoleh dari minyak bunga matahari adalah mampu melawan jerawat. Minyak ini memiliki bahan alami yang bersifat non-komedogenik, sehingga mampu memelihara kulit tanpa menyumbat pori-pori kulit. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan berjerawat jika menggunakan minyak ini.

Kandungan Vitamin E dalam minyak bunga matahari merupakan salah satu antioksidan alami paling kuat. Kandungan ini akan membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah timbulnya jerawat. Minyak bunga matahari juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang menahan bakteri penyebab jerawat dan dengan demikian mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat pada kulit. 

2 dari 3 halaman

Mencegah Penuaan dan Melindungi Kulit dari Sinar UV

 Tips Perawatan Kecantikan untuk Mencegah Penuaan Dini© MEN

3. Mencegah Penuaan Kulit

Selanjutnya, manfaat minyak bunga matahari untuk kecantikan kulit adalah mampu mencegah penuaan kulit. Minyak bunga matahari memiliki sifat antioksidan yang akan membantu mencegah tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus, kerutan dan kulit kendur. Kandungan vitamin E yang tinggi dalam minyak bunga matahari juga dikenal mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat kamu bisa memiliki kulit yang halus, tanpa cacat dan awet muda tentunya. 

4. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Minyak bunga matahari memiliki sifat pelindung sinar matahari alami. Kandungan vitamin A dan C didalamnya mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, minyak bunga matahari juga mampu menjaga kulit tetap sehat dan halus

Kandungan asam lemak, asam linoleat dalam minyak bunga matahari juga mampu mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berbahaya.

5. Menjaga Kesehatan Kulit Secara Keseluruhan

Minyak bunga matahari memiliki banyak kandungan yang mampu menjaga kesehatan dan penampilan kulit. Seperti vitamin, mineral dan asam lemak.

Vitamin A, C, D dan E serta mineral (tembaga, seng, dan zat besi) dalam minyak bunga matahari sangat membantu dalam meningkatkan elastisitas kulit dan melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya. Asam lemak seperti asam linoleat dan asam oleat juga mampu memberikan perlindungan bagi kulit agar tetap lembut dan halus.

 

3 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Minyak Bunga Matahari

 Kombinasi Skincare untuk Menyamarkan Tanda Penuaan Dini© MEN

Dengan berbagai manfaat yang dimilikinya, minyak bunga matahari tentu bisa menjadi pilihan bagi Sahabat Dream untuk mulai menjaga kecantikan kulit secara alami.

Kamu bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan minyak bunga matahari ke kulit dan memberikan pijatan lembut sampai benar-benar meresap. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak esensial untuk olesannya. Gunakan tea tree oil untuk jerawat, minyak esensial lavender untuk peradangan dan iritasi dan minyak esensial lemon untuk kulit yang tidak rata. Selain langsung menggunakannya, kamu juga bisa membeli produk kosmetik dengan kandungan minyak bunga matahari. 

Beri Komentar