5 Tips Mengatasi Kulit Siku yang Kering

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 14 Juni 2022 15:35
5 Tips Mengatasi Kulit Siku yang Kering
Kulit tetap kering setelah memakai pelembap? Coba lakukan hal ini.

Dream - Biasanya, masalah kulit terjadi di area yang cukup luas, seperti seluruh wajah, telapak tangan, lengan, dan lain-lain. Namun pada beberapa kasus, masalah kulit hanya menimpa sebagian area kulit.

Misalnya, ketika sikumu terasa kering dan sulit diatasi meski telah menggunakan pelembap. Bahkan, terkadang kulit di area siku juga pecah-pecah dan perih.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Jika mengalami kesulitan mengatasi masalah kulit, kamu harus berkonsultasi pada dokter.

Sebelumnya, cobalah beberapa hal yang dilansir Byrdie untuk membantu mengatasi kulit kering pada siku.

1 dari 4 halaman

1. Menggunakan Skincare Ketika Siku Teras Lembap

Menggunakan Pelembap© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Umumnya, skincare diaplikasikan ketika kulit terasa kering dan bersih. Maka dari itu, banyak orang yang memastikan wajah benar-benar kering setelah dibersihkan dan sebelum menggunakan skincare.

Padahal, menggunakan skincare ketika kulit terasa lembap bisa mengoptimalkan hidrasi dari produk yang dipakai. Berdasarkan penuturan Dokter Kulit, Alicia Zalka, cara tersebut mampu mengunci kelembapan serta memperkuat sawar kulit atau skin barrier.

2 dari 4 halaman

2. Menggunakan Produk yang Bertekstur Lebih Tebal

Ketika kulit terasa sangat kering dan perih, pilihlah skincare atau pelembap yang bertekstur tebal agar mampu memberikan kelembapan lebih lama.

Semakin cair tekstur skincare yang digunakan, kulitmu pun tidak akan terlalu lama terasa lembap. Jadi, gunakan pelembap atau skincare bertekstur gel atau krim dengan konsistensi tebal untuk bisa mengatasi kulit kering.

3 dari 4 halaman

3. Tidak Menggunakan Air Panas Saat Mandi

Ilustrasi Mandi© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Pemakaian air panas hanya akan membuat kulit lebih kering dan perih. Jika ingin lebih nyaman saat mandi, gunakan air bersuhu lebih sejuk atau hangat-hangat kuku agar lebih aman untuk kulit.

Perhatikan juga intensitas mandi setiap hari. Terlalu sering mandi atau membersihkan area tertentu juga bisa menyebabkan kulit kering.

4 dari 4 halaman

4. Menggunakan Pembersih Berformula Ringan

Menggunakan Sabun© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Meski disarankan untuk memilih produk bertekstur tebal, namun pastikan formulanya tetap ringan. Terutama, ketika memilih pembersih wajah atau tubuh. Pastikan formulanya tidak membuat kulitmu terasa perih, panas, tertarik, atau terlalu kering.

5. Jangan Memberikan Tekanan Terlalu Besar

Kebiasaan menopang dagu atau memberikan tekanan terlalu besar pada siku bisa memperparah kondisi kulitmu. Usahakan untuk membiarkan kulit yang kering beristirahat dan tenang agar kondisinya kian membaik.

Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan body oil dan pelembap yang mengandung humektan serta melakukan eksfoliasi rutin agar kulit siku tetap halus.

Beri Komentar