7 Fakta Menarik Soal Makeup yang Harus Kamu Tahu

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 19 Januari 2021 15:31
7 Fakta Menarik Soal Makeup yang Harus Kamu Tahu
Ternyata semua memiliki asal-usul.

Dream – Saat merias wajah, kamu mungkin tidak memikirkan sejarah lipstik yang kamu pakai atau bagaimana proses pembuatan sebuah parfum.

Nggak ada salahnya buat mulai tahu kisah di balik hadirnya beauty item dan produk kecantikan lainnya, agar kamu bisa lebih mengapresiasi seluruh produk kecantikan yang kamu punya saat ini.

Berikut ada tujuh kenyataan menarik dan unik tentang makeup yang sayang Sahabat Dream lewatkan.

1. Pakai makeup mahal melanggar aturan

Pada zaman Romawi ada undang-undang yang membatasi kekayaan wanita, bernama Lex Oppia.

Selain kekayaannya, gaya berpenampilan juga dibatasi, termasuk barang rias mahal dan wewangian yang diimpor dari luar negeri. Namun, undang-undang ini tidak berlangsung lama, karena 20 tahun kemudian dihapus.

1 dari 3 halaman

2. Cat kuku neon ilegal di Amerika Serikat

Cat kuku berwarna neon asli sebenarnya ilegal di AS, jadi kalau kamu menemukan cat kuku berlabel neon, kemungkinan besar itu diimpor atau justru tidak dibuat dengan pewara neon asli.

Mengapa demikian? Karena pewarna neon tidak pernah terdaftar resmi di Food and Drug Administration (FDA).

Ilustrasi© Shutterstock

3. Dulu lipstik dibuat dengan permata hancur

Wanita Mesopotamia menggunakan perhiasan semi mulia yang dihancurkan untuk merias bibir mereka. Sejak saat itu, lipstik dibuat dari segala macam bahan, ada yang dari kumbang merah tau sisik ikan.

2 dari 3 halaman

4. Tahun 1400-an 'beauty is pain' memiliki arti berbeda

Abad ke-15, kulit wanita yang pucat dan tidak tersentuh matahari sangat populer

Jika wanita tidak secara alami berbahan dalam memoles wajahnya, mereka akan melalukan segala cara agar telihat cantik.

Mulai dari menggunakan lintah untuk mengeluarkan darah yang mungkin bisa menyembuhkan atau mencegah penyakit, hingga memakai produk timbal putih (Venetian Ceruse) yang bisa berakibat rambut rontok bahkan menyebabkan kematian.

5. Tren kulit kecoklatan (tanned) adalah sebuah kecelakan

Pada 1920-an, perancang busana Coco Chanel secara tidak sengaja terbakar sinar matahari di French Riviera, ketika ia kembali ke rumah, sengatan matahari telah memudar menjadi coklat.

Dari situlah penggemarnya mulai mengadopsi tampilan tokoh kegemarannya, berharap dapat meniru gaya hidup mewah yang keren.

3 dari 3 halaman

6. Lipstik merah digunakan untuk menandakan kelas

Pada abad pertengahan lipstik digunakan untuk menandakan perbedaan kelas. Warna merah muda terang menandakan kamu bangsawan atau berkelas, sedangkan warna merah menandakan kelas yang lebih rendah.

Ilustrasi© Shutterstock

7. Wewangian digunakan untuk disinfektan

Lama sebelum parfum digunakan untuk membuat wangi manis dan segar ditubuh, di China kuno digunakan untuk disinfeksi. Beberapa mempercayai bahwa kuatnya aroma parfum dapat membantu membersihkan ruangan dari penyakit.

(Laporan: Josephine Widya, Sumber: Makeup.com)

Beri Komentar